Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Metode Penilaian Berubah, Masih Akurat kah Hasil Try Out SBMPTN ?

Ujian Tertulis SBMPTN menjadi salah satu jalur masuk yang diharapkan oleh pejuang PTN untuk masuk ke PTN impiannya, setelah dinyatakan gagal di SNMPTN. Kegiatan ini telah berlangsung bertahun-tahun. Kegiatan pelengkap atau pendukung yang berupaya membantu para pejuang SBMPTN untuk bisa mengukur keberhasilannya sebelum perang yang sesungguhnya juga disediakan seperti Try Out SBMPTN yang diselenggarakan oleh banyak lembaga atau pihak-pihak lain.

Sistem penilaian yang digunakan pada 2017 dan tahun-tahun sebelumnya menggunakan Teori Tes Klasik yaitu menggunakan skor total dari jawaban peserta tes terhadap soal-soal tes yang diberikan. Peserta yang menjawab dengan benar akan mendapatkan skor 4, jawaban salah mendapatkan skor negatif (- 1) dan tidak menjawab akan mendapatkan skor nol. 

Metode Teori Tes Klasik begitu sederhana dalam menentukan poin masing-masing peserta. Sedangkan metode yang digunakan pada tahun 2018 (dan mungkin akan berlaku seterusnya), sangat berbeda dan bisa dibilang cukup rumit untuk diterapkan oleh pihak di luar panitia SBMPTN. 

Lalu, apakah akan berdampak pada keakuratan hasil Try Out SBMPTN yang diselenggarakan lembaga di luar panitia SBMPTN??

Rumit, bukan berarti tidak mungkin. Try Out SBMPTN masih mungkin untuk dibuat dan diterapkan sebagai alat ukur sementara sebelum menempuh perang SBMPTN yang sebenarnya. Namun, lembaga atau pihak penyelenggara Try Out SBMPTN harus berupaya lebih keras daripada sebelumnya. Kenapa? Sebelumnya hanya perlu fokus pada kualitas pembuatan soal Try Out (bahkan bisa asal comot), tapi sekarang harus memikirkan kualitas soal, presentase soal yang mudah hingga sulit, dan yang paling penting adalah harus bisa mengumpulkan peserta tes sekitar 800.000 orang (Lihat Informasi Resmi Panitia SBMPTN mengenai sistem penilaian).

Sulit? Ya jelas. Apakah tahun-tahun berikutnya tidak akan ada lagi Try Out SBMPTN? Entahlah. Kita lihat saja nanti :) . Tetap Semangaaat.
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.