Pentingnya Pendidikan Agama bagi Mahasiswa di Era Globalisasi

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan atau kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Di Indonesia ada 6 agama yang diakui resmi oleh pemerintah, yaitu Islam, katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. 

Agama merupakan peran penting dalam kehidupan kampus. pendidikan agama mendukung terciptanya mahasiswa yang berpendidikan tinggi diikuti dengan akhlak dan budi pekerti yang baik. Pendidikan agama sangat berperan penting dalam membangun pendidikan mental dan moral. Tanpa agama kehidupan seseorang akan hancur, tidak punya ketenangan hidup, dan pastinya tidak punya tujuan hidup yang jelas. 

Namun, sangat disayangkan seiring berkembangnya zaman dan semakin canggihnya perkembangan teknologi, semakin menjauhnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan mahasiswa. Mahasiswa saat ini mayoritas hanya fokus pada perkembangan zaman. Mereka disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya duniawi. Selain itu, banyak budaya barat yang masuk ke Indonesia dan kalangan mahasiswa menjadi sasaran. Tidak sedikit mahasiswa yang mengikuti budaya barat tersebut tanpa memilahnya. 

Sebaiknya sebagai mahasiswa kehidupan dunia dan akhirat seimbang. Tuhan yang Maha Kuasa sudah mengatur semua kehidupan hamba-Nya. Jika ingin mencapai kesuksesan, maka ibadah dan berdoa adalah hal yang wajib dilakukan. Usaha tanpa doa adalah sombong, sedangkan doa tanpa usaha adalah sia-sia. Pendidikan agama juga menjadikan memiliki iman yang kuat sehingga dapat menjauhkan dari perbuatan maksiat atau nyeleneh.

Terkadang para mahasiswa bahkan saya sendiri merasa bosan saat mempelajari atau mendengarkan dosen dalam menjelaskan materi pendidikan agama. Hal itu dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti kumpulkan niat yang kuat, yakinlah bahwa belajar agama akan berdampak positif bagi diri sendiri, serius tapi santai, dan minum air putih di sela-sela belajar untuk menambah konsentrasi. Dengan demikian, kita bisa merasa enjoy dalam mempelajari ilmu agama.

Itulah sedikit gambaran mengenai pentingnya pendidikan agama bagi mahasiswa di era globalisasi. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk, kita mulai sama-sama menyempatkan waktu untuk belajar ilmu agama demi kebaikan diri sendiri. Pendidikan atau ilmu agama dapat diperoleh dengan mudah, kok. Kita bisa meminjam buku di perpustakaan kampus atau perpustakaan kota, mencari ebook di internet, belajar melalui media sosial, dan lain sebagainya. 

By the way, banyak mata kuliah selain pendidikan agama yang tidak kalah penting nih teman-teman, seperti Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Beberapa mata kuliah tersebut adalah mata kuliah wajib. Yuk, simak informasi mengenai mata kuliah wajib yang ada di setiap jurusan di perguruan tinggi. Oh iya, temen-temen yang memiliki komentar, kritik, saran, atau pesan dan kesan dari artikel ini bisa ketik di kolom komentar, ya. Tetap semangat dan semoga sukses selalu.


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Farah Ayu Mufida)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.