Peserta UTBK-SBMPTN 2021 wajib baca

Pada 12 Desember kemarin, lembaga tes masuk perguruan tinggi mengadakan siaran langsung yang diselenggarakan melalui kanal youtube resminya. Di dalam siaran tersebut, ada beberapa poin penting mengenai pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer yang perlu kamu ketahui.

Berbeda dari penyelenggaraan 2020, UTBK tahun depan bakal dilaksanakan dengan mengujikan 2 jenis mata ujian, yaitu tes potensi skolastik dan tes kemampuan akademik. Adapun jenis materi yang akan diujikan di dalam masing-masing mata ujian adalah sebagai berikut:

  • Tes potensi skolastik; penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pemahaman dan pengetahuan umum, dan pemahaman bacaan dan menulis.
  • Tes kemampuan akademik saintek; matematika, fisika, kimia, dan biologi
  • Tes kemampuan akademik soshum; sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi.

Adapun untuk kelompok ujian yang dapat dipilih oleh peserta aka nada tiga, yaitu kelompok ujian saintek, kelompok ujian soshum, dan kelompok ujian campuran. Ada pun rinci biaya yang akan dibebankan kepada peserta adalah 200 ribu untuk peserta kelompok ujian saintek dan soshum dan 300 ribu untuk kelompok ujian campuran.

Adapun jadwal penting yang harus kamu catat adalah:

7 Februari 2021: Registrasi akun LTMPT

15 Maret – 1 April: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN

12 – 18 April 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang 1

26 April – 2 Mei 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang 2

14 Juni: Pengumuman SBMPTN

Meski terdapat 2 gelombang pelaksanaan UTBK, peserta UTBK hanya dapat memilih untuk ikut di salah satu gelombang saja. Adapun durasi tes untuk kelompok ujian saintek dan soshum adalah 195 menit, sedangkan untuk kelompok ujian campuran memiliki waktu 285 menit untuk menyelesaikan tesnya.


Ada info penting juga terkait SNMPTN 2021 nih. Klik di sini!

Mau tahu tips lolos SBMPTN tanpa ikut bimbel? Klik di sini!

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (jabalrh)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.