Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Mahasiswa Universitas Mataram Terapkan Teknologi Smart Cacao Dryer Berbasis Hybrid Untuk Membantu Kelompok Tani

Desa Lembah Sempage merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Narmada, NTB. Desa ini memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah terutama pada sektor perkebunan. Kakao atau cokelat merupakan sektor perkebunan yang lebih dominan di tanam. Biji kakao yang sudah matang, kemudian di keringkan secara manual dengan mengandalkan sinar matahari yang membutuhkan waktu 3- 4 hari. Dan apabila musim hujan, proses pengeringan menggunakan asap dari kayu yang dibakar, tentu ini akan menurunkan kualitas dari biji kakao tersebut. Hal inilah yang dilakukan oleh kelompok tani Tumbuh Subur salah satu kelompok tani di Kecamatan Narmada, yang diketuai oleh Bapak Marzuki. Kelompok Tani ini melakukan panen seminggu sekali, dengan kuantitas biji kakao hingga 4 kg biji. Dan membutuhkan waktu 9 hingga 10 hari bila di tambahkan dengan proses pengeringannya.

Sumber : dokumentasi pribadi milik kelompok mahasiswa

Hal itulah yang mendorong kelompok PKM T dari Universitas Mataram yang beranggotakan Zamzami (S1 Agroekteknologi), Alan Maulana Karisma (S1 Teknik Sipil), Sindi Nopita Agustina (S1 Pendidikan Matematika), Adi Septiawan ( S1 Manajemen) dan Rangga Alif Faresta (S1 Pendidikan Fisika) untuk menciptakan suatu alat pengering biji kakao yang efisien untuk mempersingkat waktu pengeringan. Dimana alat ini menggunakan Pemanas dari Kawat Kasa yang menyerap sinar matahari dan Dari elemen pemanas (Hybrid). Dengan mesin ini pengeringan untuk 4 kg biji kakao hanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam. Diharapkan alat ini dapat berguna bagi kelompok tani Tumbuh Subur. 

Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan yang ingin dipublikasikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

11 komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.