Apa Sih Perbedaan SNMPTN dan SNMPN ?

 


Halo sobat pejuang kuliah 


Apakah kalian menunggu informasi pendaftaran perguruan tinggi? Ternyata ada banyak jalur masuk ke perguruan tinggi misalnya seperti SNMPTN dan SNMPN. Namanya terdengar mirip sekali bukan? 

Apakah SNMPTN dan SNMPN sama? 

Apa sajakah perbedaannya? 

Kapan pendaftaran SNMPTN dan SNMPN?  

Pasti banyak sekali pertanyaan yang ada di benak sobat semua, supaya tidak ketinggalan informasi sobat bisa membaca artikel ini sampai selesai dan catat poin pentingnya agar tidak lupa ya.


SNMPTN 

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN mulai dikenalkan dan digunakan sebagai sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2008. Jika kamu ingin masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN kamu harus melakukan registrasi di akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). SNMPTN merupakan jalur masuk yang diperuntukkan bagi kamu yang tertarik kuliah di PTN dan Politeknik. 


SNMPN 

SNMPN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional. SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. SNMPN dulu bernama PMDK-PN,  walaupun terdapat perubahan penamaan untuk mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti PMDK-PN dan diikuti oleh 44 politeknik negeri se-Indonesia


Perbedaan SNMPTN dan SNMPN 



Itulah penjelasan mengenai perbedaan SNMPTN dan SNMPN. Persiapkanlah sebaik mungkin dan catat jadwalnya agar kamu tidak ketinggalan dan dapat mendaftar ke perguruan tinggi negeri tepat waktu. 


Ingin mendaftar kuliah di PTN atau Politeknik? Semua tergantung dengan pilihan sobat semua. Terus kenali diri sendiri dan potensi, jangan lupa selalu berdoa agar apa yang menjadi cita-cita sobat tercapai serta diberikan hasil yang terbaik. 





Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Indah Khoirun Nisa)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.