5 Strategi Manajemen Waktu Saat Mengerjakan UTBK SBMPTN

 


Pelaksanaan tes UTBK SBMPTN sudah berlangsung beberapa waktu yang lalu. Pernah nggak sih terlintas di pikiranmu pertanyaan seperti, “Aku bisa nggak ya ngerjain semua soal-soal UTBK SBMPTN?” tenang aja, hal itu wajar kok.

Karena saat tes berlangsung, kamu harus bisa menjawab soal-soal UTBK SBMPTN sekaligus bersaing dengan waktu tes. Oleh karena itu, manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan saat UTBK SBMPTN. Mengapa? Supaya kamu bisa mengerjakan banyak soal dengan waktu yang efektif.

Bagaimana strategi manajemen waktu saat UTBK SBMPTN?

1.  Kerjakan Soal Yang Mudah


Jika saat belajar mengerjakan soal yang sulit terlebih dahulu, tetapi saat tes UTBK SBMPTN cari soal yang mudah dan cepat saat mengerjakannya. Apabila soal yang kamu pilih membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya, jangan ragu untuk melewatinya. Tetapi ingat, jika semua soal mudah sudah terselesaikan jangan lupa untuk kembali pada soal yang sulit tadi ya.
Kamu juga bisa mengosongi jawaban dari soal yang memang terlalu sulit untuk kamu kerjakan. Karena penilaian UTBK SBMPTN menetapkan skor 0 untuk jawaban kosong. Jadi, tidak masalah jika kamu mengosongkan jawaban, asalkan jangan dalam jumlah banyak.

2. Kendalikan Dirimu


Perasaan grogi, deg-degan dan gugup merupakan hal yang wajar dirasakan ketika ujian. Namun, jangan sampai rasa gugup berhasil menguasai dirimu. Karena rasa gugup yang berlebihan dapat merusak konsentrasimu dalam mengerjakan soal.

Untuk mengendalikan diri bisa dengan cara mengatur nafas, menenangkan diri dan memberi semangat pada dirimu sendiri dengan mengucapkan, “Saya pasti bisa!” setiap rasa gugup berhasil menguasai dirimu.

3. Tips Menghadapi Soal Cerita


Pada soal TPS (Tes Potensial Skolastik) UTBK SBMPTN, biasanya terdapat soal cerita yang bacaannya panjang. Bagi anak yang tidak suka membaca, pasti dari awal sudah mengeluh saat melihat barisan paragraf yang ada di soal. Eitss… Tenang dulu, dalam strategi ketiga ini ada tipsnya, lho.

Tips dalam mengerjakan soal cerita yaitu terlebih dahulu membaca pertanyaannya. Dari membaca pertanyaan yang ada, kamu bisa tahu, apakah perlu untuk membaca semua bacaan atau tidak.

Contohnya, dalam soal menanyakan gagasan utama paragraf kedua. Nah, kamu tidak perlu membaca semua bacaan yang ada di soal. Kamu bisa langsung membaca paragraf kedua untuk menemukan gagasan utamanya, lho.

4. Mengetahui Trik Menghitung


Salah satu cara untuk mengatur waktu ujian menjadi efisien yaitu mengerjakan soal hitungan dengan menguasai trik atau cara-cara cepat. Triknya bukan menghafal rumus-rumus hitung cepat ya, tetapi mengubah bentuk dan memodifikasi perhitungan tersebut. Lewat latihan soal UTBK SBMPTN yang sering kamu lakukan, akan membuatmu menemukan trik-trik dalam menghitung.

5. Memantau Waktu


Strategi ini sangat penting untuk diperhatikan, karena saat terlalu fokus dalam mengerjakan soal bisa membuat kamu lupa dengan waktu yang tersisa. Akibatnya, kamu menjadi terburu-buru dan membuat manajemen waktumu berantakan.

Eits… Kamu tidak perlu khawatir, karena dalam strategi kelima ini ada solusinya lho, yaitu dengan cara melihat timer di layar komputer. Tetapi, jangan terlalu sering melakukannya ya, karena akan membuang waktumu hanya sibuk memantau waktu saja.


Nah, itulah 5 strategi manajemen waktu saat UTBK SBMPTN yang bisa kamu terapkan saat tes berlangsung. Selain manajemen waktu, kamu juga perlu memperhatikan strategi belajar UTBK SBMPTN agar persiapanmu bisa lebih matang.

Dan terakhir, jangan lupa untuk berdoa, karena usaha yang tidak dibarengi dengan doa akan sia-sia. Semangat pejuang UTBK SBMPTN! Kamu pasti bisa!














Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.