3 Buku Yang Bisa Membuatmu Jatuh Cinta Pada Jurusan Psikologi!

Memiliki kegemaran dalam hal membaca dapat menjadi hal baik yang perlu untuk ditanamkan karena kebiasaan ini dapat membantu diri untuk terus belajar tentang berbagai hal. Membaca ini sendiri tidak hanya akan menambah pengetahuan, tetapi juga tentang memahami berbagai topik maupun masalah yang ada di sekitar masyarakat. Terdapat banyak bacaan yang dapat dilakukan dan disesuaikan dengan topik yang merasa menarik untuk dipelajari. Banyak yang suka untuk membaca novel, majalah, bahkan juga hingga buku psikologi. 

3 buku yang bisa membuatmu jatuh cinta pada jurusan psikologi

Bagi yang sedang kebingungan menentukan jurusan kuliah, mungkin kamu bisa membaca beberapa buku psikologi populer yang bisa saja membuatmu jatuh cinta pada jurusan psikologi. Efek sampingnya, membaca buku psikologi juga memberikan banyak manfaat kepada para pembacanya.

Manfaat Dari Membaca Buku Psikologi Untuk Diri Sendiri

Memang sedikit berbeda dengan jenis buku yang lainnya, buku psikologi ini biasanya hanya berisi dengan huruf saja tanpa ada warna maupun gambar satupun pada beberapa bagiannya. Maka dari itu, terkadang banyak yang merasa bahwa buku ini terasa cukup membosankan untuk dibaca. Padahal, sebenarnya banyak buku psikologi populer best seller yang dapat dibaca oleh masyarakat umum, bukan hanya dari para orang yang memiliki latar belakang pendidikan untuk psikologi. Selain itu, membaca buku psikologi sendiri juga memiliki berbagai macam manfaat bagi diri.

Beberapa manfaat yang didapatkan dari membaca buku, termasuk juga buku psikologi populer best seller adalah salah satunya yaitu dapat membantu untuk mengetahui bagaimana cara agar dapat berinteraksi dengan tepat dan benar terhadap orang lain. Buku ini dapat membantu untuk memberikan pengetahuan terkait dengan cara untuk memahami bagaimana orang lain bertindak dan kepribadian yang mereka miliki. Selain dapat membantu untuk mengenal bagaimana orang lain, buku ini juga dapat membantu untuk lebih mengenal terhadap diri sendiri. Pengenalan diri sendiri ini juga yang berasal dari apa yang dirasakan, bukan dari pendapat yang diberikan oleh orang lain. Mengenal diri sendiri juga dapat membantu untuk mengetahui keinginan dan juga minat serta potensi apa yang dimiliki dalam diri.

Menekuni bacaan buku psikologi dapat membantu untuk meningkatkan pengetahuan dan juga skill sehingga dapat menjadi nilai tambah ketika melakukan lamaran pekerjaan. Selain itu, psikologi sendiri juga memiliki beberapa fungsi praktis, seperti memahami karakter seseorang dari bahasa tubuh, raut muka, hingga juga tulisan tangan yang mereka miliki. Psikologi sendiri juga membantu untuk memahami orang lain, sehingga dapat dengan mudah untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan yang baru.

3 Buku Psikologi Populer yang Wajib Dibaca

Bagi yang tertarik dengan dunia psikologi, terdapat berbagai buku recommended dengan topik psikologi yang menarik dan juga dapat digunakan sebagai sumber untuk memiliki pengetahuan terkait dengan topik tersebut. Ilmu psikologi sendiri akan terus berubah karena mengikuti peradaban masyarakat sehingga mempelajarinya memang dapat menjadi menyenangkan untuk dilakukan, termasuk juga dalam membaca buku yang berkaitan. Terdapat beberapa judul yang dapat dijadikan sebagai bahan sumber bacaan, diantaranya:

  1. Buku Daniel Goleman yang memiliki judul “Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ”. Pada buku ini, sang penulis membahas berbagai macam hal yang berkaitan dengan pandangan baru tentang rasionalitas dan juga emosional. Kedua hal tersebut dijelaskan sebagai faktor yang membentuk diri dan juga berbagai macam pengalaman yang manusia alami dalam hidupnya. Selain itu, dalam buku ini juga dijelaskan tentang lima macam keterampilan dari kecerdasan emosi dan juga bagaimana lima keterampilan tersebut mempengaruhi hubungan kita dengan orang lain, pekerjaan, serta kesejahteraan dalam hal fisik. Buku ini diterbitkan pada bulan Februari 2007 dan tersedia dalam bahasa inggris.
  2. Buku berjudul “Personality: What Makes You The Way You Are” yang ditulis oleh Daniel Nettle ini dapat menjadi pilihan buku psikologi populer best seller selanjutnya. Penulis yang sebelumnya telah menulis buku populernya yang berjudul Happiness pada kesempatan ini membawa pembacanya untuk memahami lebih jauh terkait dengan kepribadian dalam diri manusia yang dilihat dari sains secara modern. Pada buku ini, Nettle fokus terhadap Extraversion, Neuroticism, Conscientious, Agreeableness, dan juga Openness. Pada buku ini, penulis juga menjelaskan tentang bagaimana pikiran dalam diri manusia bisa terbentuk dan juga bagaimana hal tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan serta juga situasi yang dilewati.
  3. Buku psikologi populer best seller dari Christopher Chabris dan Daniel Simons yang berjudul “The Invisible Gorilla” ini juga merupakan wajib untuk dijadikan bahan bacaan. Buku ini lebih banyak membahas terkait dengan intuisi yang dimiliki oleh manusia dan bagaimana intuisi tersebut membawa manusia dalam keadaan tertentu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan untuk terjadi.

Beberapa judul buku psikologi populer best seller di atas dapat dijadikan sebagai bahan bacaan dari sisi pengetahuan psikologi. Memperbanyak membaca buku dapat semakin berguna untuk memperluas wawasan, pengetahuan serta pola pikir yang dimiliki. Siapa tahu, karena membacanya kamu jadi semakin tertarik untuk mengambil jurusan psikologi di perkuliahan. Selamat membaca dengan senang!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.