Bosan Rebahan Sepulang Kuliah? Berikut 9 Tips Produktif Selama Pandemi!

Bosen Rebahan Sepulang Kuliah? Berikut 9 Tips Produktif Selama Pandemi!

Produktif adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas secara efektif untuk menghasilkan banyak manfaat. Selama pandemi banyak sekali waktu luang yang tersedia karena sebagian besar aktivitas dilaksanakan secara online. Salah satunya adalah kuliah online.

Menjadi produktif merupakan cita-cita banyak mahasiswa. Dengan menjadi produktif mahasiswa bisa melakukan berbagai hal bermanfaat namun tidak membebani diri sendiri. Mahasiswa yang produktif juga mampu bersaing di dunia kerja karena terbiasa bekerja di bawah tekanan.

Berikut 9 tips produktif selama pandemi untuk mahasiswa.

 

1. Temukan Passion mu!

Temukan Passion mu!

Menemukan passion memang gampang-gampang susah. Bahkan ada yang berpendapat menemukan passion itu sama sulitnya dengan menemukan jodoh. Tetapi tidak mustahil lho menamukan passion mu sendiri.

Kamu bisa mulai menelusurinya dari hal-hal yang kamu sukai. Misalnya kamu suka menulis. Ketika kamu menulis, kamu merasa tidak terbebani dan senang. Maka bisa jadi passion mu ada di sana. Dengan menemukan passion, kamu bisa menentukan kedepannya akan produktif di bidang apa.

 

2. Mencari Informasi Terkait Organisasi, Magang, Volunteer atau Kerja Part-Time

Mencari Informasi Terkait Organisasi, Magang, Volunteer atau Kerja Part-Time

Berkuliah bukan berarti kamu tidak bisa mengikuti berbagai kegiatan lain di saat bersamaan. Berorganisasi, magang, volunteering ataupun kerja part-time merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan mahasiswa produktif.

Kamu bisa dengan mudah mencari berbagai informasi kegiatan secara online maupun offline. Kamu bisa cari di berbagai aplikasi social media seperti instagram, telegram, whatsapp atau kamu bisa bertanya kepada teman satu kampus. Jadi cukup mudah bukan untuk mendapatkan informasi guna menjadi mahasiswa produktif?

 

3. Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen Waktu yang Baik

Menjadi produktif selama pandemi membutuhkan kemampuan manajemen waktu yang baik. Jika kamu tidak me-manage waktumu, maka antara tugas kuliah dan kegiatan produktif lainnya akan saling bertabrakan. Kamu harus tahu betul apakah kamu mampu menyelesaiakan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu atau tidak.

Apabila kamu tidak bisa mengatur kapan waktunya untuk mengerjakan tugas kuliah dan waktu untuk magang, maka tandanya kamu belum mampu me-manage waktu. Untuk menjadi mahasiswa produktif, lebih baik kamu benahi dulu manajemen waktumu ya.

 

4. Membuat To-Do-List

Membuat To-Do-List

Membuat to-do-list berbagai tugas kuliah, magang, volunteer dan kerja bisa sangat membantu proses penyelesaian pekerjaan. Dengan mencatat tanggal deadline kamu bisa melakukan refleksi dan menyusun rencana mengenai waktu penyelesaian suatu pekerjaan.

To-do-list juga digunakan sebagai pengingat ketika kamu sedang sibuk-sibuknya berkegiatan. Dengan menggunakan to-do-list kamu jadi tahu mana saja pekerjaan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

 

5. Kembangkan Pengetahuan

Kembangkan Pengetahuan

Menjadi mahasiswa produktif tidak melulu harus berkegiatan secara aktif bersama orang lain. Kamu bisa juga melakukan kegiatan yang melibatkan dirimu sendiri. Seperti membaca buku baru misalnya. Kamu bisa mengembangkan ilmu pegetahuanmu menjadi lebih banyak dan baru lagi.

Oleh karena perkembangan zaman yang serba cepat, tentunya kamu juga perlu melakukan pembaharuan terhadap pengetahuan yang kamu miliki. Kamu bisa membaca koran, menonton berita, mengikuti webinar atau kegiatan lain yang memperkaya pengetahuanmu.

