Jurusan di Fakultas Pertanian dan Prospek Karirnya


“Mau jadi apa kuliah di fakultas pertanian?”

“Kamu mau nyangkul, panas-panasan, kotor, dekil, bau matahari, bla, bla, bla, bla”

“Apa bangganya jadi sarjana pertanian?"

“Jadi petani gak harus kuliah”

 

Pertanyaan-pertanyaan di atas terkesan men-judge bahwa kuliah di bidang pertanian tidaklah keren, tidak penting, dan memiliki masa depan yang tidak jelas.  


Pernahkah teman-teman berfikir bahwa makanan yang kamu makan berasal dari tanaman yang dihasilkan petani dengan waktu dan proses yang sangat panjang?  


Menghasilkan sepiring nasi tidak bisa dibuat dengan bim salabim ada kadabra dalam waktu semalam seperti Bandung Bondowoso yang membangun seribu candi.


Masih mau beranggapan bidang pertanian gak penting dan gak keren?  So, gak ada petani, emang mau makan apa? 


Lanjut ke pembahasan selanjutnya, teman-teman tidak perlu khawatir dan galau dengan anggapan-anggapan di atas. Jurusan di bidang pertanian bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk kuliah karena memiliki peluang dan prospek karir yang bagus.  


Berikut ini jurusan di bidang pertanian dan prospek karirnya 

1. Jurusan Agribisnis

                                                                                                                                    sumber: kumparan.com
Petani milenial berwirausaha dan bercocok tanam tanpa tanah (hidroponik)

Jurusan agribisnis merupakan jurusan ilmu campuran yang mempelajari ilmu pengetahuan alam seperti biologi dan juga ilmu pengetahuan sosial seperti sosiologi, kewirausahaan, dan juga pengantar ekonomi. 


Prospek karir di bidang ini yaitu menjadi wirausaha di bidang pertanian, PNS bidang pertanian, pionir LSM, konsultan perusahaan agribisnis, petani dan masih banyak pekerjaan lainnya. 


Mahasiswa jurusan agribisnis juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di sektor luar pertanian seperti perbankan dan accounting, karena di jurusan ini kalian juga akan mendapat pengetahuan mengenai ekonomi juga.


2. Jurusan Agroteknologi 

                                                                                                                                 sumber: kompasiana.com
Teknologi perbanyakan tanaman secara vegetatif dalam media buatan (kultur jaringan) 

Jurusan ini berasal dari kata “Agro” dan “Tekno” yang artinya pertanian dan teknologi, apakah sudah terbayang apa yang akan dipelajari? 


Untuk materi perkuliahannya kamu akan belajar mulai dari genetika, perbenihan, produksi tanaman, fisiologi, pemuliaan tanaman, lahan dan media tanam dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga akan mendapatkan pengetahuan pendukung seperti kewirausahaan


Prospek karir di bidang ini adalah  peneliti, wirausaha, konsultan pertanian, industri pertanian, PNS bidang pertanian, petani, dan masih banyak lainnya. 


3. Jurusan Teknik Pertanian 

                                                                        sumber: abiblog.com
Drone penyiram tanaman
 

Buat teman teman yang bercita-cita ingin menjadi seorang engineer bisa mencoba jurusan ini.  Engineer di bidang pertanian juga tidak kalah keren dan berpeluang besar terhadap karir kamu kedepan, karena industrialisasi dan modernisasi saat ini juga sedang merambah dunia pertanian. 


Sebelum menjadi engineer kamu harus tahu apa saja hal yang akan dipelajari di jurusan ini. Mahasiswa yang akan kuliah di jurusan ini diajarkan untuk membuat dan merancang  mesin-mesin atau sistem untuk membuat hasil panen menjadi maksimal dengan cara yang efektif sesuai dengan lahan pertanian yang sesuai. Jika kamu suka fisika, matematika, tapi juga berkaitan sama biologi jurusan ini cocok untuk kamu.


Prospek karir jurusan ini selain menjadi engineer kamu juga bisa menjadi tenaga ahli di bidang keteknikan, wirausaha, petani, perancang teknik mesin, dan banyak juga perusahaan dibidang pertanian dan pangan yang merekrut para engineer dari lulusan teknik pertanian, dan masih banyak lainnya. 


4. Jurusan Agroindustri/Teknologi Hasil Pertanian 

                                                                                                                  sumber: THPUnmul.ac.id
Pembuatan tempe
 

Pada jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengolah  hasil pasca panen seperti melakukan kegiatan penangan dan pengolahan hasil pertanian dengan tetap mempertahankan mutu dan kualitasnya. 


Kamu tidak hanya belajar tentang ilmu pertanian tapi juga mikrobiologi, pengolahan pangan, bioteknologi Industri Pangan,  Pangan dan Gizi, Pengendalian Mutu, dan yang seru adalah ada kegiatan memasak atau mengolah hasil pertanian menjadi suatu produk. 


Prospek karir jurusan ini adalah petani, wirausaha, PNS atau bekerja di instansi pemerintahan, BPOM, Bekerja di industri pertanian atau pengolahan makanan, dan masih banyak lainnya. 


5. Jurusan Perlindungan Tanaman 

                                                sumber: distani.tulangbawangkab.go.id
Pengamatan hama tanaman 

Jika kamu kuliah di jurusan ini kalian akan menjadi seorang dokter. Kamu akan belajar merawat, melindungi, dan juga menyembuhkan tanaman dari segala virus, hama, dan penyakit yang menyerang tanaman, dan memelihara keseimbangan ekosistem. 


Jika kamu tertarik kuliah di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang budidaya tanaman, ekologi hama dan penyakit tanaman, ilmu penyakit tumbuhan, dan masih banyak lainnya. 


Prospek karir di bidang ini adalah menjadi peneliti, PNS dibidang pertanian atau bekerja di lembaga pemerintah , bekerja di perusahaan pertanian atau perkebunan, petani, wirausaha, konsultan lingkungan, dan masih banyak lainnya. 


6. Ilmu Tanah 

                                                                sumber: Bertaniorganik.com
Mengukur PH tanah 

Pada jurusan ini kamu akan mempelajari dan mengkaji tanah sebagai sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan. 


Kamu akan belajar ilmu pertanian, pembentukan, klasifikasi, pemetaan, karakteristik fisik, kimiawi, biologis, geografis, kesuburan, pemanfaatan dan pengelolaan, dan masih banyak lainnya. 


Prospek karir di bidang ini adalah bekerja di lembaga pemerintah, peneliti, surveyor tanah, konsultan lingkungan hidup, bekerja di perusahaan swasta dan BUMN bidang pertanian, atau kamu juga bisa jadi juragan tanah hehehehe.


Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai gambaran secara umum beberapa jurusan yang ada di fakultas pertanian, namun biasanya jurusan bisa berbeda beda tergantung dengan setiap kampus. 


Jika kamu menjadi mahasiswa di bidang pertanian kamu akan dibekali ilmu kewirausahaan, karena ketika belum mendapat pekerjaan dan panggilan kerja di sebuah perusahaan atau instansi kamu bisa berwirausaha ataupun menjadi petani milenial yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk kamu dan juga orang lain.


Selain itu sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan di saat krisis seperti pandemic covid 19 saat ini dan sektor pertanian menjadi sektor penting karena setiap manusia membutuhkan makanan. 


Jangan pernah berkecil hati ataupun malu menjadi petani. 

Aku berharap informasi ini bisa bermanfaat untuk teman teman semua. 

Tetap bangga dengan apa yang kamu pilih dan tetap bangga menjadi diri sendiri. 

See you 😊



Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Indah Khoirun Nisa)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.