Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Puzzle Jurusan – Bedah Jurusan Hubungan Internasional (HI)

 

Bedah Jurusan HI, Puzzle Jurusan HI

Puzzle Jurusan – Bedah Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Halo para pejuang kuliah!! Ketemu lagi dalam Program Puzzle Jurusan! Tempatnya membongkar puzzle jurusan kuliah.

Buat yang belum tahu nih… Puzzle Jurusan adalah salah satu program dari Pengen Kuliah yang membahas seputar jurusan-jurusan yang ada di Indonesia. Puzzle Jurusan ini punya versi Videonya di Youtube dan Instagram loh! Jangan lupa cek juga ya!!

Oke, kali ini sesuai judul, kita akan bedah alias kupas tuntas Jurusan Hubungan Internasional alias Jurusan HI. Sebenarnya bagaimana sih jurusan HI itu? Apakah Jurusan HI itu sulit?

Kalau melihat dari isu2 dan kabar burung yang ada,banyak yang bilang kalau anak HI itu harus pinter bahasa dan bakalan sering keluar negeri. Berarti, kuliahnya apa belajar banyak bahasa? Trus sering keluar negeri itu maksudnya gimana? Jalan2? Enak dong… Terus HI juga identic dengan kedutaan besar. Apaan tuh? Yang di film2 bisa jadi tempat sembunyi penjahat itu?

Sebenernya yang bener yang gimana sih?? Jurusan HI itu belajar soal apa sih? Yuk langsung kita bahas!!

Jadi, HI atau Hubungan Internasional sendiri adalah ilmu mengenai hubungan secara internasional, alias antar Negara. Fokus utama HI adalah segala hal terkait hubungan Negara dengan Negara lain. Mulai dari hubungan diplomasi,konflik2 yang terjadi antar Negara, dll.

Karena batasan ilmunya adalah hubungan dengan Negara lain, dan yang namanya hubungan antar Negara itu luas dan bidangnya banyak, karena itulah di jurusan HI, kita akan diajarkan berbagai cabang ilmu lain seperti politik, hukum, sosiologi, sejarah cuman memang tidak begitu mendalam atau hanya permukaannya aja dan cuman ngambil bagian yang memang dibutuhkan dengan studi kasus yang sedang dibahas. Nah, untuk kamu yang memiliki ketertarikan mengenai masalah2 internasional, kebudayaan asing, politik internasional, dan interaksi antar Negara, jurusan HI ini cocok banget buat kamu!

Anak HI biasanya cara belajarnya kebanyakan membuat paper yang akan dipresentasikan dan dibahas. Paper yang dipresentasikan itu juga akan menjadi bahan diskusi. Setiap orang bebas memberikan pendapat asal memiliki landasan teori ilmiah didalamnya.

Tugas2 paper dan system diskusi Ini bertujuan untuk memperbanyak bank pengetahuan anak2 HI dan mempertajam kemampuan menganalisa suatu permasalahan dengan pendekatan teori ilmiah yang diajarkan. Contoh hal2 yang dibahas dan diasah misalnya berbagai isu2 global, ideology2 yang berkembang, tokoh2 berpengaruh di dunia internasional, organisasi internasional, kerjasama antar Negara, dinamika hubungan dari berbagai Negara, dll. 

Hal-hal selainnya yang juga dipelajari ada banyak, seperti bahasa asing, negosiasi diplomasi, table manner, presentasi, debat, dll

Untuk peminatannya, di HI ada yg high-politic sama low-politic. High-politic aktivitas politik yang terkait dengan keamanan nasional, internasional, kayak perang-perang, konflik, dan sejenisnya. Kalau low-politic itu seperti isu2 sosial, ekonomi internasional, perdagangan internasional, budaya dll.

Selanjutnya, contoh2 mata kuliah yang akan kalian pelajari di jurusan ini. Mata kuliah ini kami ambil dari referensi jurusan HI di Universitas Airlangga, Surabaya.

1.       Pengantar Ilmu Politik

2.       Pengantar Hubungan Internasional

3.       Teori hubungan Internasional

4.       Budaya dan bahasa berbagai Negara (misal perancis, Mandari, dll)

5.       Pengantar globalisasi

6.       Studi Strategis Indonesia

7.       Sejarah Diplomasi

8.       Negoisasi dan DIplomasi

9.       Strategi dan Tatakelola Strategis

10.   Manajemen Strategik untuk HUbungan InternasionalAnalisis Hubungan Internasional

11.   Rezim Internasional

12.   Studi Hubungan Kultural Dunia

13.   Dll

Selanjutnya prospek karir jurusan HI. Lulusan HI bisa kerja dimana? Apakah prospek karir jurusan HI ini menjanjikan?

Nah, untuk prospek atau peluang karir lulusan dari jurusan HI ini ada banyak nih guys… Kalian bisa bekerja menjadi seorang diplomat, politikus, pengusaha, freelancer, penerjemah, kerja di perusahaan multinasional atau international officer juga bisa. Selain itu, ilmu yang kamu dapatkan di jurusan ini, juga bisa membuka peluang menjadi konsultan internasional maupun peneliti khususnya di bidang politik, budaya dan hubungan internasional.

                Gimana? Ternyata bidang kerja lulusan HI memiliki prospek bagus dan menjanjikan kan?

                Oke, segitu dulu penjelasan tentang jurusan HI kali ini. Semoga bermanfaat ya! Kalau ada pertanyaan atau saran, bisa langsung hubungi kami di kontak dan akun-akun sosial media kami!

                Salam Sukses!!

 

                Regards,

 

                Pengen Kuliah


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.