Tidak ada Kata Terlambat untuk Kuliah

 

Sumber: Canva.com

Halo sobat pejuang kuliah….

Saat ini kuliah menjadi impian bagi seluruh calon mahasiswa yang ingin berkuliah terutama kalian nih yang sedang duduk di bangku SMA tentunya kalian sudah menentukan kampus impian kalian. 

Banyak dari calon mahasiswa ingin kuliah di PTN atau yang biasa dikenal sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Perguruan Tinggi Negeri menjadi tempat kuliah yang sangat diimpikan oleh kalangan calon mahasiswa yang ingin berkuliah di tempat tersebut. Namun, dibalik itu semua, tentunya ada perjuangan yang harus dilakukan.

Sebagaimana Mestinya tentunya ada calon mahasiswa yang belum lolos maupun yang sudah lolos untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Para Calon Mahasiswa yang belum mendapat kesempatan kuliah di PTN tentunya akan mencoba berbagai jalur yang telah disediakan bahkan ada juga yang mengikuti tes tulis di tahun berikutnya.

Berbagai cara dilakukan untuk dapat kuliah salah satunya yaitu dengan mengikuti SNMPTN, SPAN-PTKIN, PMDK-PN, SBMPTN, UMPN, UM PTKIN, dan Jalur Mandiri lainnya. Namun yang paling sering diikuti yaitu tes tulis SBMPTN

Berikut adalah tips-tips dalam membangun semangat kalian agar mau melanjutkan kuliah:

1. Mengikuti  Try Out Tes Tulis
              
Pada beberapa instansi Bimbingan belajar biasanya mereka mengadakan sebuah try out SBMPTN. Untuk kalian yang ingin mengukur kemampuan kalian sebelum tes SBMPTN tiba maka jangan lupa untuk mengikuti try out tersebut agar kalian memiliki gambaran dan terbiasa dengan soal-soal SBMPTN.
   
            
2. Berlatih Soal secara Mandiri di Rumah
               
Belajar dan mendalami materi SBMPTN dapat melatih kalian agar terbiasa menghadapi soal SBMPTN yang biasanya banyak jebakan dan jangan lupa untuk melatih diri dengan mengerjakan soal SBMPTN tahun sebelumnya. Hal tersebut, tentunya akan mengasah otak untuk berpikir secara kritis melalui soal TPA, mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan dasar seperti fisika, kimia, biologi untuk rumpun saintek, dan sejarah, ekonomi, antropologi untuk rumpun Soshum serta Bahasa Indonesia, bahasa inggris dan matematika untuk pengetahuan dasar.

3. Melihat Video Motivasi

Pastinya kalian mempunyai tokoh inspiratif kan..?? Dengan melihat video motivasi dari tokoh inspiratif kalian, semangat kalian akan terdorong dan kalian akan termotivasi untuk bisa seperti tokoh inspiratif yang kalian sukai.
                

Buat kalian yang sedang berjuang untuk kuliah tentunya harus dilakukan dengan hati yang ikhlas dan menerima apapun hasilnya. Imbangilah antara usaha dan doa. Jangan pernah menyerah untuk mencoba, selagi masih ada kesempatan, karena tidak ada kata terlambat untuk menuntut ilmu. Apabila kalian telah mendapatkan kesempatan kuliah di kampus yang kalian impikan, maka jangan pernah menyia-nyiakan hal tersebut ya. Semangat 
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Anita Deviani)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.