Pendekatan dengan Jurusan Teknik Lingkungan

 

Apa itu jurusan teknik lingkungan?

Apa sih yang pertama kali kalian pikirkan tentang jurusan teknik lingkungan? Memungut sampah? Berurusan dengan sampah? dan sejenisnya? Teknik lingkungan tidak sereceh itu ya teman-teman :D. 

Program studi teknik lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan serta solusinya. Sebagai contoh, sarjana teknik lingkungan berperan dalam konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. 

Tak hanya mempelajari dan mencari solusi, program studi ini juga mengajarkan kita tentang bagaimana cara mencegah munculnya permasalahan lingkungan di masa depan. Untuk kalian yang tertarik dan ingin berperan dalam menjaga bumi, jurusan ini cocok banget nih buat masuk list kalian saat pendaftaran PTN!


Pelajaran apa yang perlu menjadi perhatian khusus saat ingin masuk jurusan teknik lingkungan?


Apakah kita perlu benar-benar pintar kimia, fisika, biologi dan matematika untuk masuk jurusan teknik lingkungan? Sebenarnya pintar atau tidaknya itu relatif, bukan hanya terikat dengan angka saja, melainkan kita belajar berproses untuk paham dan mengerti materi perkuliahan yang diajarkan dalam teknik lingkungan. 

Sebagai gambaran untuk teman-teman nih, berikut merupakan keterkaitan ilmu dasar dengan mata kuliah teknik lingkungan :

  1. Matematika

Di teknik lingkungan, kita masih tetap bertemu dengan diferensial dan integral, walaupun porsinya terbilang sedikit. Tapi jika kalian benar-benar benci pada kedua materi itu, coba pikirkan lagi untuk masuk teknik lingkungan atau menyesal saat melihat nilai di akhir semester :’D


  1. Fisika

Mata kuliah teknik pasti masih lekat kaitannya dengan ilmu fisika. Biasanya pada semester awal kita akan berhadapan dengan mata kuliah fisika dasar yang jelas isinya fisika semua ya teman :D Kemudian hal yang berhubungan dengan operasi dan proses teknik lingkungan, pengolahan air dan limbah yang berkaitan dengan memahami sifat fluida, memahami bagaimana partikel bisa mengendap, dan memahami bagaimana suatu zat pencemar dapat tersebar di lingkungan.


  1. Biologi

Biologi teknik lingkungan tidak se kompleks dengan biologi jurusan bioteknologi dan jurusan biologi lainnya. Tapi biologi tetap berperan dalam beberapa mata kuliah karena akan banyak proses yang nantinya melibatkan makhluk hidup khususnya jasad renik.


  1. Kimia

Sama halnya dengan biologi, kimia di teknik lingkungan tidak terlalu ribet, kok. Di teknik lingkungan semua proses akan berhubungan dengan kimia, jadi untuk kalian yang tak terlalu suka dengan kimia, mungkin bisa dipikirkan lagi ya!


Bagaimana prospek lulusan sarjana teknik lingkungan?

Seorang sarjana teknik lingkungan mempunyai banyak pilihan dalam melanjutkan karier atau pendidikannya. Ada yang memilih jadi ahli di bidang lingkungan, merintis bisnis sendiri atau masuk ke bidang migas. Yap, prospek kerja teknik lingkungan tidak terbatas. Kita sendiri yang menentukan mau mendalami bidang apa setelah lulus. 

Setelah lulus pun, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan sekaligus, yaitu jadi manusia berilmu, bermanfaat, mandiri secara finansial dan dari ilmu yang kita peroleh di bangku kuliah dapat kita implementasikan untuk melindungi bumi ini dari kerusakan. 

Nah, bagaimana teman-teman? setelah ‘pendekatan’ dengan jurusan teknik lingkungan, apakah kalian mulai tertarik? Aku rasa, tidak ada jurusan yang sulit selama kamu menikmati prosesnya. Tetap semangat dan kejar terus sampai dapat!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Della Riesma Arum Asyifa)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.