6 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Mahasiswa untuk Mendapatkan Uang Meski di Rumah Saja

6 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Mahasiswa untuk Mendapatkan Uang Meski di Rumah Saja
(Kiplinger.com)
 
Halo mahasiswa Indonesia! Sudah produktifkah hari ini? Di tengah wabah pandemi seperti ini, pastinya banyak di antara kamu yang terdampak Covid-19. Selain keterbatasan ruang dan gerak, orang tua yang membiayai perkuliahanmu pun ikut terkena dampaknya. Ada yang dipotong gajinya sebanyak 30%, ada yang usahanya sepi karena wabah ini, atau mungkin ada juga yang terkena PHK.

Sabar ya teman-teman, semoga wabah pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita semua bisa menjalani kehidupan normal seperti biasanya. Aamiin. Meskipun begitu, kamu harus tetap berpikir positif dan jangan terlalu khawatir, karena kamu bisa kok membantu orang tuamu untuk meringankan hal ini disamping kewajibanmu sebagai seorang mahasiswa.

Selain mendapatkan uang jajan, hal ini juga melatih kamu untuk lebih produktif lho dan resign dari kaum rebahan!

Yuk intip! 6 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Mahasiswa untuk Mendapatkan Uang Meski di Rumah Saja😁

1. Tutor Online 

 

Tutor Online

Apakah menjadi seorang tutor harus dari mahasiswa fakultas keguruan? Oh tidak! Tenang saja, jika kamu memiliki ilmu yang mumpuni dan kamu senang berbagi pengetahuan, kamu bisa mendaftar menjadi tutor online. Banyak aplikasi yang bisa memfasilitasi diri kamu untuk bertemu calon siswamu, seperti Ruangguru atau Superprof

Menjadi tutor online lumayan lho! Biasanya 1x pertemuan bisa mendapatkan Rp50.000 - Rp200.000. Tergantung daerah tempatmu mengajar sekaligus tingkat sekolah yang kamu ajari.

 

2. Jual Pulsa atau Paket Internet

Jual Pulsa atau Paket Internet

Menjual pulsa atau paket internet menjadi salah satu hal yang menguntungkan lho! Selain tidak mengganggu kuliahmu, keuntungan dari penjualan pulsa atau paket internet ini juga lumayan! Jika kamu tekuni, sebulan bisa mencapai Rp200.000 - Rp300.000 atau bahkan bisa lebih tergantung tingkat permintaan di sekelilingmu. Asalkan, kamu bisa menjadi sosok yang tegas kepada para pembeli, yaitu tidak ada hutang-hutang! Apalagi, saat ini metode pembayaran sudah banyak, bisa melalui DANA, GoPay, ShopeePay, atau transfer antar bank.


3. Jualan melalui online shop

Jualan melalui online shop

 
Menjadi penjual olshop, mungkin awalnya tidak begitu mudah, apalagi untuk kamu yang malu untuk menawarkan ke calon pembeli. Namun, kamu bisa memulai mempromosikan jualanmu melalui status WA atau story IG-mu. Kamu bisa menjual apapun yang kamu senangi, apalagi di masa pandemi seperti ini pastinya banyak orang lebih memilih membeli barang melalui olshop karena lebih safety.

Kamu juga bisa memulai berjualan dari hal-hal yang sedang trend, misalnya pashmina plisket, masker, handsanitizer, dll. Pastinya, kamu juga harus mengetahui target pasaranmu. Keuntungan yang kamu dapatkan dari berjualan juga lumayan lho! Apalagi kalau itu hal-hal yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.


4. Penerjemah

Penerjemah

Untuk kamu yang berasal dari jurusan sastra, hal ini berguna banget untuk mendalami atau mengasah kemampuanmu dalam berbahasa. Jika kamu jago di salah satu bahasa namun bukan berasal dari jurusan sastra juga bisa kok membantu teman-temanmu yang sedang membutuhkan jasa translate. Fee untuk penerjemah ini bisa kamu pikirkan kembali sesuai dengan kemampuanmu. Selain mendapatkan uang tambahan, bisa juga untuk memanfaatkan waktu luangmu untuk mengasah kemampuan ^^


5. Penulis Lepas

Penulis Lepas

 

Penulis lepas merupakan pekerjaan yang menguntungkan lho! Apalagi jika kamu memiliki bakat atau hobi menulis, karena tidak semua orang memiliki bakat dan hobi tersebut. Kamu bisa memulainya dari mencari informasi melalui internet, banyak platform yang bisa kamu coba atau bisa juga mengirim tulisan-tulisanmu ke media massa seperti tabloid atau koran nasional. Kamu bisa memulai menulis dari hal-hal yang kamu sukai seperti fashion, food, etc. Kamu juga bisa menulis opinimu kok tentang pendidikan, ekonomi, atau hal lainnya yang mungkin menjadi kegelisahanmu.


6. Ilustrator

Ilustrator

 
Untuk kamu yang memiliki hobi menggambar, kamu bisa menawarkan jasamu ke orang lain termasuk ke teman dan keluarga terdekat. Selain mendapatkan tambahan uang jajan, kamu juga bisa mengasah skill-mu. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan jasamu untuk gift birthday, graduation, atau wedding. Kamu bisa melakukan bisnis ini lho, bisa hanya mengirimkan softcopy-nya saja atau dengan bingkai dan dibungkus ala-ala hampers! >,<
Pastinya, kamu juga harus rajin mengasah bakatmu itu ya, supaya jam terbangmu semakin banyak dan semakin ahli juga.


Oke Pejuang Kuliah, itu merupakan 6 rekomendasi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa dilakukan di tengah pandemi seperti ini ataupun ketika keadaan mulai normal. Gunakan waktu luangmu seproduktif mungkin. Jangan sampai menyesal di kemudian hari ya :D


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Asih Inpriawati)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

  1. betul bangett ni informasi nya , btw ada gak infomasi tentang cara mengecek nomor axis dan Cara mengecek kuota Telkomsel ? dan jangan lupa kunjungi blog ane ya kak di koinx.id

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.