5 Hal Penting Untuk Persiapan Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu

 


Ketika dinyatakan lolos menjadi mahasiswa, kamu akan merasa excited. Karena apa yang kamu impikan selama ini, akhirnya dapat terwujud. Seperti ada rasa bangga terhadap diri sendiri saat sudah menjadi mahasiswa baru. 

Namun, ternyata tidak mudah menjadi mahasiswa baru. Karena akan ada hal-hal baru yang menjadi pengalaman bagimu. Apalagi  saat sudah menjadi mahasiswa baru, kamu harus bisa beradaptasi dengan orang, budaya dan tempat baru. 

Dari pengalaman sebagai mahasiswa baru, tentu akan ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum masuk kuliah. Jangan sampai karena kamu lupa menyiapkan hal-hal penting untuk kuliah, membuat aktivitas perkuliahanmu menjadi terganggu.  

Berikut 5 hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa baru:

1. Buku Referensi Perkuliahan

Memiliki buku referensi perkuliahan sangat penting sebagai penunjang saat kamu kuliah. Apakah kamu sudah tahu apa saja yang akan kamu pelajari saat kuliah nanti? Jika belum, kamu bisa membuka website resmi program studi untuk melihat mata kuliah apa saja yang akan dipelajari dan referensi buku yang digunakan.

Setelah itu, kamu bisa membeli buku fisik di toko atau secara online. Bagi yang merasa keberatan untuk membeli buku referensi yang baru bisa membeli buku bekas, lho. Terutama bagi yang kuliah di Kota Surabaya, kamu bisa mencari buku bekas di Kampoeng Ilmu Jalan Semarang, ya. 

Bagi kamu yang suka membaca buku di layar atau tidak ingin membawa buku berat ketika kuliah, solusinya bisa dengan cara mengunduh e-book untuk referensi kuliah. Apalagi saat ini banyak penyedia situs e-book gratis yang bisa kamu manfaatkan.


2. Buku Catatan Kuliah

Tidak seperti pembelajaran di sekolah yang mengharuskan buku catatannya terpisah, saat kuliah kamu dibebaskan untuk membuat buku catatan. Oleh karena itu, buatlah buku catatan yang akan membuatmu termotivasi saat mendapatkan materi. Di sini kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin, misalnya dengan membuat hand lattering atau memberi highlight pada bagian yang penting. 

Ketika ingin menggabungkan semua mata kuliah pada satu buku catatan, kamu memerlukan pembatas atau sticky note sebagai penanda. Hal ini akan memudahkanmu ketika ingin mencari materi kuliah. 


3. Mencari Kamar Kost

Persiapan yang ketiga ini, tidak boleh kamu abaikan. Apalagi jika kampusmu lokasinya jauh dari tempat tinggal. Kamu perlu hunian atau tempat tinggal yang memudahkanmu untuk menuju kampus. Eitss… Tidak usah khawatir, karena di sekitar kampus banyak kost atau kontrakan yang bisa disewa untuk kamu tempati nantinya, lho.


4. Pakaian Kuliah

Pakaian kuliah sangat berbeda dengan pakaian yang kamu gunakan saat bersekolah. Karena saat kuliah tidak ada seragam khusus, sehingga kamu dibebaskan untuk mengenakan pakaian asalkan sopan dan rapi. Ingat, hindari menggunakan pakaian yang ketat dan terlalu pendek ketika berada di kampus, ya.


5. Dana Darurat

Bagi mahasiswa baru permasalahan keuangan merupakan hal yang akan terjadi. Misalnya, harus membayar kuliah mendadak atau ketika sakit, kamu tidak mempunyai dana yang cukup. Lalu, mencoba meminjam kepada teman kost tidak membuahkan hasil. Di sisi lain, kamu juga tidak bisa meminta kepada orang tua karena suatu kondisi tertentu. 

Oleh karena itu, sebelum masuk kuliah siapkan dana darurat dengan nominal yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Ingat, kamu harus berkomitmen tidak memakai dana darurat tersebut untuk berbelanja atau kebutuhan konsumtif lainnya, ya.


Itulah 5 hal penting untuk persiapan masuk kuliah yang wajib diketahui oleh mahasiswa baru. Jangan lupa luangkan waktumu untuk mempersiapkan berbagai macam kebutuhan tersebut, ya. Semangat! 

Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.