Tips Lolos SBMPTN Tanpa Ikut Bimbel

Nggak ikut bimbel, bisa kuliah nggak ya?

Masuk universitas idaman tanpa bimbel bukanlah hal yang mustahil. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Universitas sepertinya telah menjadi momok bagi setiap murid yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Hal tersebut sangatlah wajar, bayangkan saja saat kamu mengikuti tes tersebut, kamu akan bersaing dengan ratusan ribu peserta untuk memperebutkan kursi dengan kuota yang terbatas.

Demi bisa kuliah di kampus idamannya, tak sedikit murid mengikuti bimbel khusus persiapan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Eits, tapi kalau nggak ikut bimbel, bukan berarti gak lolos tes, loh! 

Dari pengalaman pribadiku, aku bukanlah tipe murid yang senang ikut bimbel. Aku sangat anti saat disuruh untuk menghabiskan banyak lembar soal dalam sekali duduk, bukannya selesai dikerjakan, yang ada malah mabok soal, haha. 

Karena itu aku memutuskan untuk tidak mengikuti bimbel, dan belajar sendiri dengan menerapkan pola belajarku sendiri. Berikut adalah tips yang bisa aku bagi untuk kalian yang merasa senasib denganku, agar kamu bisa lolos sbmptn tanpa ikut bimbel!

  1. Niat dan keyakinan diri

Memang niat dan keyakinan diri sudah sangat klise dan sering kali disebutkan di setiap tips belajar. Tapi percayalah padaku teman, jika kita sudah benar-benar niat dan percaya diri ketika ingin mencapai sesuatu, hal itu sangat membantu kita dalam proses mendapatkannya. Jadi sudahkah kamu niat dan percaya dengan kemampuanmu?

  1. Membuat jadwal 

Nah kalau kita sudah niat, kita perlu membuat jadwal belajar. Karena materi SBMPTN dan Ujian Mandiri terdiri atas 2 topik, yaitu TKA(Tes Kemampuan Akademik) dan TPS (Tes Potensi Akademik).

Di dua topik tersebut juga terdiri atas beberapa sub bab, dimana TKA terbagi menjadi dua jenis, yaitu saintek dan soshum. Pada TKA Saintek terdiri dari matematika, fisika, biologi, dan kimia, sedangkan TKA soshum terdiri dari matematika soshum, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.

Pada topik TPS terdiri dari Penalaran Umum (PU), Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), dan Pengetahuan Kuantitatif (PK).

Kalian bisa membuat jadwal dari hari senin sampai sabtu dengan masing masing satu sub bab dari setiap topik. Misalnya hari senin ingin belajar TPS sub bab PBM dan TKA sub bab fisika, begitu juga dengan hari seterusnya. Jangan lupa pasang target pencapaian di setiap minggunya, supaya kita tahu progress kita sejauh apa.

Buat senyaman kalian yaa! Jangan lupa sisakan satu hari untuk me time, supaya ga stress guys! 

  1. Menciptakan ruang belajar

Ciptakan ruang belajar senyaman mungkin untuk memaksimalkan penyerapan ilmu selama kalian belajar. Hindari tempat belajar yang mengundang kemageran, seperti belajar di kasur misalnya.

  1. Belajar dari soal-soal tahun lalu

Tipe soal SBMPTN dan tes mandiri cenderung sama dari tahun ke tahun, maka jangan malas untuk mempelajari soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Mendapatkan soal-soal tahun lalu bukan menjadi hal yang susah. Kita bisa membeli buku bank soal dan bisa mendapatkannya dari website resmi LTMPT.

  1. Banyak-banyak berlatih soal

Kita perlu mengukur tingkat kesulitan soal dan mengetahui sejauh mana kesiapan kita dalam mengikuti SBMPTN dan tes mandiri. Cara ini akan sangat membantu kita meraba jenis soal seperti apa yang sekiranya akan diujikan nanti. Tapi jangan lupa mengimbanginya dengan konsep teori ya!

  1. Pahami konsep bukan menghafal

Cara belajar dengan mengandalkan hafalan ini bahaya jika masih diterapkan untuk persiapan SBMPTN dan tes mandiri PTN. Kalau kalian masih sudah melihat soal SBMPTN, sangat dibutuhkan pemahaman secara konsep. Jadi, jika kalian masih mengandalkan cara belajar dengan menghafal bab demi bab, ada baiknya mulai diubah sebelum terlambat.

  1. Sering update informasi mengenai sistematika tes 

Karena belajar secara mandiri, tak jarang kita sering kudet dengan informasi yang beredar mengenai tes masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, kita harus sering update informasi dari media yang terpercaya, seperti pada website LTMPT.

  1. Tambah relasi teman online untuk belajar bersama

Selain belajar bersama teman sekolah, kita bisa menambah teman melalui jejaring sosial. Sekarang banyak banget akun ‘ambis’ yang kontennya belajar untuk mengejar PTN impian. Kalian bisa menemukannya melalui media burung biru, yaitu twitter.

Di media itu, kalian merasa memiliki banyak teman senasib, karena sebagian besar mereka juga tidak mengikuti bimbel. Di media sosial tersebut kita juga bisa tanya jawab, sharing materi dan sharing informasi terkait jalur SBMPTN dan jalur mandiri. 

  1. Mengikuti Tryout Online

Tryout online bisa dicoba untuk mengetahui sistem tes SBMPTN nanti. Tapi ingat! Jangan pernah terpaku dengan nilai tryout online ya guys! Karena nilai hasil tryout bukanlah patokan untuk masuk perguruan tinggi.

Anggap saja soal tryout adalah sebuah simulasi sistem tes SBMPTN dan tes mandiri, jika mendapatkan nilai tinggi jangan puas dulu, dan jika mendapat nilai jelek jangan putus asa dulu. Intinya jangan terlalu berekspektasi dengan nilai tryout online, terus belajar dan berprogress adalah kunci guys, catat yaa!

  1. Evaluasi

Meski merasa sudah belajar dengan maksimal, jangan mudah puas dengan progress dan hasilnya. Kita harus mengevaluasi kelemahan kita melalui soal-soal yang sudah dikerjakan.

Dari banyak soal, pasti ada yang salah bukan? Disitu kita bisa tahu materi mana saja yang belum terlalu dipahami. Selanjutnya kita bisa menjadikan evaluasi tersebut sebagai bahan belajar.

  1. Doa dan restu orang tua

Apalah arti sepuluh step di atas jika kita tidak berdoa dan mendapat restu orang tua. Mengenai restu orang tua, kita dapat mengkomunikasikan apa yang kita inginkan dengan kemauan orang tua, lalu ambil jalan tengahnya. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan untuk meminta hasil yang terbaik yaa!


Walaupun tidak mengikuti bimbel, bukan berarti kita tidak bisa lolos ujian masuk perguruan tinggi negeri bukan? Dengan tips yang aku berikan di atas, kamu selangkah lebih dekat dengan cita-citamu. Semangat, guys!

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Della Riesma Arum Asyifa)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.