Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tim II KKN UNDIP Menciptakan Inovasi Olahan Produk Jamur Crispy pada UMKM Jamur Tiram

Batang- Pada hari minggu tanggal 5 Agustus 2018, Tim II KKN UNDIP telah melaksanakan program multidisiplin terhadap UMKM Home Industry budidaya Jamur tiram  yang ada di Desa Keborangan.

“Mas Cahyono” begitu panggilannya merupakan pemilik budidaya jamur tiram yang ada di desa keborangan.Cahyono mengaku hingga kini kelompok usahanya sudah bisa memperkerjakan hingga 10 karyawan. Selain itu, sebulan sendiri pihaknya bisa memproduksi hingga 1,5 ton jamur yang dikirim ke Batang dan sekitarnya. Omsetnya mencapai sekitar Rp 15 Juta per bulan.


Bisnis budidaya jamur ini masih tergolong usaha baru, karena baru dirintis selama 3 bulan. Kendala utama yang dihadapi pada budidaya jamur tiram ini adalah kurangnya modal usaha, lahan budidaya, belum ada inovasi olahan produk dari jamur tiram tersebut dan belum adanya pemasaran secara online.


Disini tim II KKN UNDIP membantu mas cahyo dalam menyusun proposal kerja sama untuk modal, dan melakukan inovasi olahan produk jamur tiram, dan melakukan pemasaran secara online melalui tokopedia. Jamur tiram tersebut di olah menjadi jamur crispy dengan berbagai aneka rasa. 
Jamur tiram yang satu kilonya hanya dijual dengan harga Rp 10.000 /kg tetapi setelah diolah menjadi jamur crispy, harganya bisa mencapai Rp 80.000/ Kg.


Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.