Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tim II KKN Undip Desa Truwolu mengadakan pemberdayaan kader Posyandu

Ngaringan, Grobogan- Berbarengan dengan acara Koordinasi dan Sosialisasi pemberian obat pencegahan masal yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Ngaringan, dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip peserta KKN Tim II yang bertugas di Desa Truwolu, pada Selasa, 17 Juli 2018, mengadakan pemberdayaan kader Posyandu. Acara yang diadakan di Balai Desa Truwolu ini dihadiri oleh kader Posyandu dari berbagai dusun di Desa Truwolu. 


Karena berasal dari Fakultas yang sama dan dihadapkan pada masalah yang bisa ditangani dengan bidang kelimuan masing-masing , Anggun Nur Aulia(21) dan Vita Gustin Almira(21) sepakat mengadakan program monodisiplin pada saat yang sama. Pada acara tersebut Anggun memberdayakan kader dengan mengajarkan cara menginterpretasikan tumbuh kembang anak pada KMS, sedangkan Vita mengajarkan kader mengenai gizi yang tepat untuk diberikan kepada anak sesuai dengan tingkat pertumbuhannya. 

Anggun,  mahasiswa Kedokteran Umum Universitas Diponegoro menjelaskan alasan diadakannya pemberdayaan ini,
berdasarkan penjelasan dari aparat desa dan kader Posyandu, masih banyak  kader yang belum bisa menginterpretasikan tumbuh kembang anak berdasarkan berat badan, kebanyakan kader masih hanya bisa melakukan plotting berat badan tanpa mengerti apakah menurut standar bisa dikatakan naik ataupun tidak maka dari itu saya akan mengajarkan cara menginterpretasikannya.

Sedangkan Vita yang merupakan mahasiswa Ilmu Gizi menjelaskan bahwa diadakannya program ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran Ibu menyusui akan pentingnya ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan bayi, 
kesadaran untuk memberi ASI eksklusif masih rendah karena ketidaktahuan si Ibu, maka dirasa perlu untuk diadakan.
Acara ini mendapat respon yang baik dari kader Posyandu yang menghadiri acara ini, salah satunya Ibu Jawarsih (37) yang berasal dari Dusun Kedungcowek menjelaskan pentingnya program seperti ini untuk diadakan, 
acara seperti ini belum pernah ada sebelumnya dan memang sesuai dengan kebutuhan kami sebagai pengurus Posyandu. Mungkin pernah ada sebelumnya yang diadakan oleh Puskesmas, namun hanya dihadiri oleh segelintir kader Posyandu mengingat jatah peserta yang ditetapkan panitia dan waktu acara diselenggarakan memungkinkan banyak kader Posyandu di Desa Truwolu tidak bisa hadir dan mendapatkan pengetahuan seperti ini.

Acara yang diselenggarakan pada sore hari ini dihadiri sekitar 50 orang dari kader Posyandu dan diakhiri pukul 17. 30 .

Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.