Psikologi Soshum VS Psikologi Saintek, Apa Bedanya?


Halo pejuang kuliah!

Udah pada tau belum nih, kalau ternyata rumpun Program Studi Psikologi nggak semuanya sama lho? 


Pada jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri baik itu jalur undangan/SNMPTN maupun jalur tes/SBMPTN, program studi psikologi terbagi dalam dua kategori rumpun, yaitu Sosial Humaniora (Soshum) dan Sains dan Teknologi (Saintek).


Psikologi merupakan program studi yang mempelajari manusia, khususnya seputar perilaku, pikiran, dan emosi. Lalu kenapa dalam perkuliahan ada yang masuk dalam rumpun saintek atau soshum? Karena hal yang dipelajari menyangkut pada ilmu sosiologi, hitung-hitungan, ataupun biologi, dan cakupan materi yang dipelajari cukup luas, ada kampus yang memilih untuk memasukkan Psikologi dalam rumpun jurusan soshum ataupun saintek. Simak perbedaannya di bawah ini yuk!


Psikologi Rumpun Soshum

Lulusan SMA IPA maupun IPS bisa bergabung

- Fakultas induknya rata-rata masuk rumpun Soshum (misalnya FISIP)

- Pembelajaran dominan pada pendekatan secara humaniora, biasanya pembelajaran akan diarahkan ke bidang psikologi sosial. Walau demikian, ilmu sains juga tetap dipelajari seperti penjelasan secara biologis, dan metode penelitian pada setiap semesternya, pada rumpun soshum juga mempelajari statistik.

Kampus yang menawarkan : UGM, UNUD, UI, USU, UNJ, Undip, Unair, UB, UIN Jakarta


Psikologi Rumpun SAINTEK

- Hanya lulusan IPA yang bisa mendaftar

- Biasanya masuk dalam Fakultas Kedokteran

- Pembelajaran akan lebih mengarah pada bidang Psikologi Klinis dan kalian akan belajar lebih banyak mengenai biologi dan kimia, salah satunya neuropsikologi, psikodiagnostik dan pengembangan alat alat psikologi

Kampus yang menawarkan : UNAND, UNSRI, UNHAS, UNS


Tidak ada yang membedakan gelar lulusan psikologi saintek maupun soshum. Lulusannya sama-sama mendapatkan gelar S.Psi dan bisa melanjutkan ke jenjang profesi atau S2. Bidang karier lulusannya juga relatif sama. Penekanan perbedaan saintek dan soshum terletak pada jenis tes masuknya dan juga variasi mata kuliah di masing-masing rumpun.



Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Della Riesma Arum Asyifa)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.