 

6. Kembangkan Keahlian

Kembangkan Keahlian

Guna menjadi mahasiswa produktif, kamu harus rajin mengembangkan keahlianmu juga. Pada dasarnya dalam berbagai kegiatan seperti magang, volunteer dan kerja, terdapat banyak sekali persaingan. Misalnya persaingan untuk mendapatkan posisi tertentu. Untuk berada di posisi tersebut, tentunya kamu harus memiliki keahlian yang sesuai kriteria.

Mengambangkan keahlian bisa menjadi penunjang agar kamu mampu menyelesaikan banyak tugas dalam waktu yang singkat, sehingga kamu bisa menjadi lebih produktif lagi. Selain itu, kamu semakin dipercaya oleh orang lain untuk mengemban berbagai tugas yang ada. Jadi, kembangkanlah keahlianmu untuk menjadi mahasiswa yang semakin produktif.

 

7. Ikuti Lomba-Lomba Online

Ikuti Lomba-Lomba Online

Di masa pandemi bermunculan banyak sekali lomba online baik lokal, nasional maupun internasional yang bisa kamu ikuti. Tak jarang lomba-lomba itu bebas biaya alias gratis. Untuk tahu seberapa jauh keahlianmu berkembang, kamu bisa mengikuti lomba-lomba ini. Alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan karyamu dengan serius agar mendapat bonus juara.

Dengan rajin mengikuti lomba online, kamu akan mendapat banyak sertifikat, piala, pengalaman, komunitas bahkan teman satu minat. Kedepannya hal-hal itu bisa semakin menunjang untuk menjadi lebih produktif. Misalnya kamu bisa mengajak mereka berdiskusi terkait passion yang sama. Kamu juga bisa menjadikan sertifikat dan piala kejuaraanmu sebagai bukti produktivitas selama pandemi.

 

8. Menghindari Hustle Culture

Menghindari Hustle Culture

Apa itu Hustle Culture? Hustle culture adalah sebuah istilah yang belakangan trend di kalangan anak muda, yakni munculnya gaya hidup yang sangat sibuk hingga mancapai taraf berlebihan. Tidak peduli dimanapun dan kapanpun seseorang itu berada, maka ia akan terus-menerus disibukkan dengan pekerjaannya.

Perlu diingat menjadi mahasiswa produktif tidak sama dengan hustle culture. Menjadi produktif itu harus menguntungkan baik kesehatan diri sendiri maupun pekerjaan yang kita jalani. Jangan sampai jadwal liburanmu dipenuhi dengan urusan pekerjaan. Kamu harus paham kapan waktunya berkumpul bersama keluarga atau refreshing dan kapan saatnya bekerja.

 

9. Memperhatikan Kesehatan Mental dan Fisik

Memperhatikan Kesehatan Mental dan Fisik

Menjadi produktif bukan berarti kamu harus lupa makan, lupa tidur, lupa mandi atau bahkan lupa olahraga. Menjadi produktif itu bukan hanya soal menghasilkan prestasi atau uang, namun juga menghasilkan fisik dan mental yang sehat. Karena kamu berproses menjadi produktif, maka kamu wajib memperhatikan kesehatan mental dan fisikmu.

Istirahat lah ketika kamu memerlukannya. Atur waktumu supaya tidak menjadi sibuk dan berakhir hustle culture. Membebani pikiran dan tubuhmu tanpa henti bukanlah produktivitas. Jadi kamu harus tahu kapan waktunya untuk tidur dan berolahraga. Sesekali berhenti memikirkan pekerjaan dan bersantailah.

 

Menjadi produktif bukanlah melakukan pekerjaan 24 jam sehari. Menjadi produktif bisa dilakukan melalui banyak sekali cara yang bisa disesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Tentunya akan menjadi nilai plus bagi mahasiswa yang produktif di berbagai kegiatan. Kamu akan mendapatkan banyak networking dan pengalaman yang tidak dimiliki mahasiswa biasa. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk jadi mahasiswa produktif!

 

SUMBER:

Hustle Culture: Budaya Gila Kerja yang Bikin GenerasiMuda Merasa Bangga

Dipublikasikan oleh Admin (Sindy Prisila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.