6 Tips Lulusan SMK Bisa Kuliah Beda Jurusan


Seiring berkembangnya dunia pendidikan, sudah tidak sedikit lagi lulusan SMK yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan demi menggapai cita, namun banyak pertanyaan yang muncul “Apakah lulusan SMK bisa kuliah beda jurusan?”. Tentu saja bisa.
 
6 Tips Lulusan SMK Bisa Kuliah Beda Jurusan

 
Tak jarang lulusan SMK yang memilih kuliah berbeda dengan jurusan di SMK-nya. Alasannya, karena tidak begitu minat, tidak suka dengan jurusan di SMK-nya, atau masih banyak alasan lainnya. 
 
Setelah mengamati lulusan SMK yang kuliah lintas jurusan, ternyata banyak sekali usaha yang harus mereka maksimalkan ketika berjuang untuk lolos seleksi masuk perguruan tinggi. Tidak hanya itu, lulusan SMK yang mengambil jurusan berbeda dengan jurusan di SMK-nya atau lulusan SMK yang kuliah beda jurusan ini banyak tertinggal materi, apalagi yang tidak ada hubungannya dengan jurusan di SMK-nya dulu, mereka harus berjuang untuk mempelajari materi dari awal.


Lalu, bagaimana cara lulusan SMK agar dapat bertahan bahkan bisa mendapatkan gelar sarjana di jurusan yang berbeda dari SMK-nya?


Berikut ini 6 Tips Lulusan SMK Bisa Kuliah Beda Jurusan 

 
1.  Niat
Ya. Pastinya harus memiliki niat dan tekad yang kuat. Sesulit apapun nanti di dunia perkuliahan, ketika memiliki niat dan tekad yang kuat, pasti akan bisa dijalani dan diberikan jalan oleh Tuhan YME.


2.  Belajar Lebih Daripada Yang Lain
Untuk menjadi lulusan SMK yang bisa kuliah beda jurusan, pastinya harus belajar lebih keras lagi dari teman-teman lulusan SMA, apalagi jika jurusan yang kamu pilih berbeda dengan jurusan SMK-mu. Kamu bisa mempelajari materi-materi yang tertinggal dari teman, YouTube, atau platform pembelajaran lainnya. Gunakan waktu luangmu untuk belajar lebih ya!


3.  Duduk Paling Depan
Saat di bangku perkuliahan, usahakan duduk di kursi paling depan atau minimal baris kedua dari depan supaya dapat lebih fokus mendengarkan dosen mengajar. Biasanya, duduk di barisan belakang membuat kamu tidak fokus, apalagi kalau ada teman yang mengajakmu mengobrol. Datanglah lebih awal, supaya kamu bisa duduk di kursi paling depan ya!


4.  Belajar dari Ahlinya
Ketika ada kuis atau ulangan, mintalah bantuan teman-teman terutama teman-teman yang sudah memiliki basic di jurusan itu untuk membantu kamu belajar. Tidak perlu malu dan ragu. Semakin temanmu menyebarkan ilmunya, akan semakin banyak pahala yang Ia akan dapatkan, bukan? Pastinya kamu juga akan semakin terbantu. Ingat! Minta diajarin ya, bukan dikasih contekan ^_^


5.  Buat Grup Diskusi
Buatlah grup diskusi bersama teman-teman yang satu frekuensi denganmu untuk mengulas kembali materi perkuliahan yang sudah diajarkan oleh dosenmu. Semakin banyak kamu bertukar pikiran, akan semakin banyak juga ilmu yang kamu dapatkan. Belajar pun akan semakin asyik apalagi dengan teman-teman terdekatmu.


6.  Berdo'a dan Saling Bantu
Berdo’a dan saling bantu-membantu jika ada kesulitan dalam materi pembelajaran. Eits! Saling bantu-membantu di sini bukan saling bantu saat ujian ya, namun saat proses pembelajaran. Nikmatilah prosesnya, maka hasil akan berbanding lurus dengan usahamu.

Terakhir, ada beberapa saran dari narasumber untuk teman-teman lulusan SMK yang ingin kuliah lintas jurusan, 

Cobalah pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri, jangan bergantung pada jurusan di SMK, karena belum tentu kamu menyukai jurusan yang kamu pilih di SMK. -Hesti

Berusahalah semaksimal mungkin, dan yang paling terpenting adalah “Kekuatan Bertahan”. Bukan seberapa penting kita pintar, bukan seberapa penting kita mendapatkan nilai A, tapi kita perlu “Kekuatan Bertahan”, karena jika tidak, pasti akan berhenti di tengah jalan. - Okta

Nah, itulah beberapa tips dan pesan dari narasumber, semoga dapat membantu pejuang kuliah khususnya yang ingin lintas jurusan ya! Semangat untuk kamu lulusan SMK karena ini merupakan kabar baik untuk kamu semua! Jadi, sudah jelas ya “Apakah lulusan SMK bisa kuliah beda jurusan?”. Sangat bisa! Yuk, segera daftar UTBK-SBMPTN! Tunggu apalagi? 😉

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Asih Inpriawati)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.