Menghadapi Era Big Data, Data Science Jadi Jurusan yang Menjanjikan

 

Data Science adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengolah, menganalisis, dan menginterpretasi data menurut formula statistika serta menggunakan bahasa pemrograman dan tools yang tepat dalam pengolahannya. 

Saat ini, profesi Data Scientist dan Analis Data menjadi profesi yang paling dibutuhkan di berbagai sektor industri. Hal ini dikarenakan perusahaan teknologi digital membutuhkan tenaga ahli yang bisa mengolah dan menginterpretasi Big Data, yakni mengolah data dalam jumlah sangat besar yang tak terstruktur lho, Sobat PK!

Mata Kuliah di Jurusan Data Science 

Beberapa mata kuliah pada jurusan Data Science yang bisa menjadi acuan untuk kalian sebelum terjun ke dunia data science:

No.

Mata Kuliah

No.

Mata Kuliah

1.

Statistika dengan R

8.

Proyek Data Science 1

2.

Analisis Big Data

9.

Proyek Data Science 2

3.

Metode Numerik

10.

Teknologi Big Data dan Cloud Computing

4.

Pengantar Data Science

11.

Pengantar Penambangan Data dengan Python

5.

Pola Komputasi Big Data

12.

Sistem Kecerdasan Bisnis

6.

Data Science pada Domain Spesifik

13.

Statistika Mulitivariat dengan R

7.

Penambangan Data

14.

Basis Data dan Pemrograman SQL untuk Big Data


Mata Kuliah tersebut baru sebagian saja dari ilmu-ilmu yang perlu dipelajari dan dikuasai ya sobat! Tapi perjuangan mempelajari itu semua tetep worth it kok, mengingat prospek kerjanya bukan main-main! 

Prospek Kerja Jurusan Data Science
  1. Data scientist
    Tugas ilmuwan adalah dapat merapikan kumpulan data yang telah diacak atau belum dikelompokkan. Dalam pengelompokan tersebut harus berdasarkan dengan kebutuhan menggunakan pengkodean. Selain itu ada menyusun, melaksanakan, serta dapat memvalidasi algoritma mutakhir.
  2. Analis data
    Tugas Analisis Data ialah dapat mengidentifikasi hubungan dan tren dalam data. Harus mampu mengidentifikasi mengenai faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil penelitian nantinya, serta mampu membuat laporan hasil analisis statistik.
  3. Dosen
    Tugas dari seorang dosen tentu saja mengajar kembali mahasiswa pada jurusan ini. Pekerjaan ini juga menjadi pilihan dari banyak lulusan jurusan Data Science, lho!
  4. Arsitek Big Data
    Tugas dari arsitek ini ialah mampu mengatur data di tingkat makro. Tingkat Makro yang dimaksudkan adalah bagian IT yang sedang dikelola. Selain itu, juga bisa bertugas dalam mengatur data di tingkat mikro, model data, dan untuk aplikasi yang baru.
Untuk Sobat PK tidak perlu ragu dalam memilih jurusan data science jika kalian suka menganalisis data, menyukai deretan numerik, juga memecahkan masalah. Sebab, lulusan data science kini sedang diincar oleh perusahaan-perusahaan. Apalagi di era big data seperti ini. Untuk prospek kerjanya tentu saja tidak hanya yang disebutkan di atas, Sobat Pengen Kuliah masih bisa memilih banyak jenis pekerjaan, seperti di BPS, Pegadaian, atau yang lainnya.

Selamat bergabung dan menjadi bagian dari data scientist muda!

Penulis: Aska Salsabila
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Diyanah Shabitah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.