Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Perbedaan Kuliah Jaman Dulu dan Jaman Sekarang

Kondisi saat itu dan saat ini sudah banyak berubah. Sehingga kuliah zaman dulu dan jaman sekarang juga sangat berbeda. Hal ini karena dipengaruhi beberapa faktor seperti perubahan era, gaya hidup, budaya, nilai, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara kuliah jaman dahulu (tempoe doeloe) dan kuliah jaman sekarang.

nulis vs cekrek | sumber: malesbanget.com

1. Dulu bikin catatan, sekarang tinggal cekrek
Yaa kalau jaman dulu masih banyak mahasiswa yang membawa buku dan alat tulis untuk mencatat apa yang disampaikan dosen. Tapi generasi sekarang lebih senang dengan hal-hal yang berbau instan, jadi cukup ambil gadget, arahkan kamera ke papan tulis, dan cekrek. Selesai sudah. Ini bukan sesuatu yang dilarang lho di masa sekarang. Jadi, tidak masalah. Cara ini memang lebih cepat dan praktis, tapi cara lama (menulis) adalah cara yang menurut saya efisien dan efektif jika ingin mudah dalam mengingat. Karena dengan mencatat/menulis, kita sekaligus belajar dan mengingat apa yang kita tulis. Sementara, jika kita tidak menulis, kita cenderung malas untuk membuka file foto untuk dipelajari lagi. Banyak lah godaannya. Tapi, kembali lagi ke masing-masing individu dalam menyikapi perubahan ini. 

Kata seseorang..
Waktu zaman kuliah dulu, dosen jelasin ane nyatet. jadi, kita mesti bisa narik berbagai poin-poin penting dari penjelasan dosen, begitu juga pas papan tulis penuh catatan mereka, ane narik poin-poin pentingnya. zaman now, mahasiswa tinggal ambil foto catatan kita aja, alhasil kemampuan note-taking mereka kurang mumpuni. Untuk materi, zaman dulu ane bela-belain ke perpus untuk ngerjain tugas soalnya buku -bukunya cuma bisa dicopy dan nggak bisa dibawa pulang. zaman now....ente tinggal buka google, ketik kata kunci dan keluar dah tu sumber-sumber non-otentik (kalau perlu copy-paste langsung tanpa di paraphrase). Tapi, kita nggak bisa menyalahkan perkembangan zaman, semua punya kekurangan dan kelebihan.

2. Kerja Kelompok
Kuliah jaman dulu enaknya mahasiswanya pada ngumpul dan kompak
Kalo kerja kelompok pasti seru,beda sama kuliah jaman sekarang,apa2 serba digital,kerja kelompok ngerjainnya ga barengan,cuma kirim2 tugas lewat email atau chat.
tugas dosen juga cuma lewat email,ga ada lagi istilah "nungguin dosen" cuma minta acc berkas doang

3. Berhubungan dengan Dosen
Beda dengan anak sekolahan, anak kuliahan itu kadang dituntut untuk lebih dekat dengan dosennya. Dekat disini maksudnya dalam hal pelajaran yah. Hubungan dosen dan mahasiswa ini bakal makin terasa saat ngerjain skripsi. Nah kalau anak kuliahan jaman dulu ini agak ribet buat berhubungan sama dosen, karena mereka mau gak mau harus ketemu secara langsung, dan itu pun harus di kampus. Ya emang kadang dikasih juga sih nomer telepon dosen, tapi itu juga susah banget dihubunginnya.  Sekarang: Anak kuliahan jaman sekarang patut bersyukur dengan hadirnya sosial media, dimana para dosen sekarang ini rata-rata punya minimal satu akun. Dan mereka kadang juga merasa lebih senang kalau kamu tanya di sosial media.

Kuliah jaman oldNunggu dosen pembimbing untuk revisi skripsi pasti lama dgn ngopi² nongkrong di kampus sambil liat jam utk cepat mengejar dosen setelah ngajar
Jaman now
Mahasiswa cukup maen gadget utk menunggu dosen

4. Barang Wajib dan Tingkat Kefokusan
Dulu waktu kuliah buku dan pena adalah benda yg gak boleh ketinggalan/kelupaan. Pas diterangin dosen juga harus fokus biar gak telat mencatat materinya, nanti kalo kurang materinya jadi berasa kurang siap pas kuis/ujian.

5. Perpustakaan
Kalo ada tugas kelompok dulu tu pasti udah langsung deh cari tempat buat kumpul, janjian di sini ato di situ, biasanya sih perpustakaan yg banyak buku buat cari bahan tugasnya, kalo dulu sih banyak ya yg hobi baca buku mungkin kalo sekarang buku udah berkurang fungsinya.

Dirangkum dari kaskus dan malesbanget

Kalau menurutmu, apa yang membedakan kuliah jaman dulu dan kuliah jaman sekarang? Tulis di kolom komentar yaa..
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.