Assesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional

 

UN ditiadakan, Diganti AN

Assesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional

Halo Para Pejuang Kuliah! Gimana kabarnya? Masih semangat kan? Tentu dong ya!

Perjuangan kita kan belum berakhir hihi…. Oh iya, semoga sehat selalu ya!

Langsung aja, kali ini kita akan membahas yang lagi banyak dibicarakan nih! Yaitu tentang Asesmen Nasional! apa sih Assesmen Nasional itu? Kenapa menggantikan Ujian Nasional?

Jadi teman-teman, Assesmen Nasional yang akan jadi pengganti UN ini, adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD untuk meningkatkan kualitas pendidikan indonesia. Yang akan diliat sebagai bahan evaluasinya itu mulai dari input, proses dan output pembelajaran.

Karena pendidikan bertujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi murid.

Jadi, meskipun dibilang pengganti un, tapi tujuannya beda ya sama UN. Disini tujuannya utk evaluasi kualitas pendidikan, bukan untuk pemeringkatan.

Nah, dalam asesmen nasional terdapat 3 Komponen Penting pendidikan, meliputi Kurikulum, Pembelajaran, Asesmen.

Asesmen ini di perlukan untuk menilai efektifitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum. Informasi dari Assesment Nasional dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Dengan demikian Assesment Nasional tidak di rancang untuk menghakimi sekolah ataupun melakukan pemeringkatan sekolah, akan tetapi Assesmen Nasional menghasilkan informasi yang bertujuan memperbaiki kualitas belajar-mengajar disekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar murid.

Assesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 Instrument, antara lain Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar

·         Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi

Asesmen Kompetensi Minimum terdiri dari, Literasi Membaca dan Numerasi.

·         Literasi Membaca

Literasi Membaca adalah Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

·         Numerasi

Numerasi merupakan Kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Komponen Literasi Membaca dan Numerasi, terbagi menjadi Konten, Proses Kognitif, dan Konteks.

Berdasarkan Konten à Assessment Literasi membaca mengujikan beragam Teks Informasi dan Teks Fiksi, sedangkan Assessment Numerasi mengujikan Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar

Berdasarkan Proses Kognitif à Assessment Literasi membaca, siswa di uji informasinya bagaimana siswa Menemukan Informasi, Menginterpretasi dan Mengintegrasi isi teks, dan Mengevaluasikan dan Merefleksikan dengan konteks lain di luar teks, sedangkan Assessment Numerasi melibatkan Pemahaman konsep, Kemampuan Penerapan konsep untuk menyelesaikan masalah rutin, serta Bernalar untuk menyelesaikan masalah non-rutin.

Berdasarkan Konteks à Assessment Literasi membaca dan Assessment Numerasi  mengangkat konteks Personal, Sosial Budaya, dan Saintifik sedangkan

            Ada beragam bentuk soal dalam Assesment Nasional, meliputi

·         Pilihan Ganda

·         Pilihan Ganda Kompleks

·         Menjodohkan

·         Isian Singkat

·         Uraian

 

·         Survei Karakter

Dikerjakan oleh murid untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial-emosional. Survei karakter ini mengukur 6 Aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu:

·         Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, serta berakhlah mulia

·         Berkebhinekaan global

·         Bergotong royong

·         Mandiri

·         Bernalar kritis

·         kreatif

·         Survei Lingkungan Belajar

Dikerjakan oleh Murid, Guru dan Kepala Sekolah untuk mengukur berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di sekolah.

Survei Lingkungan Belajar, mengumpulkan informasi tentang kualitas proses pembelajaran dan iklim yang menunjang pembelajaran.

Oke, segitu dulu informasi dari kita, tentang apa itu Assessment Nasional. Semoga bermafaat buat temen-temen. Tetap semangat dan Salam Sukses!

 

Sumber : Youtube Pusmenjar Kemendikbud yang di tulis kembali oleh Eko Putri Suryani


Dengarkan versi podcast
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.