Salah Jurusan Kuliah Bisa Menyebabkan 4 Hal Ini, Nomor 4 Jangan Sampai Deh


Halo sobat pejuang kuliah 

Bagaimana kabarnya? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja. 

Pernahkah kamu merasa lelah, tertekan, dan jenuh dengan perkuliahan di jurusan yang kamu pilih saat ini? Apakah kamu merasa bahwa jurusan kuliah yang kamu pilih adalah jurusan yang salah? Eits, tenang itu hal yang wajar kok. Dunia perkuliahan memang tidak ada habisnya untuk diceritakan. Ternyata kegalauan mengenai jurusan kuliah tidak hanya dirasakan oleh siswa/i SMA yang akan lulus tetapi juga kerap dirasakan oleh mahasiswa/i baru. 

Lalu, bagaimana sih rasanya kuliah di jurusan yang salah?  


Berdasarkan hasil wawancara pada beberapa mahasiswa yang pernah merasa salah jurusan, 4 hal ini yang kerap mereka rasakan 

1. Tertekan dan terbebani 

Tidak ada jurusan yang membuat seseorang selalu senang atau sedih. Mempelajari suatu ilmu pasti ada kemudahan dan kesulitannya masing-masing. Mahasiswa/i yang salah jurusan menjelaskan bahwa saat ia kuliah di jurusan yang salah, ia merasa tertekan, terbebani dan stress. Ketika ada tugas kuliah rasanya seperti mendapat masalah, perasaan sedih yang selalu muncul, dan berat sekali untuk mengerjakannya.  

2. Tidak berkembang 

Saat kuliah biasanya mahasiswa/i akan belajar materi secara bertahap dan mulai mengembangkan kemampuan serta mengerti apa yang dipelajari. Namun mahasiswa/i yang salah jurusan menjelaskan bahwa mereka semakin tidak bisa mengembangkan kemampuan yang berhubungan dengan jurusan kuliahnya dan tidak mengerti dengan apa yang dipelajari. 

3. Tidak bersemangat 

Mempelajari ilmu baru biasanya seseorang menjadi tertarik dan excited yang menimbulkan rasa penasaran dan semangat untuk mempelajarinya. Mahasiswa/i yang salah jurusan menjelaskan bahwa ia sangat tidak tertarik dengan apapun yang berhubungan dengan jurusan kuliahnya. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa untuk menghindari perkuliahan ia lebih senang bolos dan suka titip absen saat kuliah.

4. Tidak ada gambaran masa depan 

Saat memilih jurusan kuliah pastinya seseorang sudah mempertimbangkan banyak hal dan memiliki gambaran tentang masa depan seperti apa yang diinginkan. Namun mahasiswa/i yang salah jurusan menjelaskan bahwa ia tidak memiliki gambaran tentang masa depannya dan tidak memiliki tujuan yang jelas ingin menjadi apa, ia merasa seperti kehilangan arah dan tidak tahu kelanjutan perkuliahannya. 


Itulah beberapa hal yang kerap dirasakan oleh para mahasiswa/i yang salah jurusan. Jika salah jurusan kuliah membuat kamu terus merasakan hal negatif kamu perlu mengambil tindakan sob, jangan sampai kamu membuang waktu, energi, uang dan membuat perkuliahanmu mengalir tanpa arah. Mau lanjut ataupun pindah jurusan kuliah itu semua adalah pilihan. Sebelum kamu memilih dan menetapkan kuliah di jurusan apa sebaiknya kamu harus mencari informasi dan mendalami terkait jurusan kuliah yang kamu inginkan. Kamu bisa cek langsung disini yang akan membedah dan memberikan informasi beberapa jurusan kuliah agar kamu tidak salah jurusan.  

Nah, buat kamu pejuang kuliah yang nggak mau merasakan salah jurusan, kita juga punya tips jitu menghindari salah jurusan cek disini, tapi jika kamu sudah terlanjur salah jurusan kamu gak perlu panik, kamu bisa klik ini karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat salah jurusan kuliah.  

Jika kamu ada pertanyaan dan ingin share pengalaman tentang salah jurusan kuliah ataupun tentang perkuliahan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Indah Khoirun Nisa)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.