Mengasah Kreativitas Mahasiswa

Pada tahun 2020 ini, pekan ilmiah mahasiswa nasional dilaksanakan secara daring. Kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun tersebut merupakan bentuk lanjutan dari program kreativitas mahasiswa yang sama-sama dilaksanakan setiap tahun. Mahasiswa berlomba-lomba proposal untuk membuat berbagai hal. Mulai dari penelitian, karya cipta, teknologi, pengabdian masyarakat, artikel ilmiah, hingga wirausahanya masing-masing.

Cara Meningkatkan Kreativitas

Tiap tahun, selalu saja ada ide unik nan kreatif yang muncul melalui ajang tersebut. Para peserta pun terus dituntut untuk mengeluarkan kreasi-kreasinya untuk bisa menarik perhatian para juri. Karena ketatnya ajang program kreativitas mahasiswa ini, tidak ayal tiap kampus pun menuntut para mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ide kreatifnya.

Nah, Pejuang Kuliah, apa sih kira-kira hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kreativitas? Berikut Pengen Kuliah udah ngerangkumnya buat kamu:

1. Bergaul dengan orang Kreatif

Sebuah pepatah mengatakan, “Banyak teman, banyak rezeki”. Dengan teman-teman yang beragam dan heterogen, bisa memberikan sudut pandang tambahan kepada kita. Selain itu, teman yang beragam juga bisa memberikan tambahan ilmu kepada kamu. Jangan segan untuk berteman.

2. Terbuka dengan hal baru

Setelah memiliki teman, kamu tentu akan mendapat beragam hal baru. Hal baru seringkali menjadi jembatan bagi kita untuk bisa menghubungkan hal-hal yang telah kita ketahui sebelumnya. Beragam informasi yang kita temui pun bisa membuat kita memiliki pandangan yang kaya akan objek-objek tertentu. Karenanya, cobalah untuk lebih mengeksplor posisimu sebagai mahasiswa.

3. Perbanyak membaca

Meski membosankan, ketika membaca sudah menjadi kebiasaan, tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Membaca tidak berarti hanya sebatas di kegiatan membaca buku saja lho. Dengan internet yang makin populer, kamu bisa memilih dan mencari gaya penulis yang cocok dengan kamu. Sebab, bukan orangnya yang malas membaca. Ia hanya belum menemukan tulisan yang cocok untuk dirinya. Tentunya tulisan soal matematika akan sangat membosankan untuk kita yang benci matematika kan? Tapi hal itu tentu tidak berlaku untuk mereka yang menyukai bidang matematika.

4. Notebook jangan lupa

Inspirasi merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh orang kreatif. Setelah mencoba mengeksplorasi pengetahuan melalui bacaan dan teman baru, kamu tinggal mencatatnya. Catatan tangan akan selalu lebih baik ketimbang mengetiknya. Tulisan tangan memberikan opsi yang lebih lama kepada otot jari untuk memberikan kesan kepada otak agar mengingat bentuk visual dari tulisan tersebut sehingga ingatan yang tercipta pun bisa lebih lama bertahannya. Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah dengan membuat grup khusus kamu seorang di media sosial yang sering kamu pakai untuk menyimpan hal unik yang kamu temui. Baik menggunakan catatan, ataupun melalui voice note.

5. Have Fun!

Ide yang telah kita rekam dalam bentuk tulisan, tentu perlu untuk disajikan kepada orang lain. Hati yang gembira ketika melaksanakan sesuatu tentu akan membuat kita mencintai hal tersebut. Tetap pertahankan semangatmu dan rehat sejenak jika kamu sudah merasa penat dengan hal tersebut Cobalah untuk menceritakan idemu kepada temanmu dan lihat sudut pandangnya.


Nah, bagaimana Pejuang Kuliah? Kreatif tidak sesulit yang selama ini kamu takutkan bukan?

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.