3 Skill Penting yang Harus Kamu Asah Dari SMA

Penerimaan mahasiswa baru sudah dekat. Kelas 3 SMA sudah memulai mengurus segala keperluan guna mengikuti SNMPTN, SBMPTN, atau jalur masuk lainnya. Seperti halnya orang yang baru masuk ke lingkungan baru, nantinya siswa SMA harus beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Meski begitu, jenjang pendidikan tinggi tidak hanya seperti pindah tempat belajar. Namun juga pindah kebiasaan, pindah cara belajar, bahkan hingga pindah kehidupan. Tidak jarang, banyak mahasiswa baru yang kesulitan beradaptasi dengan kehidupan kampus. Maka dari itu, Pengen Kuliah telah merangkum 3 skill penting yang harus kamu asah dari SMA agar nanti di bangku kuliah kamu tidak kesulitan:

1.    Public Speaking

Presentasi dan berdiskusi merupakan 2 hal yang akan sering dilakukan di kuliah. Karena hal tersebut, kemampuan untuk bisa berbicara di depan umum merupakan hal yang harus mulai diasah sedari SMA.hal ini tentu juga bakal bisa membuat dosen memberi nilai yang bagus di mata kuliah.


Meskipun kamu introvert, bukan berarti kamu tidak bisa mengasah kemampuan berbicara kamu. Dengan mulai memperhatikan orang-orang yang berbicara dan tahu apa yang akan kamu yang bicarakan, sudah cukup menjadi modal kamu untuk menjadi public speaker yang baik.
 

2.   Menulis

Menulis di sini bukan berarti menulis dengan tangan dan pulpen, tapi membuat sebuah bacaan yang membahas sesuatu. Kemampuan menulis sangat diperlukan di bangku kuliah karena kamu akan sering bertemu dengan pengerjaan makalah, pembuatan tulisan karya ilmiah, dan tentu saja, skripsi.


Dengan mulai membiasakan diri untuk membaca banyak jenis tulisan, itu akan membantumu untuk belajar menulis. Karena, sebaik-baik seorang penulis adalah mereka yang banyak membaca.

3.   Berpikir Kritis

Kemampuan ini berhubungan dua kemampuan sebelumnya. Berbekal pemikiran yang kritis, kamu bisa membuat tulisan yang baik dan menjadi pembicara yang baik. Hal ini juga dapat membantumu untuk memecahkan masalah yang kerap kali ditugaskan oleh dosenmu.

Mulai memperkaya diri dengan informasi, baik dengan membaca dan berdiskusi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritismu. 

Selain akan membantumu di dunia kampus, ketiga kemampuan tersebut juga berhubungan langsung dengan kemampuan yang harus kamu miliki ketika kamu akan masuk dunia kerja. Karena itu, terus belajar dan selalulah berkembang ya :)

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (jabalrh)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.