10 Strategi Belajar Untuk Persiapan UTBK SBMPTN!


10 Strategi Belajar Untuk Persiapan UTBK SBMPTN!

“Kamu nggak perlu takut dan bingung untuk persiapan mengikuti UTBK SBMPTN, ini alasannya!”

Pengumuman SNMPTN sudah berlalu, tentu bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi akan mengikuti jalur yang lain. Salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi yang sedang dibuka pendaftarannya yaitu jalur UTBK SBMPTN.

Siapa sih, yang nggak kenal jalur yang satu ini? Pasti semua anak kelas 12 baik SMA/SMK sudah paham mengenai jalur SBMPTN. Ya benar, jalur SBMPTN merupakan jalur yang mengharuskan kamu untuk mengikuti ujian tertulis. Nantinya, nilai dan usahamu dalam mengerjakan UTBK SBMPTN lah yang akan menentukan. 

Pada musim pendaftaran SBMPTN seperti saat ini, pasti sekarang kamu sedang takut dan bingung untuk mempersiapkan diri sebelum ujian. Siapa sih yang rela gagal SBMPTN hanya karena persiapannya tidak maksimal? Jelas, tidak ada. Karena semua akan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin sebelum mengikuti UTBK SBMPTN.

Berbicara mengenai persiapan sebelum ujian, setiap orang memiliki cara dan gaya belajar masing-masing dalam memahami materi pelajaran. Karena pada dasarnya kamu tidak bisa menyamakan metode belajar agar bisa mendapatkan hasil ujian yang terbaik. Tentu terdapat perbedaan antara satu orang dengan yang lain.

Terlepas dari adanya keberagaman dalam cara dan gaya belajar, sebenarnya terdapat pakem tersendiri untuk membuat sesi belajar kamu menjadi bermanfaat, lho. Menurut Barbara Oakley dalam tulisannya yang berjudul A Mind for Numbers: How To Excel in Math and Science, terdapat strategi belajar atau aturan belajar yang baik dan yang buruk sebagai panduan untuk belajar. Tidak peduli cara dan gaya belajar seperti apa yang biasanya kamu terapkan.

Lalu, bagaimana sih strategi belajar yang baik untuk persiapan menghadapi UTBK SBMPTN?

Berikut 10 strategi belajar atau aturan belajar yang baik menurut Barbara Oakley:

1. Gunakan teknik mengingat

Setelah membaca satu halaman buku, cobalah untuk mengingat kembali topik utama suatu bahasan. Teknik mengingat dapat kamu terapkan dengan membuat mind mapping. Hal itu akan membantu otak kita untuk mencerna materi yang sudah dipelajari dengan mudah.

2. Uji dirimu

Uji pemahamanmu dengan cara menjadwalkan dalam seminggu mengikuti try out UTBK SBMPTN sebanyak 3 kali. Selain itu, kamu juga bisa menyelesaikan latihan soal yang ada di buku.

3. Mencicil belajar

Ingat, otakmu bekerja seperti otot yang bisa memproses memori sedikit demi sedikit, bukan secara sekaligus. Jadi, jangan sampai memforsir dirimu dalam seharian penuh hanya untuk belajar materi UTBK SBMPTN saja.

4. Evaluasi setiap kelemahan yang kamu miliki

Tentunya saat kamu mencoba mengerjakan latihan soal atau mengikuti try out UTBK SBMPTN, pasti terdapat kekurangan dari dirimu. Namun, jangan menyerah hanya karena merasa kesulitan atau tidak bisa menyelesaikannya. Masih ada waktu untuk kamu mengevaluasi setiap kesalahan yang kamu miliki. Mungkin kamu bisa membuka lagi catatan materi yang sudah pernah dibuat, contoh pembahasan dan masih banyak yang lainnya.

5. Cari alternatif lain teknik pemecahan masalah selama berlatih

Jangan pernah menggunakan metode atau pendekatan yang sama untuk memecahkan suatu masalah. Dalam strategi ini, kamu bisa menggunakan metode The King atau bisa disebut dengan cara-cara cepat. Misalnya saat mempelajari materi UTBK SBMPTN tentang Matematika, pasti terdapat cara-cara cepat untuk menyelesaikan soal yang ada.

6. Beristirahatlah

Percaya atau tidak, dengan beristirahat akan membantu proses mengingat pelajaran dengan lebih efektif. Ketika kamu merasa frustrasi dengan permasalahan/soal yang ada, beristirahatlah agar pikiranmu dapat bekerja lebih optimal nantinya.

7. Gunakan analogi yang sederhana

Setiap kali kamu merasa kesulitan dalam memahami suatu konsep, cobalah dengan menjelaskan kembali menggunakan bahasa dan perumpamaan yang lebih sederhana. Dengan begitu kamu akan memahaminya. Misalnya saat belajar UTBK SBMPTN tentang Kimia, kamu merasa kesusahan dalam memahami materi tentang atom. Maka, kamu bisa menganalogikan dengan roti kismis untuk mempermudahmu dalam memahami materi tersebut.

8. Fokus

Jauhkan apa saja yang bisa mengganggu konsentrasimu selama belajar. Misalnya notifikasi dari handphone (HP).

9. Selesaikan yang sulit dahulu

Ketika kamu masih segar, kerjakan hal yang sulit terlebih dahulu. Misalnya ada soal tentang materi aritmatika dan persamaan kuadrat. Kebetulan kamu sudah memahami materi aritmatika daripada persamaan kuadrat. Maka, ketika belajar dahulukan materi persamaan kuadrat. Ingat, cara ini ketika belajar ya. Nanti saat ujian, tetap dahulukan mengerjakan soal yang mudah.

10. Motivasi mental

Bayangkan hal baik yang bisa kamu capai/raih, jika kamu bersungguh-sungguh dalam belajar. Strategi ini bisa kamu dapatkan dengan cara mendengarkan motivasi dari YouTube, orang-orang terdekat seperti keluarga, dan lain-lain.


Nah, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang terbaik kerjakan/terapkan 10 strategi belajar di atas, ya. Kamu juga bisa menerapkannya saat mengikuti ujian tulis lainnya, lho. Jangan lupa untuk selalu berdoa di setiap usaha yang akan kamu lakukan. Semangat pejuang UTBK SBMPTN! Kamu pasti bisa!


Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.