Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Puzzle Jurusan – Bedah Jurusan Ilmu Politik



Puzzle Jurusan – Bedah Jurusan Ilmu Politik
Halo para pejuang kuliah!! Ketemu lagi dalam Program Puzzle Jurusan! Tempatnya membongkar puzzle jurusan kuliah.
Buat yang belum tahu nih… Puzzle Jurusan adalah salah satu program dari Pengen Kuliah yang membahas seputar jurusan-jurusan yang ada di Indonesia. Puzzle Jurusan ini punya versi Videonya di Youtube dan Instagram loh! Jangan lupa cek juga ya!!
Nah, langsung aja yuk ke pembahasan jurusan Ilmu Politik!!
Belajar apa aja sih di jurusan ilmu politik?
Jadi, ilmu politik adalah ranah ilmu pengetahuan yang berusaha menjelaskan seluk-beluk politik, yaitu sebuah fenomena terjadinya perebutan dan perlombaan untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan yang berlangsung dalam rangka menjalani kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Tapi  disini, kita gabakal diajarin cara kampanye; atau cara pidato, atau pilih partai politik yang mana yang bagus. melainkan kita kan dilatih menjadi ilmuwan politik; yaitu orang yang mampu mengamati, menelaah, dan menjelaskan hingga memberi solusi tentang fenomena berebutnya manusia-manusia untuk kekuasaan; dengan metode yang teruji dalam kaidah ilmiah.
Nah, selain kompetensi keilmuan ada juga latihan magang yang sifatnya wajib di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Magang? Ngapain tuh,? Nah, magang untuk mahasiswa ini bertujuan supaya kita bisa mengamati langsung kegiatan politik yang berlangsung di tempat yang emang kental sama nama politik; yaitu di parlemen. Kita bisa diajak ikut rapat kerja, rapat paripurna, rapat dengar pendapat & pendapat umum, bahkan ikut bantu turun ke masyarakat, dan banyak lagi. Kalo di Biologi kan spesimennya misalnya kodok, kelabang, ikan, atau apa gitu; nah kalo ilmu politik ya spesimennya ya lo, gue, lembaga negara, masyarakat, surat suara, sampai anggota dewan. Presiden juga bisa. Kita diajak untuk lihat langsung kehidupan ilmu kita; gimana cara kerjanya.
Lalu MK apa aja sih yang bakal di pelajari di jurusan ilmu Politik?
Berikut adalah gambaran mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini :
  1. Pengantar Ilmu Politik
  2. SIstem Politik Indonesia
  3. Pemikiran Politik
  4. Politik Kebijakan Publik
  5. Nasionalisme dan Resolisi Konflik
  6. Perbandingan Politik
  7. Sistem Perwakilan Politik
  8. Perempuan dan Politik
  9. Kekuatan Politik di Indonesia
  10. Pembangunan Politik dan Studi Demokratisasi
  11. dll
Selanjutnya peluang karir lulusan ilmu politik
Wihh hebat ilmu politik, nanti kerjanya mau jadi caleg (DPR) ya? Jadi bupati atau gubernur?
Bener gak sih? Sebenernya anggapan kayak tadi ga mengherankan. Kenapa? Ya karena prodi ilmu politik ngebawa kata “politik” di dalemnya. Orang-orang tentu bakal mikirnya kalo ga MPR/DPR, anggota dewan, gubernur, bupati/walikota, menteri, presiden, dan lainnya. Hal-hal tadi memang bakal jadi makanan kuliah keseharian kita di prodi (program studi) ilmu politik, tapi dalam rupa yang berbeda yaitu dalam bentuk keilmuan. Singkatnya, kita bakal ngomongin politik dalam latar belakang tertentu, ada permasalahannya, ada kerangka teorinya, ada proses penelitiannya, dan ada hasil yang bisa diuji keabsahannya.
Nah, rata2 lulusannya bisa jadi peneliti seperti jurnalis lepas yang suka nulis opini bebas dimedia-media, atau jadi caleg alias terjun langsung ke politik praktis asalkan kita melengkapi diri kita dengan keahlian terkait yang dibutuhkan.
Jadi itu guys penjelasan singkat terkait jurusan Ilmu Politik. Bagi yang berminat, kalian bisa cari berbagai literature atau Tanya ke kakak-kakak jurusan Ilpol untuk tahu lebih dalamnya lagi ya!



Ok segitu dulu untuk penjelasan Puzzle jurusan kali ini.  Semoga bermanfaat. Salam Sukses!!

Regards,

Pengen Kuliah


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.