Pejuang Kuliah Harus Tau Tentang Jalur Masuk Politeknik Negeri


 

Halo para pejuang kuliah….. 

Tak terasa nih kita bertemu lagi di awal tahun 2021.  Bagaimana nih persiapan kalian untuk mempersiapkan kuliah yang akan kita hadapi. Meskipun pandemi masih belum berakhir tentunya di tahun yang baru ini semangat kita dimulai dengan yang baru yaa. Perjuangan untuk kuliah masih panjang. Ada banyak kesempatan untuk kuliah di tahun 2021. Buat para pejuang kuliah yang masih gap year jangan lewatkan kesempatan yang ada yaa.

Pada tahun 2021 ini mulai dibuka berbagai macam jalur perkuliahan seperti SBMPTN, SNMPTN, PMDK-PN, UMPN dan masih banyak lagi. Udah pada yang tau belum nih, tentang kilas kilas seputar politeknik? Kalau ada yang belum yuk simak kilas-kilas seputar politeknik

Apa sih, politeknik?

Politeknik merupakan suatu perguruan tinggi yang mengadakan pendidikan Vokasi yang didalamnya terdapat berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi apabila telah memenuhi syarat politeknik dapat mengadakan pendidikan profesi. Jadi, politeknik lebih banyak ke praktik atau menerapkan keahlian secara langsung. 

Itu tadi pengertian terkait konsep politeknik, jadi lebih banyak ke praktikumnya. Selain itu di politeknik terdapat tiga jalur lho.. Apa aja nih jalur-jalur masuk kuliah di politeknik negeri? 

Berikut adalah jalur-jalur masuk kuliah di politeknik negeri:

1.  SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)

SNMPN merupakan Seleksi masuk Politeknik Negeri melalui jalur undangan. Jalur ini biasa dikenal dengan PMDK-PN. Pada jalur ini, proses seleksi menggunakan prestasi akademik yang telah didapatkan saat SMA/sederajat. Mirip SNMPTN yaa. Iya memang, singkatnya “SNMPN” itu SNMPTN’nya politeknik. Eitss perlu diperhatikan yaa. Jalur ini hanya berlaku untuk siswa kelas 12. Untuk peserta gap-year jalur ini tidak berlaku yaa.

2. SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri)

SBMPN merupakan Seleksi masuk Politeknik Negeri yang dilakukan dengan mengikuti tes tulis. Jalur ini biasa dikenal dengan UMPN. Pada jalur ini, proses seleksi didasarkan pada nilai hasil tes SBMPN. Jalur ini berlaku untuk siswa kelas 12 dan juga para pejuang gap year lho. Jadi, manfaatkan dengan semaksimal mungkin yaa. 

3. Jalur Mandiri 

Jalur Mandiri merupakan Seleksi masuk Politeknik Negeri yang dilakukan secara mandiri oleh masing-masing politeknik.  Ini adalah kesempatan terakhir untuk mengikuti Seleksi Masuk Politeknik Negeri. Karena jalur ini merupakan kesempatan terakhir. Jadi, jangan lupa manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini. 

Ada berbagai ketentuan dalam seleksi ini yaitu jalur undangan mandiri (biasanya dilaksanakan bersamaan dengan SNMPN) dan juga jalur tes tulis mandiri yang biasanya dilaksanakan setelah pengumuman SNMPN maupun SBMPN. Namun perlu diketahui bahwa ketentuan pelaksanaan di setiap Politeknik Negeri berbeda-beda. 

Jadi, di penerimaan masuk Politeknik Negeri terdapat tiga jalur yang berbeda-beda yaitu SNMPN, SBMPN, dan Jalur Mandiri yang tentunya masing-masing jalur tersebut memiliki proses seleksi yang berbeda-beda.

Itulah tadi merupakan kilas-kilas terkait jalur masuk Politeknik Negeri. Jangan lupa persiapkan diri kamu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ingin tau lebih lanjut terkait politeknik? Yuk jangan lupa ikuti webinar yang diadakan oleh Pengen Kuliah dengan cara klik ini


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Anita Deviani)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.