Ternyata Jurusan Gizi itu Seru

Ternyata Jurusan Gizi itu Seru
(Jonathan Pattershon)

Jurusan Gizi merupakan jurusan yang berkecimpung tentang makanan sehat didalamnya. Namun siapa sangka, di Jurusan Gizi memiliki lingkup yang sangat luas. Prospek kerja untuk lulusan Jurusan Gizi sendiri yaitu ahli gizi di rumah sakit maupun puskesmas, pengusaha makanan sehat, konsultan gizi, dan peneliti. Tidak hanya membahas terkait makanan sehat, di Jurusan Gizi ini mahasiswa diajarkan berbagai macam hal-hal yang sangat luar biasa.
 
Mahasiswa gizi diajarkan untuk dapat mengidentifikasi suatu kandungan makanan di dalamnya, mengelola suatu penyelenggara makanan, menghitung kebutuhan untuk pasien dengan kondisi tertentu, menghitung kebutuhan asupan makanan bagi orang sehat, menganalisa suatu permasalahan gizi.

Mahasiswa gizi biasanya didominasi oleh mahasiswa perempuan, namun untuk mahasiswa laki-laki hanya sedikit saja. Dibalik itu semua, pastinya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meskipun didominasi oleh mahasiswa perempuan, tidak dipungkiri bahwa mahasiswa laki-laki yang berjumlah sedikit memiliki banyak peluang dalam kegiatan di kampus, seperti dalam kepanitian, dan perekrutan dalam suatu organisasi di kampus.

Hal inilah yang menjadikan mahasiswa laki-laki dibidang gizi lebih memiliki banyak peluang. Karena laki-laki identik dengan fisik yang kuat dalam beraktivitas.

Eitss…. Tunggu dulu, dibalik banyaknya mahasiswa perempuan. Pastinya akan menghasilkan mahasiswa yang tangguh. Dalam sebuah kepanitiaan dengan sedikitnya jumlah mahasiswa laki-laki.

Apa aja sih keseruan-keseruan yang dialami mahasiswa gizi …?

Berikut adalah keseruan di Jurusan Gizi: 1. Mempelajari Ilmu tentang Makanan    Pastinya di Jurusan Gizi sendiri nggak akan jauh-jauh membahas tentang makanan. Mahasiswa Gizi    tentunya diajarkan mengenai makanan sehat dan makanan yang tidak sehat. Adapula berbagai macam mitos makanan yang sebenarnya menurut penelitian makanan tersebut baik untuk dikonsumsi

2. Mempelajari tentang Berbagai Macam Jenis-jenis Diet
Eitss. Disini masih banyak masyarakat yang menganggap diet itu hanyalah bertujuan untuk penurunan berat badan. Padahal diet ini merupakan pola pengaturan makanan. Di Jurusan Gizi diajarkan berbagai macam diet untuk orang sehat dan sakit.

Adapula diet untuk menurunkan berat badan, menaikan berat badan dan masih banyak lagi jenis-jenis diet lainnya. Contoh diet khusus atau biasa disebut dengan diet untuk orang sakit yaitu: Diet rendah garam, diet vegetarian, diet tinggi energi tinggi protein (TKTP), diet diabetes mellitus, diet kanker, diet penyakit saluran cerna, diet luka bakar, diet pada bedah, diet penyakit ginjal, dan masih banyak lagi.

3. Membuat Menu Seimbang 
Mahasiswa gizi akan diajari bagaimana cara membuat menu seimbang menurut kebutuhan masing- masing berdasarkan kalori harian

4. Praktikum Memasak 
Yaa, praktikum memasak. Di praktikum ini mahasiswa membuat masakan yang telah dihitung berdasarkan kebutuhan seperti berat masing-masing bahan manakan 

5. Memecahkan Kasus yang Diberikan oleh Dosen 
Disinilah seni dari Jurusan Gizi. Mahasiswa gizi diwajibkan untuk dapat memecahkan kasus.
Biasanya dosen memberikan kasus untuk menyelesaikan sebuah solusi seperti mengidentifikasi data-
data yang diambil dari kasus tersebut. Seperti data tinggi badan, berat badan, nilai hasil lab, dan
riwayat makan. Setelah data data tersebut didapat,maka dilakukan analisa yang kemudian dilakukan
intervensi gizi.
 
6.Pertanyaan Seputar Pola Makan Menurunkan Berat Badan 
Hal ini merupakan hal yang umum dialami oleh mahasiswa gizi. Biasanya kerabat dekat, teman diluar gizi akan menanyakan seputar diet yang tepat untuk menurunkan berat badan 

Itulah merupakan keseruan di jurusan gizi yang akan membuat mahasiswa gizi menjadi mahasiswa yang tangguh. Semua akan indah apabila dilakukan dengan hati. 


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Anita Deviani)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.