Bedah Jurusan: Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika

Halo Pejuang Kuliah! Tak terasa sebentar lagi kamu akan menghadapi UTBK-SBMPTN. Sebelum memilih jurusan, ada baiknya kamu mencari info terlebih dahulu mengenai jurusan yang kamu minati. Untuk kamu yang tertarik dengan Jurusan Pendidikan Matematika dan tertarik untuk masuk kuliah Jurusan Pendidikan Matematika, silahkan membaca artikel bedah jurusan ini sampai tuntas ya! Banyak informasi yang akan kamu dapatkan di artikel ini mengenai jurusan tersebut. 


Bedah Jurusan: Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika



Ada sebagian siswa yang sangat menyukai matematika, sehingga tak jarang dari mereka memilih jurusan yang berhubungan dengan matematika, salah satunya adalah kuliah Jurusan Pendidikan Matematika. 

Pendidikan matematika adalah praktik mengajar dan belajar matematika, bersama dengan penelitian ilmiah yang terkait saat ini. -Wikipedia

Ketika kamu kuliah Jurusan Pendidikan Matematika, nantinya kamu akan meneliti mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di dunia Pendidikan Matematika dan mencari solusi dari masalah tersebut melalui penelitian yang akan dijadikan skripsimu. Jurusan perkuliahan yang lumayan banyak diminati oleh orang-orang yang menyukai matematika ini, nantinya akan belajar mengenai aljabar, geometri, statistika, kalkulus, dan masih banyak cabang ilmu matematika lainnya. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai matematika, anak-anak dan memiliki passion mengajar.

Seperti yang kamu tahu, bahwa banyak sekali anak-anak yang kurang menyukai matematika, entah karena sulit, belum memahami dasarnya, tidak suka dengan gurunya, atau alasan lainnya. Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika ini, nantinya kamu dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang asik, aktif dan dapat menarik siswa untuk mencintai matematika. Bagaimana caranya? Silahkan terjun ke jurusan ini 😆


"Apa bedanya kuliah Jurusan Pendidikan Matematika dan Jurusan Matematika, ya?!"

Banyak dari sebagian Pejuang Kuliah yang masih bingung antara kuliah Jurusan Pendidikan Matematika dan Jurusan Matematika, sehingga muncul pertanyaan "Apa bedanya kuliah Jurusan Pendidikan Matematika dengan Matematika?". Ternyata, kedua jurusan ini tidak memiliki perbedaan yang banyak. Hanya saja, dari mata kuliah Jurusan Pendidikan Matematika mempelajari teori-teori pendidikan, seperti kurikulum pembelajaran, belajar dan mengajar matematika, strategi pembelajaran, micro teaching, psikologi pendidikan, dan lain-lain yang akan mengantarkan kamu ke dalam dunia pendidikan, bertemu dengan siswa, dan mengajak mereka untuk lebih mencintai matematika.

Sementara itu, mata kuliah di Jurusan Matematika tidak mempelajari hal-hal tersebut. Jurusan Matematika lebih memperdalam pembelajaran matematika-nya dan bobot SKS-nya pun lebih banyak dibandingkan Jurusan Pendidikan Matematika. Nantinya, di Jurusan Matematika kamu akan mengambil konsentrasi yang ingin kamu perdalam di semester atas. Ada beberapa konsentrasi yang akan ditawarkan seperti, Aktuaria, Statistika, dan Komputasi, namun berdasarkan wawancara tim Pengen Kuliah ke beberapa mahasiswa Jurusan Matematika, tidak semua kampus menawarkan konsentrasi yang sama seperti yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa kampus yang menjadikan konsentrasi tersebut menjadi sebuah prodi, seperti Aktuaria UI.

"Kuliah di Jurusan Pendidikan Matematika, kuliahnya menghitung doang, ya?"

Banyak dari Pejuang Kuliah dan siswa SMA yang salah mengartikan bahwa masuk kuliah Jurusan Pendidikan Matematika, artinya mempelajari matematika seperti halnya saat SMA, namun jangan salah! Ternyata tidak 100% benar. Ketika kamu masuk kuliah Jurusan Pendidikan Matematika, kamu akan lebih memperdalam kembali mata pelajaran matematika saat di SMA dan lebih tinggi tingkat kesukarannya. 
 
Jadi, ibarat sebuah buah, yang kamu pelajari di SMA hanyalah kulitnya saja, bukan daging buahnya. Contohnya, saat di SMA kamu mempelajari mata pelajaran matematika yang di dalam bab-nya membahas integral, bangun ruang (geometri), statistika, dan lain-lain. Nah, di jurusan ini semua bab itu masing-masing akan menjadi mata kuliah.

Kuliah di jurusan ini asik kok! Selain bisa mengasah kemampuan berpikirmu, kamu juga bisa mengetahui permasalahan-permasalahan di bidang Pendidikan Matematika, seperti kesulitan siswa ketika berhadapan dengan matematika, masalah-masalah yang ada di lapangan (sekolah), dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan. Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika juga mempelajari caranya mengajar lho!😉

"Apakah masuk Jurusan Pendidikan Matematika harus dari SMA IPA?"

Tenang saja tidak harus kok, namun kamu juga harus memastikannya, sebab kebijakan dari tiap universitas berbeda. Ada beberapa mahasiswa di jurusan ini yang bukan berasal dari siswa SMA IPA. Mereka yang bukan berasal dari siswa SMA IPA, mengikuti jalur UTBK-SBMPTN atau Ujian Mandiri, karena kecil kemungkinan untuk lolos jika mengikuti jalur SNMPTN dikarenakan tidak linear. Untuk kamu yang bukan berasal dari SMA IPA, mungkin memang membutuhkan usaha lebih untuk bertahan di jurusan ini karena ada beberapa materi yang harus kamu kejar. Jangan berkecil hati, jika memang minatmu di jurusan ini tapi kamu bukan berasal dari SMA IPA, kenapa tidak mencoba? Namun, pastikan kembali kebijakkan dari kampus yang kamu tuju ya!

"Apakah lulusan dari Jurusan Pendidikan Matematika harus jadi guru?"

Pertanyaan ini banyak sekali muncul dari Pejuang Kuliah yang bingung mengenai prospek kerja kuliah Jurusan Pendidikan Matematika. Pada dasarnya, mahasiswa kuliah Jurusan Pendidikan Matematika dibentuk untuk menjadi seorang guru yang aktif, kreatif, dan inovatif untuk memperbaiki hal-hal yang masih kurang di dunia pendidikan. Maka dari itu, di jurusan ini memberikan banyak bekal mengenai mata kuliah kependidikan, namun tidak menutup kemungkinan jika lulusan dari jurusan ini bekerja di bidang lain, misalnya entrepreneur, edupreneur, keuangan, atau lainnya yang pastinya harus didukung juga dengan skill-mu!

Itulah beberapa informasi mengenai kuliah Jurusan Pendidikan Matematika. Semoga artikel bedah jurusan ini dapat bermanfaat dan menjadi sebuah bekal untuk kamu yang berminat pada jurusan ini!😀


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Asih Inpriawati)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.