Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Perhatikan Ini Sebelum Masuk Fakultas Kesehatan Masyarakat (KesMas)

Tertarik pengen kuliah di Kesehatan Masyarakat? Coba simak dulu beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memantapkan pilihan.

review jurusan kesehatan masyarakat

1. Dedikasi Untuk Mengabdi
Kesmas itu jurusan rumpun kesehatan yang mengedukasi masyarakat mengenai semua hal yang berkaitan dengan kesehatan.
Kemantapan hati untuk mengabdi sangat diperlukan di sini, karena jurusan ini mencetak tenaga kesehatan yang berdedikasi bukan berorientasi uang.

2. Kekurangan Cowok
Yang bikin kaget... Jurusan ini banyak cewek nya, cowok menjadi barang antik. Makanya FKM banyak yang bilang Fakultas Kebanyakan Mbak² atau Fakultas Kekurangan Mas².

3. Nge-Lab
Di semester awal, ada kegiatan nge-lab, seperti uji darah, mikrologi, parasitologi, dan mikologi. Tapi setelah itu, mungkin akan jarang nge-lab lagi, tergantung peminatan apa yang akan kamu ambil nantinya.

4. Peminatan
Peminatan yg ada di fkm undip ada 9 yaitu:
a. KIA
Peminatan KIA mempelajari tentang kesehatan ibu dan anak. Mulai dari epidemiologi penyakit ibu dan anak, sampai kesehatan reproduksi. Semua tentang ibu dan anak yang menyangkut kesehatannya dibahas lengkap disini.
Sayangnya, mulai angkatan 2017 sampai sekarang peminatan KIA tidak ada yang berminat. Jadi, peminatan KIA ditiadakan. 

b. AKK
Peminatan ini sering juga disebut dengan "IPS"nya anak FKM. Kenapa? Karena yang dipelajari tidak berfokus pada kesehatannya, tetapi kebijakan yang mengaturnya. peminatan ini mempelajari bagaimana sih lulusan FKM bisa mengadvokasikan kebijakan yang mendorong peningkatan derajat kesehatan.

c. Biostatistik
Peminatan ini mempelajari tentang statistik khususnya yang digunakan di bagian kesehatan. Intinya peminatan ini pasti bakal ketemu dengan berbagai macam uji statistik dan analisanya. 

d. Entomologi
Peminatan ini mengkaji mengenai serangga. Jadi lulusan FKM kan ditugaskan untuk mencegah terjadinya penyakit. Untuk mencegah, harus tahu dong penyebabnya. Nah, serangga ini menjadi salah satu dari variabel yang bisa menjadi penyebab suatu penyakit.

e. Epidemiologi
Epidemiologi itu mempelajari penyebaran penyakit berdasarkan orang, tempat, dan waktu. Epidemiologi adalah orang yang kerjaannya "lapangan" banget. Nggak bisa cuma duduk manis aja di tempat. Lingkupnya pun bisa dibilang paling luas dibanding peminatan lain. Karena mempelajari semua penyakit mulai epidemiologi penyakit menular sampai penyakit tidak menular.

f. Gizi kesmas
Di Gizi Kesmas ini lingkupnya gizi makro gitu jadi masyarakat luas. Dan masyarakat luas masih dibagi lagi ke beberapa kelompok umur terutama yang rawan. Seperti bayi dan balita, remaja wanita, serta ibu hamil. Gizi Kesmas saat ini juga nggak melulu tentang gizi aja tapi udah ada concern ke pangan dan halalnya.

g. K3
Khusus mempelajari tentang kesehatan (penyakit akibat kerja dan pencegahannya) serta keselamatan pekerja. Jadi K3 ini mengupayakan agar tiap pekerja selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatannya guna mencapai kinerja yang produktif. 

h. Kesling
Peminatan kesehatan lingkungan mempelajari lingkungan seperti apa, dapat menyebabkan penyakit apa. Perubahan lingkungan yang memberikan dampak tertentu untuk kesehatan. Modifikasi lingkungan agar menjadi lingkungan yang ramah kesehatan. Kalau ini sih nanti bakal dipenuhi dengan praktikum dan laporan.

i. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP)
Mempelajari teori perilaku yang banyak banget lohh beneran. Trus advokasi, pemberdayaan masyarakat (tentunya di bidang kesehatan).

5. Prospek Kerja
Setelah lulus menjadi seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat, lulusan punya skill yang dibutuhkan di dunia kerja, karena begitu banyak kesempatan terjun langsung ke lapangan selama kuliah.
Lulusan FKM bisa menjadi peneliti, staf K3, bekerja di bagian promosi kesehatan, administrasi layanan kesehatan, staf gizi kesehatan masyarakat, dosen, kerja di Rumah Sakit atau Puskesmas, dan masih banyak lagi.

Gimana? Sudah siap mengabdi?

Erika Widya P - Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP

Related Keywords:
jurusan kesehatan masyarakat, peminatan jurusan kesehatan masyarakat, biaya kuliah jurusan kesehatan masyarakat, prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat, kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat, review jurusan kesehatan masyarakat, gaji kesehatan masyarakat, kesehatan masyarakat adalah, fakultas kesehatan masyarakat UI, fakultas kesehatan masyarakat UNDIP, masa depan sarjana kesehatan masyarakat

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.