5 Tips Mengatasi Overthinking Jelang UTBK-SBMPTN dan Ujian Mandiri

      

5 Tips Mengatasi Overthinking Jelang UTBK-SBMPTN dan Ujian Mandiri

Tak terasa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah di depan mata. Di mana setelahnya akan ada jalur penerimaan ujian mandiri. Pelaksanaan kedua jalur masuk perguruan tinggi ini berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) karena calon mahasiswa harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian tak jarang calon mahasiswa merasa was-was, tegang bahkan overthinking karena takut tidak diterima di universitas pilihan. Overthinking adalah pemikiran negatif yang berulang-ulang, sangat sulit diredam dan cenderung berlebihan. Meskipun hal yang dipikirkan terkadang sangat sepele.

Bagaimana cara mengatasinya?


1. Identifikasi Keberadaan Overthinking

Sebelum mengatasi Overthinking, kamu harus menyadari kapan overthinking itu mengganggu serta pemicunya. Jika kamu terus-menerus kepikiran ‘takut menghadapi soal yang sulit’, ‘gagal UTBK-SBMPTN’ atau bahkan hal negatif lain yang sudah ataupun belum terjadi, maka itu tanda overthinking mulai menyerang.

Overthinking bagaikan virus yang masuk ke pikiranmu dan kamu merupakan pasien sekaligus dokter yang harus mengidentifikasi keberadaannya di dalam diri. Jika kamu tidak sadar  kapan overthinking menyerang, kamu pun tidak bisa segera mengatasinya. Bahkan  kemungkinan besar kamu semakin terlarut dalam overthinking.


2. Tetap Fokus pada Persiapan Jelang UTBK atau Ujian Mandiri

Daripada kamu sibuk overthinking, alangkah baiknya kamu mengalihkan pikiranmu dengan cara mempersiapkan hal-hal penunjang ujian. Misalkan, kamu bisa belajar soal-soal UTBK-SBMPTN tahun lalu. Atau kamu bisa cari tips-tips lolos ujian SBMPTN dan ujian mandiri di laman search Pengen Kuliah.     

Persiapan yang matang akan membuatmu lebih percaya diri karena pikiranmu otomatis merespon bahwa kamu sudah melakukan berbagai latihan dan siap untuk menghadapi apapun soal yang keluar di UTBK-SBMPTN ataupun Ujian Mandiri. Sehingga overthinking bisa dikurangi atau hilang sama sekali!

 

3. Melakukan Mindfulness

Apa itu mindfulness? Mindfulness adalah kemampuan untuk berada di ‘masa kini’ dan ‘sekarang’ dimana kita melatih diri untuk lebih sadar dengan apa yang kita alami di saat itu juga. Mindfulness merupakan kemampuan memusatkan perhatian terhadap diri sendiri dan apa yang dirasakan.

Cukup mudah melakukan mindfulness. Kamu bisa berhenti memainkan smartphone mu sejenak lalu duduk dengan nyaman sambil merasakan tarikan dan hembusan napasmu selama beberapa menit. Mindfulness juga bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki ke sekitar rumahmu.

Bahkan memperhatikan langit malam pun bisa disebut mindfulness jika kamu benar-benar fokus dan merasakan olah napasmu sendiri. Seketika otakmu akan ter-refresh dan overthinking menghilang.

 

4. Bercerita dengan Orang Terdekat

Overthinking bisa diatasi dengan mencurahkan keresahan yang kamu alami kepada orang terdekat. Kamu bisa menghubungi teman, sahabat, saudara, atau yang lainnya untuk saling bercerita dan mendengarkan.

Daripada kamu memendam perasaan dan emosi gundahmu dalam pikiran, lebih baik kamu mengeluarkannya dengan menceritakan apa yang kamu rasakan saat ini. Namun, bukan berarti kamu boleh marah-marah dan mengeluh berlebihan kepada temanmu ya. Utamakan untuk berbagi, bukannya menjadikan temanmu sebagai pelampiasan emosi negatifmu.


5. Menuliskan Keluh-Kesah di Kertas

Mungkin sebelumnya kamu sudah mencoba berbagai jalur masuk perguruan tinggi. Salah satunya seperti SNMPTN yang baru-baru ini muncul hasilnya. Jika kamu merasa kesal dan overthinking karena takut tidak diterima lewat jalur masuk SBMPTN atau ujian mandiri, kamu bisa tuliskan keluh-kesahmu di kertas kosong. Tuliskan sebanyak-banyaknya sampai kamu puas.

Jika dirasa sudah cukup, kamu boleh merobek-robek kertas itu atau meremasnya sebagai simbol bahwa kamu memusnahkan overthinking itu. Metode ini (Expressive Writing Therapy) bahkan bisa membantu menurunkan depresi, kecemasan dan stress (N.K. Damarti dkk, 2018). Tentu saja overthinking yang senantiasa mengganggumu efektif jika menggunakan metode serupa.


Ternyata banyak sekali cara untuk mengatasi overthinking menjelang UTBK-SBMPTN dan ujian mandiri. Kamu bisa mempraktikkannya satu per satu hingga overthinking mu teratasi. Selama kamu mempersiapkan diri dan tidak berhenti memperjuangkan universitas tujuanmu, kamu tidak perlu khawatir akan selalu gagal di setiap ujian yang ada! Yuk bangkit lagi!

 

SUMBER:

N.K. Danarti, A. Sugiarto, Sunarko. (2018). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Depresi, Cemas, dan Stres Pada Remaja. Jurusan Keperawatan Magelang. Politeknik Kesehatan Kemenkes.

6 Tips Stop Overthinking

Cara Sederhana Melatih Mindfulness Di Rumah

Dipublikasikan oleh Admin (Sindy Prisila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.