Perhatikan Ini Sebelum Lintas Jurusan!

 


Halo Pejuang Kuliah! 

Nggak kerasa jalan menuju perguruan tinggi impian makin dekat ya? Pasti beberapa dari kalian ada yang bingung nentuin jurusan bukan? Apalagi anak IPA nih biasanya bimbang mau lintas jurusan atau tetap stay pada jalurnya. Dari pada pusing-pusing, coba deh kalian simak tips berikut supaya kalian nggak merasa ‘salah jurusan’ di semester tua nanti, HAHA

1. Pastikan jurusanmu
Jangan keliru, ada loh jurusan yang kedengarannya saintek banget eh ternyata masuk ke rumpun soshum. Psikologi misalnya, di UI jurusan ini masuk ke rumpun soshum, sementara di UNPAD psikologi tergabung dalam rumpun saintek. Selain itu, kalian cari tahu juga apakah di kampus tujuanmu jurusan tersebut menerima lintas jurusan atau tidak.

2. Tentukan jalur seleksi yang mau kamu tempuh
Kalau kamu ada niatan untuk lintas jurusan, hindari jalur SNMPTN karena peluang keterima kamu bakal kecil banget. Bahkan sudah ada informasi resmi bahwa pihak LTMPT pun tidak menyarankan pendaftar SNMPTN untuk Lintas Jurusan.
Lain ceritanya ketika kamu memilih jalur SBMPTN yang mengharuskan semua siswa melewati ujian seleksi, jadi peluang semua orang sama besar.

3. Miliki motivasi dan komitmen yang kuat
Nah, setelah kamu dinyatakan diterima di jurusan tujuanmu nanti, jangan lupa jaga komitmennya ya. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017 menyebutkan bahwa 87% anak Indonesia merasa salah jurusan. Untuk mencegah perasaan demikian, penting bagi kamu para Pejuang Kuliah untuk menjaga semangat kuliah, apalagi kalau lintas jurusan.

Setelah baca tips di atas, kamu harus mempertimbangkan lagi secara matang sebelum mengambil keputusan besar. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan momen sebelum pemilihan jurusan ini. Semangat kamu, wahai Pejuang Kuliah!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Della Riesma Arum Asyifa)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau lebih dekat? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.