5 Hal Penting Bagi Kamu Yang Ingin Segera Kerja Setelah Lulus

Sebagai calon mahasiswa baru, sudah sepantasnya kita begitu bersemangat dan sangat antusias dengan jenjang selanjutnya yang bakal kita hadapi. Meski begitu, suka tidak suka, bangku kuliah merupakan jenjang pendidikan terakhir yang biasanya mengantarkan kita ke pekerjaan yang kita inginkan kelak.

Ketika kuliah, ada banyak hal yang dapat kita lakukan. Belajar, ikut perlombaan, magang, kerja paruh waktu, berorganisasi, ikut seminar, hingga ikut program sukarelawan. Namun, sebagai orang yang akan meninggalkan bangku kuliah untuk masuk dunia kerja, apa yang sebaiknya kita fokuskan ketika kuliah nanti? Apa yang menjadi pertimbangan para perekrut kerja ketika kita melamar kerja nantinya? Berikut, beberapa hal yang menjadi pertimbangan tersebut:

1.  Pengalaman magang

Magang merupakan program di mana kita bisa bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Baik rekomendasi dari jurusan, keinginan sendiri, atau hal-hal lainnya. Magang menjadi pertimbangan para perekrut pekerja dikarenakan magang menjadi indikator pengalaman kita ketika berhadapan dengan tanggung jawab berupa pekerjaan. Pengalaman tersebut nantinya juga menggambarkan sudah sesiap apa kita menghadapi tekanan dunia kerja. 

Jadi, jika punya kesempatan magang, jangan lewatkan ya!

2.  Pengalaman kerja

Bekerja sambil kuliah butuh kemampuan tersendiri. Ada manajemen waktu, ada pemecahan masalah, ada pengaturan fokus, dan lain sebagainya. Karenanya, pengalaman kerja ketika kuliah memberikan gambaran kepada para perekrut bahwa kita adalah pribadi yang bisa mengatur waktu, dapat memecahkan masalah, dan tetap fokus ketika diberi tanggung jawab.

Meski memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, tetap kuliah itu nomor satu ya!

3.  Jurusan Kuliah

Seseorang yang akan merekrut pekerja, tentu menginginkan sumber daya manusia terbaik untuk memajukan instansinya. Karena hal tersebut, mereka tentu akan lebih mengutamakan orang-orang yang memiliki spesialisasi di bidang yang kita butuhkan. Maka jangan heran, spesifikasi jurusan masih tetap menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang hendak merekrutmu.

Oleh karena itu, sebisa mungkin, kamu harus memilih jurusan yang tepat, sesuai dengan bidang yang ingin kamu geluti.

4.  Pengalaman volunteering

Kegiatan sukarelawan tentu bakal menarik perhatian orang yang mencoba merekrut pekerja baru. Sebab, kegiatan sukarelawan menggambarkan passion kita ketika bekerja. Tanpa dibayar, kita bekerja secara maksimal untuk mewujudkan sebuah misi. Pengalaman volunteering juga menggambarkan tanggung jawab dalam mengemban amanah.

Karenanya, cobalah sesekali untuk mengikuti kegiatan volunteering.

5.  Kegiatan kampus

Aktifnya kita di kegiatan kampus menjadi gambaran bahwa kita adalah pribadi yang aktif dan rajin. Selain itu, kegiatan kampus yang kita ikuti tersebut tentu memiliki tujuan tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan kita.

Jadi, jangan malas ketika kamu kuliah dan selalulah bersemangat!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (jabalrh)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.