Apa Sih Plus Minus nya Kuliah Online di Masa Pandemi?


Seiring dengan adanya kasus virus COVID-19 di Indonesia membuat hampir seluruh kegiatan dialihfungsikan secara online terutama kegiatan perkuliahan. Sama halnya seperti kuliah online, kegiatan lain yang berhubungan dengan perkuliahan yaitu seperti organisasi, rapat, seminar yang saat ini hampir semuanya dilakukan secara online. Hal tersebut bertujuan agar penyebaran virus COVID-19 dapat diminimalisir. 

Tak terasa kuliah online telah berlangsung selama kurang lebih sembilan bulan. Hal tersebut membuat mahasiswa mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu kuliah online.  Meskipun demikian, kuliah online di masa pandemi seperti merupakan pilihan yang tepat. 

Adanya kuliah online merupakan solusi yang tepat agar perkuliahan tetap berjalan, meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Saat kuliah online, dua aplikasi ini sering digunakan yaitu google meet dan Zoom. Namun adanya perkuliahan online tentunya memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan loh. Mau tau apa aja????? Yuk simak berikut ini…

Apa aja sih kekurangan kuliah online terkait dengan hambatan-hambatannya


1. Sinyal Oh Sinyal 

Masalah sinyal adalah hal yang paling sering dialami oleh setiap mahasiswa. Hal ini dikarenakan jaringan di setiap daerah berbeda-beda. Selain itu, terkadang penggunaan wifi juga akan berpengaruh apabila mendadak listrik mati. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap kelancaran perkuliahan. Masalah sinyal biasanya membuat kurangnya mahasiswa dalam memahami suatu materi yang disampaikan oleh dosen, misalnya karena tersendatnya suara dosen. 

2. Komunikasi Tatap Muka Menjadi Sedikit Terhalang 

Komunikasi secara online akan berbeda dengan komunikasi secara langsung, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap proses belajar mengajar antara mahasiswa dengan dosen yang dapat mengakibatkan perkuliahan secara online menjadi kurang efektif dibandingkan dengan secara langsung. Selain itu ketika perkuliahan online berlangsung melalui aplikasi meeting virtual terdapat gangguan suara-suara yang tidak sengaja belum di mute oleh mahasiswa yang dapat menyebabkan perkuliahan online sedikit terhambat. 

3. Tidak Semua Mata Kuliah dapat Dilakukan secara Online 

Beberapa mata kuliah akan tidak efektif apabila dilakukan secara online, terutama pada mata kuliah yang terdapat kegiatan praktikum. Hal ini dikarenakan praktikum membutuhkan keterampilan secara langsung. Seperti praktikum di Laboratorium kimia, memasak, dan masih banyak lagi.

Itu tadi merupakan beberapa kekurangan dari perkuliahan online. 

Eits… tunggu dulu… kuliah online juga memiliki beberapa kelebihan lhooo. Yuk simak kelebihan kuliah online di bawah ini:

1. Waktu menjadi Lebih Fleksibel 

Tau nggak sih, dengan adanya perkuliahan online ini, kita dapat mengatur waktu lebih banyak lho. Ya… Hal ini disebabkan karena mahasiswa hanya melakukan kegiatan dari rumah dan tidak perlu takut terlambat maupun macet di perjalanan. 

2. Mendapat Ilmu Terkait Pengoperasian Aplikasi Virtual Meeting 

Buat yang sedang menjalani perkuliahan online, pastinya tidak asing lagi dengan aplikasi Zoom-Meeting dan Google-Meet. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi meeting virtual. Pastinya secara perlahan, mahasiswa mengetahui berbagai fitur yang ada di aplikasi meeting virtual, berbagai fitur seperti penggunaan backdrop menyalakan kamera, mute, room chat, raise-hand, spotlighter, dan tentunya share screen yang akan memudahkan dalam melakukan presentasi secara virtual. 

3. Menghiraukan Jarak 

Pada perkuliahan tatap muka jarak merupakan suatu hal yang penting. Namun ketika melakukan kegiatan perkuliahan secara online hal tersebut bukan hal yang mempengaruhi perkuliahan. Karena sejatinya kuliah online tidak memerlukan pertemuan secara langsung, dengan ini mahasiswa dapat melakukan perkuliahan online dimanapun, seperti di kamar, ruang tamu, dan teras rumah.

Itulah tadi merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan kuliah online. Jangan lupa tetap semangat, dan selalu enjoy dalam melakukan kuliah online. Agar kuliah onlinenya lancar, siapkan provider terbaik, tempat yang nyaman dan terbebas dari gangguan, dan selalu enjoy.. semangat


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Anita Deviani)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

1 komentar :

  1. Betul sekali kuliah online memang banyak plus minusnya... tetapi, karena masalah sinyal yang dirasakan jadi lebih banyak minusnya..

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.