Kamu Nggak Perlu Cemas Lagi dengan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN, Ini Alasannya!

Sekarang, kamu nggak perlu lagi cemas dengan jalur SNMPTN, karena di SNMPTN 2021 banyak sekali ketentuan-ketentuan yang sudah semakin diperjelas. Berbeda dengan beberapa tahun lalu, banyak sekali rumor-rumor yang beredar dari mulut ke mulut. Dan sampai berakhirnya SNMPTN, tidak ada yang tahu dengan pasti rumor tersebut benar atau tidak.

Namun, tahun ini, LTMPT melalui kanal resminya di Youtube, memperjelas beberapa hal yang dulu menjadi Rumor SNMPTN. Apa saja rumor yang sempat dikabarkan dari tahun ke tahun? Dan rumor mana saja yang sudah diperjelas oleh LTMPT? Simak ulasannya berikut ini.

Rumor SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021


1. Boleh / Tidak Boleh - Lintas Jurusan ?

Jawabannya, boleh. Tapi, sangat direkomendasikan untuk tidak lintas jurusan. Kenapa? Karena, meskipun secara aturan umumnya diperbolehkan, namun beberapa universitas tetap punya aturannya masing-masing. Jadi, ada universitas yang tidak mengizinkan.

Yang bertanya “Anak IPS bisa ambil kedokteran dong?”

Harus diingat:

Setiap prodi PTN punya persyaratan tersendiri, jadi setiap calon mahasiswa yg daftar hanya akan bisa daftar ke Prodi PTN yg sesuai dg kriteria yg dimiliki.

Saat registrasi akun LTMPT, menggubakan NISN dan data LTMPT tersinkronisasi dg Dapodik dan EMIS. Jd tdk sembarangan IPS bisa mengambil prodi IPA begitu juga sebaliknya.

Sumber: Twitter @ltmptofficial


2. Bisa Mendaftar 2 Prodi di 2 PTN, tapi...

Pada prinsipnya setiap siswa bisa memilih dua prodi. Baik itu prodi yang ada di satu PTN, atau dua PTN (Menurut Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Widyobroto).

"Tapi ada catatannya khusus SNMPTN, jika memilih dua prodi, maka salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA atau SMK (sekolah asal)," kata Budi dalam sosialisasi daring seleksi masuk PTN 2021, Sabtu, 12 Desember 2020.

Budi mencontohkan, jika siswa tersebut berasal dari Makassar, maka harus mengambil salah satu prodi pada perguruan tinggi yang ada di Makassar. begitu pula dengan siswa yang berasal dari daerah lain.

"Nah ini yang saya tekankan, bapak/ibu (guru) betul-betul bisa memberi info yang benar kepada adik-adik (siswa), karena ada kebijakan ini," ujarnya.

Sumber: medcom.id


3. Apakah Siswa Yang Lolos SNMPTN Bisa Mendaftar UTBK-SBMPTN? 

Bagi siswa yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN, tidak diizinkan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer/Seleksi Masuk Bersama PTN (SBMPTN). Makanya, ia menganjurkan agar siswa betul-betul memilih jurusan yang memang benar-benar diminati saat SNMPTN.

"Artinya, ya harus pilihan satu atau pilihan dua (prodi) sama senangnya. kalau senangnya hanya satu, ya sudah satu saja," ungkap Budi.

Sumber: medcom.id


Mau tau rumor apa lagi yang sudah jelas bukan rumor lagi? Dan mau tahu apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa masuk kampus impian? Yuk join Webinar Pengen Kuliah yang akan diselenggarakan pada 9, 16, dan 23 Januari 2021.


Apa aja yang akan kamu dapatkan?

1. E-sertifikat

2. Modul Materi 

3. Student Planner

4. Group Sharing

5. Relasi


DAFTAR SEKARANG JUGA! Jangan sampai kehabisan tempat! Karena kuotanya terbatas!


KLIK DI SINI UNTUK MENDAFTAR 

Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.