Harus belajar, tapi kok mager banget? Ikuti TIPS ini!



Tips Tetap Belajar Saat Mager

                Kondisi study from home seperti sekarang membuat segala kegiatan pelajar dilakukan melalui rumah. Semenjak Maret, kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan di ruang kelas, kini dialihkan ke ruang daring. Hal tersebut juga pada akhirnya berdampak kepada motivasi para pelajar. Tidak jarang, rasa malas gerak menggerogoti hingga akhirnya semangat untuk belajar turut menurun.

                Berikut, tim Pengen Kuliah merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan semasa study from home sekarang.

1.       Bikin catatan kecil

Bukan sekadar catatan pelajaran yang dipindah kertaskan ke bentuk yang lebih kecil. Namun juga meringkas pelajaran yang telah kita pelajari. Entah di dalam buku catatan, atau bisa pula di sticky notes untuk beberapa materi yang dirasa perlu.

 

Metode ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan daya ingat kita. Dengan menggerakkan tangan menggoreskan tinta di atas kertas, sedikit banyak otak kita jgua turut serta dalam merekam apa yang kita tuliskan tersebut. Terlebih, metode jembatan keledai dari dulu sudah terkenal cukup ampuh untuk memberikan pemahaman kepada siswa.

 

2.       Jadikan catatan sebagai wallpaper foto

Sejujurnya, metode ini tidak hanya perlu dilakukan oleh pelajar, namun juga oleh mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang menjadi foto KRS (Kartu Rencana Studi) mereka sebagai wallpaper handphone-nya. Minimal bisa mengingatkan mereka tentang apa yang menjadi kewajiban mereka.

 

Selain itu, di zaman yang serba cepat seperti sekarang, telepon pintar rasanya hampir bisa dimiliki oleh setiap kalangan. Tidak hanya itu, telepon genggam pun sekaligus menjadi barang yang kerap kali membersamai keseharian kita. Karenanya, dengan mendekatkan pelajaran dengan benda yang sering bersama kita, motivasi belajar sedikit banyak bakal terdongkrak.

 

3.       Buat rekaman pelajaran di Handphone

Meski kebanyakan kegiatan belajar mengajar kita dapat dilakukan dengan penjelasan menjadi teks yang tertuang di dalam grup, tetap saja persentase pemahaman kita dapat meningkat dengan mendengarkan penjelasan dari guru.

 

Jika ditambahkan dengan belajar dengan gaya menjelaskan atau yang lebih dikenal dengan teknik Feynman, potensi pelajaran untuk terekam secara baik di dalam kepala semakin tinggi. Oleh karenanya, jangan segan untuk saling bertukar materi penjelasan bersama teman se-geng kamu.


Oke, itu dia beberapa tips dari kami! Yuk segera jalankan tipsnya ya!

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.