Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Malas Ikut Try Out? Padahal Banyak Manfaatnya Loh, Yuk Simak Penjelasannya!

Khusus bagi siswa kelas 12, di penghujung masa-masa sekolah ini memang memiliki cukup banyak kesibukan. Selain belajar di sekolah, mereka juga harus mempersiapkan serangkaian ujian untuk kelulusan maupun ujian masuk ke jenjang pendidikan tinggi. Belum lagi perasaan galau dalam menentukan pilihan untuk masa depan yang tidak mudah dipecahkan. Momen-momen inilah yang selalu melekat pada mereka yang akan meninggalkan seragam putih abu-abu.

sumber gambar : okezone

Poin utama kegalauan yang menyerang siswa kelas 12 biasanya dalam memilih jurusan dan jenjang pendidikan yang hendak dituju. Oleh karena itu, agar mampu melewati serangkaian ujian yang akan dihadapi kebanyakan mereka memilih untuk ikut bimbingan belajar bahkan bimbingan tersebut makin intens ketika mendekati waktu ujian. Namun tidak sedikit juga yang memilih untuk belajar mandiri di rumah atau belajar kelompok bersama teman-temannya. Dan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan siswa kelas 12 adalah try out.

Pada dasarnya, try out sendiri merupakan simulasi ujian ataupun tes yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga bimbingan belajar, jurusan atau universitas tertentu, maupun situs belajar online. Tujuannya yaitu agar para siswa sendiri dapat langsung merasakan dan mendapatkan gambaran secara umum bagaimana ujian ataupun tes yang akan diikutinya nanti. Namun seringkali permasalahan yang ditemui adalah rasa malas dari siswa sendiri yang cukup sulit untuk dilawan. Padahal manfaat yang didapat dari mengikuti try out sangat penting, berikut beberapa diantaranya.

1. Memperkaya variasi soal
Dengan ikut try out, kamu dapat memperkaya bank soal yang kamu miliki dan tentu saja memperkaya pengetahuanmu tentang soal tersebut. Kamu tidak hanya terpaku pada soal-soal tertentu, melainkan kamu juga dapat mengerjakan soal dengan tingkatan yang berbeda, dari mudah hingga sulit. Selain itu, try out juga memungkinkan kamu untuk menjawab soal yang mungkin asing bagi kamu.

2. Mengukur kemampuan
Bayangkan jika kamu tidak pernah ikut try out! Kamu mungkin tidak tahu dimana posisimu sekarang. Kamu tidak tahu apakah kamu sudah mampu mengerjakan soal-soal tertentu atau tidak. Kamu juga tidak tahu seperti apakah posisi pesaing-pesaingmu di ujian nanti. Akan tetapi, bagi kamu yang rajin ikut try out pasti sudah memiliki sedikit gambaran dengan hal tersebut. Try out dapat kamu jadikan salah satu alat ukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal ujian dan sejauh mana kamu sudah memahami materi tertentu.

3. Bahan evaluasi

Manfaat yang kamu dapat dari ikut try out lainnya adalah sebagai bahan evaluasi. Setelah mengetahui hasil try out, kamu bisa mempelajari hasilnya. Kamu dapat melihat sudah siapkah kamu untuk menghadapi ujian, soal mana yang sudah kamu kuasai atau belum, dan mempersiapkan strategi-strategi tertentu dalam menghadapi ujian tersebut.


Tentang Penulis
Nama    : Fiqih Janeti Jamil
Twitter   : fiqih_janet
Instagram : fiqihjanet
"Holla! Perkenalkan, saya Fiqih Janeti Jamil. Sekarang berstatus sebagai mahasiswi jurusan Hubungan Internasional di salah satu PTN angkatan 2016. Saya suka mempelajari hal-hal baru dan sedang mempelajari dunia tulis-menulis."
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :