Kenalan Yuk Sama Jurusan Statistika

Mengenal Jurusan Statistika, sumber : Canva.com


Halo pejuang kuliah!!!

Buat kamu yang masih labil nentuin pilihan jurusan, artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Disini kita akan mengulas seluk-beluk jurusan statistika, mulai dari pengertian, mata kuliah yang akan dipelajari, kampus penyedia jurusan statistika, hingga prospek kerjanya.

Apa itu jurusan statistika?

Statistika adalah ilmu yang mempelajari semua hal tentang data. Statistika menyediakan cara bagaimana mengumpulkan, merencanakan, menganalisis, hingga mengambil kesimpulan dari data yang diolah. Terdapat banyak disiplin ilmu yang  membutuhkan perhitungan statistika, hingga tak jarang jurusan lain non statistika ikut mempelajarinya. Lalu bagaimana dengan jurusan statistika itu sendiri?

Di jurusan statistika, kamu akan familiar dengan angka sejak awal, karena bagaimanapun juga statistika adalah ilmu terapan dari matematika. Akan tetapi, statistika menawarkan hal yang lebih unik dan menantang, di samping penguatan terhadap analisis matematis, kamu juga dibekali kemampuan logika yang mumpuni agar kamu menjadi statistikawan yang mampu mengambil kesimpulan secara akurat.

***

Statistika patut menjadi pilihanmu apabila

Kamu menyukai hitungan

Relevansi jurusan dengan jati diri tentu diperlukan agar selama menjalankan studi selama 3 atau 4 tahun ke depan kamu tidak gelagapan. Statistika akan mengakrabkan diri denganmu jika kamu pun sudah mencintai dunia hitung-menghitung sejak awal.

Kamu peka terhadap detail

Analisis matematika tidak cukup membuatmu cocok di statistika, kepekaanmu terhadap hal-hal kecil harus benar-benar diperhatikan, kesalahan perhitungan mengarahkan kamu pada keputusan yang tidak akurat.

Logikamu berjalan dengan baik

Statistikawan adalah seseorang yang mampu menginterpretasikan data yang sudah diolah ke dalam kata-kata yang mudah dipahami. Kata-kata tersebut merupakan hasil penarikan kesimpulan melalui metode tertentu yang ditawarkan statistika. Kesimpulan yang diambil menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan suatu permasalahan.

Kamu mempertimbangkan prospek kerja

Jika poin prospek kerja menjadi poin pertimbangan, statistika berhak menempati urutan teratas. Di era big data seperti sekarang, banyak perusahaan yang mencari ahli statistika yang mampu mengotak-atik data lalu menginterpretasikannya menjadi sebuah keputusan.

***

Mata kuliah di jurusan statistika?

Calon statistikawan akan dibekali dengan mata kuliah yang bervariasi, mulai dari yang berbau matematika, pemrograman, hingga yang lebih spesifik ke ranah industri, keuangan, atau kependudukan. Kamu akan mempelajari kalkulus, aljabar linear, analisis regresi, statistika parametrik, algoritma pemrograman,pengendalian mutu, dll. 

Mengingat kini dunia sudah beralih ke digital, statistika pun menggunakan teknologi khusus (software) untuk mengolah data seperti R, SPSS, MySQL, dan lain sebagainya. Mahasiswa nantinya akan menjadi penerjemah simbol-simbol yang ditampilkan menjadi bahasa yang mudah dipahami agar informasi dalam data tersebut menjadi bermakna.

***

Profesi apa saja yang dapat digeluti lulusan statistika?, sumber: Canva.com


Prospek kerja

Sebelumnya telah disinggung bahwa statistika diterapkan pada berbagai ranah kehidupan. Oleh karena itu, tenaga ahli statistika dibutuhkan di banyak tempat, baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

Luasnya prospek kerja diikuti oleh besaran gaji yang ditawarkan. Memang hal ini berdasarkan kemampuan dan tempat kerja tetapi kamu bisa membayangkan urgensi statistikawan di era sekarang dan apalagi kamu memiliki nilai plus yang patut dibanggakan. Berikut beberapa pilihan profesi yang dapat kamu geluti.

  1. Pegawai pemerintahan (BPS dan BAPPENAS)
  2. Data scientist
  3. Aktuaris
  4. System analyst
  5. Ahli statistik
  6. Dosen
  7. Ahli biostatistik
  8. Peneliti survey

***

Pilihan universitas

Mengingat kebutuhan akan tenaga statistika yang makin bertambah seiring perkembangan zaman. Banyak perguruan tinggi yang mulai membuka jurusan statistika. Dan hingga kini telah banyak universitas penyedia jurusan statistika.  Dimulai dari perguruan tinggi bergengsi seperti UGM, UNDIP, IPB, ITS, UNAIR, UB, dan UNHAS yang jurusan statistika nya sudah terakreditasi A atau di UI, UNS, UNJ, UT, UII, UNSYIAH, dan masih banyak lagi alternatif pilihan lainnya.

Ketertarikan calon mahasiswa untuk menggeluti ilmu statistika membuat jurusan ini ramai peminat setiap tahunnya. Disamping tingginya minat mereka tentang statistika itu sendiri, luasnya prospek kerja pun menjadi alasan. Akibatnya, persaingan memasuki jurusan ini pun semakin ketat

Untuk itu, demi menjalankan studi dengan lancar, ada baiknya kamu sudah mulai menentukan pilihan jurusan dan universitas dari sekarang. Dan yang terpenting adalah menyiapkan fisik dan mentalmu menuju sistem-sistem seleksi yang akan hadir seperti SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri kedepannya.


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Dewi Kinasih)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.