Kamu Perlu Tahu Alasan Pentingnya Kuliah

 

Alasan kuliah itu penting,  Sumber: Canva.com


Apa sih arti kuliah yang sebenarnya?

Ya…. Kuliah merupakan suatu usaha dalam melanjutkan studi setelah lulus dari SMA/SMK/MA. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk kuliah. Hal ini dikarenakan dengan kuliah akan mendapatkan posisi yang tinggi dalam sebuah pekerjaan. 

Sedangkan di sisi lain, sebagian masyarakat beranggapan bahwa sukses tidak harus melalui perkuliahan, namun arti dari kuliah yang sebenarnya yaitu mencari ilmu yang ingin didapat dengan sungguh-sungguh. 

Masa-masa semester awal kuliah yaitu menjadi mahasiswa baru yang dipandu melalui kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) atau yang biasa dikenal sebagai OSPEK. Pentingnya kuliah dalam membuka berbuka berbagai sudut pandang akan terasa ketika menginjak semester tua nantinya.

Apa saja sih pentingnya kuliah dalam membuka berbagai sudut pandang?

1.  Keberagaman Mahasiswa dan Adaptasi
Seiring berjalannya waktu, peminat untuk duduk di bangku kuliah semakin meningkat. Hal ini didukung dengan adanya banyak kampus-kampus yang ada di Indonesia. Selain itu, di masa awal perkuliahan akan banyak mahasiswa perantau dari berbagai daerah. Tentunya, mahasiswa perantau tersebut akan menyesuaikan kebiasaan, Bahasa, adat, dan tempat dari lingkungan sekitar kampus. 

Adaptasi terhadap lingkungan di sekitar kampus merupakan hal yang sangat penting.  Hal ini akan berhubungan dengan kenyamanan mahasiswa dalam beraktivitas dan  berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, mampunya beradaptasi akan membuat mahasiswa memiliki mental yang kuat dan menjadi lebih dewasa. 


2. Menambah Wawasan 
Selama perkuliahan, pastinya mahasiswa akan mendapat wawasan baru. Wawasan baru biasanya didapat dari kegiatan akademik di kelas, seminar yang menghadirkan pembicara dengan berbagai pengalaman dan prestasi, diskusi dalam tugas kelompok, organisasi internal kampus maupun eksternal kampus, perkumpulan suatu komunitas, mengikuti ajang perlombaan, mengikuti beasiswa, dan masih banyak lagi. 


3. Perbedaan Pendapat dalam Organisasi Internal Kampus
Selain dituntut untuk aktif di kegiatan akademik, mahasiswa juga dituntut untuk aktif di kegiatan non akademik. Seperti mengikuti BEM Universitas, BEM Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan, UKM, dan masih banyak lagi. Ketika mengikuti Organisasi pastinya akan dijumpai berbagai macam perbedaan pendapat, ilmu-ilmu baru, pentingnya menjalin relasi dengan pihak luar, dan menjadikan perbedaan pendapat menjadi satu tujuan bersama. Dalam Organisasi, pastinya akan tidak jauh-jauh dengan rapat dadakan hehehe☺. 


4. Bertukar Pikiran melalui Diskusi antara Mahasiswa dengan Dosen 
Mahasiswa yang menjalani perkuliahan tentunya tidak akan jauh-jauh dari istilah diskusi. Yaa… diskusi memanglah sangat penting ketika muncul suatu perbedaan pendapat antara mahasiswa dengan dosen. Biasanya dari diskusi tersebut akan muncul suatu solusi yang dilihat dari data-data maupun pengalaman. 

Sama hal-nya dengan penyusunan  skripsi diskusi terjadi antara dosen pembimbing dengan mahasiswa. Biasanya dosen pembimbing memberikan arahan berdasarkan data-data dan pengalaman yang telah dilalui.


5. Percaya Diri Ketika Berbicara di Depan Banyak Orang
Public speaking memiliki peran penting dalam menyampaikan sebuah informasi atau pendapat di depan banyak orang dengan penataan bahasa yang mudah dipahami. Di masa perkuliahan, kita akan sangat dekat dengan public speaking  karena biasanya mahasiswa banyak terlibat dalam presentasi. Public speaking akan bermanfaat ketika ada suatu pertanyaan dari audiens pada saat  presentasi yang dimana mahasiswa akan menjawab pertanyaan tersebut dengan leluasa. 


6. Lebih Berfikir Kritis dalam Mengambil Sebuah Keputusan 
Masalah akan banyak didapatkan oleh mahasiswa ketika di bangku perkuliahan. Biasanya mahasiswa akan menyelesaikan masalah dan mengambil sebuah keputusan dengan meninjau dampak negatif maupun positif yang ada untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. 


Itulah merupakan peranan-peranan penting kuliah dalam membuka berbagai sudut pandang. Mahasiswa memang dituntut untuk aktif berpendapat dan menyelesaikan suatu masalah dengan memikirkan dampak-dampak kedepannya. Peranan tersebut akan sangat bermanfaat ketika di dunia kerja nantinya ☺. Semangat ya.


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Anita Deviani)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.