Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Cara Terbaik Atasi Keraguan Pilih Jurusan Kuliah



Saat ini siswa kelas XII SMA atau sederajat bersiap menentukan pilihan jurusan kuliah. Ada yang ingin mengambil jurusan di bidang sains dan teknologi (saintek) atau ada juga yang berminat di bidang sosial dan humaniora (soshum).
Salah jurusan kuliah berdampak luas bagi proses pembelajaran seorang mahasiswa. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan keragu-raguanmu, yuk lakukan beberapa langkah berikut ini dari sekarang.

1. Bicara pada konselor
Setiap sekolah menyediakan guru bimbingan konseling yang bisa dimanfaatkan untuk konsultasi. Bicarakan kepada mereka mengenai nilai-nilaimu selama ini. Kemudian, minta rekomendasi jurusan yang memungkinkan, namun tetap sesuai dengan passion-mu berikut universitas yang menyediakan jurusan tersebut.

2. Ngobrol dengan senior
Dengarkan pengalaman dari senior yang sudah kuliah. Sebab, terkadang jurusan yang diincar belum tentu sesuai dengan ekspektasi dan harapanmu. Ketahui secara nyata apa yang dipelajari. Hal ini bisa menjadi acuanmu untuk lebih bijak memilih jurusan kuliah.

3. Psikotes
Psikotes merupakan cara sistematik untuk melihat bakat dan minatmu. Hasil psikotes bisa menjadi pertimbangan memilih jurusan yang tepat sehingga sesuai dengan potensi diri yang dimiliki.

4. Diskusi dengan orangtua
Diskusikan pilihan studi dengan orangtua. Dengan begitu kamu dan orangtua sama-sama memahami pilihan yang diambil nanti. Jangan sampai karena komunikasi kurang baik, justru membuat orangtua memaksamu masuk jurusan yang tidak disukai.

5. Tahu karier impian
Apa yang dipelajari di bangku kuliah menjadi jembatan untuk karier-mu ke depan. Oleh sebab itu, supaya kuliah dan karier sejalan, pilih jurusan sesuai dengan cita-cita. Misalnya, jika kamu ingin jadi jurnalis dan suka menulis, pilihlah jurusan jurnalistik atau komunikasi. Kemudian tambah skill dengan mengikuti berbagai pelatihan atau kirim tulisan ke media. 

  



Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/10/25/65/1523666/cara-terbaik-atasi-keraguan-pilih-jurusan-kuliah
@noviimanah_

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :