Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Apa Bedanya SNMPTN dan BidikMisi?

Sebagai siswa kelas 12 SMA yang masih awam dengan berbagai istilah seleksi masuk perguruan tinggi, tentulah akan banyak muncul pertanyaan seputar dunia kuliah ataupun seleksi masuknya. Pernah suatu ketika saya jalan-jalan di sebuah grup yang banyak sekali melontarkan pertanyaan ketika ada yang posting. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah SNMPTN dan Bidikmisi itu berbeda atau sama? Jawabannya sangat singkat. Berbeda.

Kemudian ada yang melontarkan pertanyaan kembali. Apa perbedaan snmptn dan bidikmisi? Nah, untuk pertanyaan ini agak membutuhkan jawaban dan penjelasan. Sebenarnya jawaban paling tepat dan singkatnya mengenai perbedaan snmptn dan bidikmisi, yaitu “SNMPTN adalah jalur masuknya, sedangkan bidikmisi adalah beasiswanya”

Mari kita bahas!
SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jadi dalam satu kategori yaitu jalur masuk, seperti SBMPTN, UMPTN, PMDK, dan lain-lain. Sedangkan bidikmisi adalah beasiswanya.

Bidikmisi bukanlah jalur masuk. Bidikmisi adalah beasiswa yang diberikan kepada peserta snmptn, sbmptn, ataupun umptn yang sudah mendaftar atau didaftarkan ke situs bidikmisi yang berhasil lolos ke perguruan tinggi negeri melalui jalur tersebut. Beasiswa bidikmisi akan diberikan kepada orang yang tidak mampu secara ekonomi namun punya prestasi akademik maupun non-akademik.

Sudah pahamkah? Atau mungkin ada yang ingin bertanya kembali? Mungkin ada yang ingin bertanya, apa perbedaan antara beasiswa tidak mampu, beasiswa prestasi, dan bidikmisi? Kenapa namanya bidikmisi? Kenapa tidak disebut sama seperti yang lain, beasiswa? Untuk menjawab pertanyaan ini, sudah ada jawaban dari pihak penyelenggara bidikmisi yang bisa anda akses di sini.

Jika ada pertanyaan lain, silakan layangkan atau kirimkan kepada admin melalui kolom komentar, akun facebook, sms, atau tanyakan langsung ke pihak bidikmisi. Sekian dan terimakasih.
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Tempatnya Orang Galau Pengen Kuliah Cari Informasi
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Add Official Account kami di bit.ly/infokuliah dan follow instagram kami di @pengenkuliah

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

22 komentar :

  1. jadi tahu deh bedanya, hehehe :D

    BalasHapus
  2. sempat bingung sih bedanya, tapi skrg sudah tau nih saya gan, mksh ya

    BalasHapus
  3. @priangga Ya begitulah perbedaannya. Semoga bisa membantu... ^_^

    BalasHapus
  4. saya kira sama :D emang beda ya, baru tau makasih yaa infonya

    BalasHapus
  5. @Khaerul Bahri Beda dong. Oke thanks untuk kunjungannya...

    BalasHapus
  6. ooo..ternyata itu bedanya gan..
    Kunjungan Balik Ya Gan..
    http://fredyjanse.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. wah.. saya baru tau perbedaannya

    BalasHapus
  8. oh ternyata jalur bidik misi itu beasiswa

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaykum kak, saya pengen nanya, untuk mengurus beasiswa bidikmisi itu bagaimana yah? Apa diurus sama sekolahan, atau kita sendiri yg urus? Terus dikirim kemana? Makasih kak. Ditunggu jawabannya

    BalasHapus
  10. @Ukhwani Ramadani Wa'alaikumsalam. Pertama, kamu minta tolong ke sekolah (biasanya guru BK) untuk di daftarkan. Setelah kamu di daftarkan, kamu akan dapat username dan password untuk login di website bidikmisi. Setelah itu, kamu login, dan kamu harus mengisi data secara lengkap dan benar (data pribadi dan ekonomi).
    Setelah semua data selesai dimasukkan, kamu bisa dapet KAP & PIN untuk mendaftar di SNMPTN/SBMPTN/UMPTN/lainnya dengan status BIDIKMISI (gratis). Semangat ya!

    BalasHapus
  11. @Ukhwani Ramadani, saya mau nanya nie saya kan sudah daftar SNMPTN, tp saya masih belum daftar Bidikmisinya.... jd sya bingung apakah sya masih bisa daftar Bidikmisinya atau gk, sementara pendaftaran SNMPTNnya udah lewat... mohon penjelasannya....

    BalasHapus
  12. mw nanya klw saya ikut di snmptn di ugm tapi sbmptnnya di uny misalnya itu bisa kah ?

    BalasHapus
  13. @Andri Jrz bisa. tapi nanti kalau kamu sudah diterima di PTN atau kalau kamu ikut SBMPTN

    BalasHapus
  14. @Pradhika Ardi N Bisa kok. Nggak harus sama jurusannya.

    BalasHapus
  15. @andri jrz..
    Ass.. ka aku mau bertanya..
    Jika sudah menjadi mahasiswa penerimah bantuan bidikmisi..
    Maka berapa besar yang akan di terimah mahasisawa bidikmisi setipa bulanya..
    Makasi ka..
    Di tunggu jawabanya.

    BalasHapus
  16. @Ramli Dicaprio kalau salam tolong jangan disingkat... itu artinya "pantat", bukan salam...

    besarnya tergantung Universitas & wilayah masing-masing.. karena disesuaikan dengan biaya hidup di daerah tersebut.

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.