Asah Soft Skills: Memilih Antara Volunteering, Magang, dan Organisasi

rawpixel.com

Orang-orang bilang, masa kuliah adalah masa di mana kamu bisa melakukan apa saja. Soalnya, sebagai mahasiswa kamu lebih bebas memilih kegiatan dibandingkan murid SMA. Apalagi, kegiatan di dunia perkuliahan jauh lebih bervariasi daripada di SMA. Tentu saja tujuan dari kegiatan-kegiatan ini bukan hanya untuk meningkatkan hard skills, tetapi juga soft skills


Memiliki soft skills yang mumpuni akan sangat menunjang kehidupanmu selama kuliah bahkan setelah lulus. Kemampuan komunikasi akan membantumu menjalin banyak relasi yang menguntungkan. Sementara itu, time management yang baik akan meningkatkan produktivitasmu. Secara umum, kegiatan pengembangan diri mahasiswa dibagi menjadi tiga. Kamu bisa menjadi volunteer, mengikuti magang, dan aktif dalam organisasi. Apa, sih, perbedaan ketiganya? Mana yang harus dipilih? Yuk, simak artikel berikut ini, ya! 

1. Volunteering

rawpixel.com

Menjadi volunteer berarti secara sukarela berkontribusi dalam kegiatan tertentu. Oleh karena sifatnya sukarela, tentunya kamu tidak mendapat bayaran, ya! Kamu bisa mengikuti kegiatan volunteering sesuai bidang yang kamu sukai. Misalnya, jika kamu tertarik pada dunia pendidikan, kamu bisa bergabung sebagai sukarelawan untuk mengajar anak-anak di desa. Contoh lain, bergabunglah dalam kegiatan pemeliharaan lingkungan jika kamu seorang pecinta alam. 


Salah satu manfaat terbesar menjadi volunteer adalah melatih empati. Apalagi, ketika menjadi volunteer, kontribusi yang kamu berikan biasanya dirasakan langsung oleh masyarakat. Selain itu, kegiatan volunteering juga lebih ringan dan enjoyable dibandingkan jenis pengembangan diri lainnya. Hal ini karena tugas yang diberikan biasanya tidak memaksa dan dapat disesuaikan dengan waktu luangmu.

2. Magang

rawpixel.com

Magang merupakan wadah bagimu untuk mengembangkan diri secara profesional. Oleh karena itu, magang biasanya bersifat lebih formal. Dengan mengikuti magang, kamu akan diperkenalkan pada dunia kerja yang sesungguhnya. Biasanya, kamu akan memiliki target kerja, atasan, dan penilaian kinerja dengan sejumlah kriteria. Jika kinerjamu baik, kamu bisa saja diangkat menjadi pegawai tetap, lho! Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih tempat magang sesuai rencana karirmu selepas kuliah. 


Keuntungan mengikuti magang yang utama adalah gambaran lebih jelas mengenai dunia kerja. Mengikuti magang bisa diibaratkan mencuri start dari mahasiswa lainnya. Relasi yang kamu dapat dari magang juga sifatnya lebih profesional sehingga sangat bermanfaat untuk menghadapi dunia kerja. 


Terdapat dua jenis magang, yaitu paid dan unpaid. Jadi, tidak semua kegiatan magang ada bayarannya, ya! Namun, ada-tidaknya bayaran sebetulnya hanya bonus. Mengikuti magang unpaid tetap akan memberimu pengalaman profesional yang berharga.


3. Organisasi



Nah, inilah jenis kegiatan yang paling akrab di telinga mahasiswa, apalagi mahasiswa baru. Organisasi kampus beranggotakan sekumpulan mahasiswa dengan visi yang sama dan bergerak dalam bidang tertentu. Ada banyak sekali jenis organisasi kampus, misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kerohanian, UKM sosial-kemasyarakatan, dsb. Di organisasi, kamu akan banyak berlatih menyampaikan pendapat dan menyiapkan jalannya sebuah acara. 


Dengan mengikuti organisasi, kamu turut berkontribusi untuk kampusmu. Ini dapat menjadi wujud baktimu terhadap almamater tempatmu belajar. Kamu akan lebih mengenal kampus dan teman-temanmu dari fakultas lain. Melatih soft skills sambil mengenal kampus dan teman-teman lintas fakultas pastinya menarik banget, bukan? 


Itu dia 3 macam kegiatan untuk mengasah soft skills bagi mahasiswa. Kegiatan apa pun yang kamu pilih, semuanya pasti berdampak positif untuk soft skills-mu. Kamu hanya perlu menemukan yang paling cocok dengan tujuanmu. Mana kegiatan yang sedang kamu ikuti? Atau bagi calon mahasiswa baru 2022, kamu pengen ikut kegiatan apa? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya! Bagi kamu yang ingin ikut banyak kegiatan tapi bingung membagi waktu, baca juga Ikuti Cara Ini untuk Kamu yang Bingung Membagi Waktu. Untuk informasi menarik seputar dunia kuliah lainnya, follow Instagram @pengenkuliah! Semangat terus!

REFERENSI
Gusmiarti, Ira. "Organisasi, Magang, Volunteering: Mana yang Lebih Penting untuk CV?". Diakses melalui https://campuspedia.id/news/organisasi-magang-volunteering/.
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Ching Sioe)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

  1. Jika kamu sedang mencari alat alat medis rumah sakit di Mappi yuk kunjungi juga Distributor Alat Kesehatan Mappi

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.