Info Penting untuk peserta SNMPTN 2021

Pada 12 Desember kemarin, melalui kanal resminya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mengadakan siaran langsung terkait penyelenggaraan SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri untuk tahun 2021. Berdasarkan siaran tersebut, LTMPT memberikan informasi bahwa untuk penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2021 akan menjadi tiga jalur masuk seperti yang sebelumnya, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.

Ada pun perubahan pada SNMPTN adalah peserta SNMPTN dapat memilih program studi D4 yang ada di politeknik negeri. Namun, walau tersedia di SNMPTN tahun 2021, peserta yang ingin mendaftar di program studi D3 tetap harus melewati seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPN).

Secara teknis, pelaksanaan SNMPTN 2021 tidak akan berubah demikian signifikan. Termasuk dalam penggunaan akun LTMPT yang nantinya bisa digunakan untuk pendaftaran SNMPTN maupun SBMPTN. Meski demikian, menurut penjelasan dari ketua panitia LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto, para peserta SNMPTN yang dinyatakan lulus akunnya bakal dikunci agar tidak bisa mendaftar SBMPTN. Hal tersebut juga berlaku untuk yang diterima melalui jalur SNMPTN pada tahun 2020.

Secara teknis, pengisian data pangkala data sekolah sekolah (PDSS) juga mengalami sedikit perubahan. Jika tahun sebelumnya pihak sekolah diharuskan memasukkan semua data peserta didik ke dalam pangkalan data agar ditentukan siswa yang dinyatakan eligible untuk mendaftar SNMPTN, maka tahun ini sekolah akan langsung diberikan jumlah siswa yang dapat didaftarkan pada SNMPTN berdasarkan jumlah siswa yang terdaftar secara nasional.

Untuk jumlah pesert yang dapat didaftarkan oleh sekolah meliputi; 40 persen dari total jumlah untuk sekolah dengan akreditasi A, 25 persen siswa dari sekolah berakreditasi B, dan 5 persen dari total siswa kelas 12 untuk sekolah yang memiliki akreditas C atau lainnya.

Untuk tanggal penting, berikut tanggal penting terkait SNMPTN 2021:

4 januari 2021: Peluncuran sistem penerimaan mahasiswa baru

4 Januari – 1 Februari 2021: Registrasi akun LTMPT

11 Januari – 8 Februari 2021: Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah

11 Januari – 8 februari 2021: Pengisian PDSS

15 – 24 februari 2021: Pendaftaran SNMPTN

22 Maret 2021: Pengumuman SNMPTN

 

Penulis: JabalRH


Ada info penting juga terkait UTBK-SBMPTN 2021 nih. Klik di sini!

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (jabalrh)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.