Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Lolos SNMPTN atau SBMPTN tapi Tidak Lolos Bidikmisi, Mungkinkah? Lantas Bagaimana?

Ada pertanyaan menarik nih dari Destiana Ahadia melalui komentar di artikel Apakah Mahasiswa BidikMisi dan Reguler Dibedakan atau Tidak? ~ Pengen Kuliah

Permisi saya ingin bertanya sesuatu, misalkan ada seorang siswa yang mengikuti jalur SBMPTN melalui Bidikmisi. Ketika pengumuman dia dinyatakan lolos di SBMPTN tetapi tidak lolos di Bidikmisi. Apakah hal ini mungkin? Lantas bagaimana untuk kelanjutan kedepannya siswa tersebut? Apakah dia tetap dinyatakab lolos SBMPTN tetapi tidak lolos Bidikmisi dan tetap dapat melanjutan langkah untuk menempuh pendidikan dimana dia diterima SBMPTN. Ataukah dia dianggap gugur pada kedua-duanya karena hanya tidak lolos pada Bidikmisi.
Dan kemudian jika ada siswa yang mendaftar bidikmisi tetapi dia tidak memiliki prestasi dan dia merupakan siswa yang standart di sekolahnya, apakah dia memiliki peluang kecil untuk diterima?
Mohon penjelasannya, terima kasih (
Destiana Ahadia)


Perlu diketahui bahwa snmptn dan sbmptn berbeda dengan bidikmisi. SNMPTN dan SBMPTN merupakan jalur masuk. Sedangkan Bidikmisi adalah beasiswa. Sehingga keduanya sebenarnya tidak saling mempengaruhi.

Peserta bisa saja lolos SNMPTN atau SBMPTN, namun tidak lolos di Bidikmisi. Karena pengumuman Bidikmisi diinformasikan setelah masuk kuliah dan semua persyaratan administratif dilengkapi serta telah diserahkan ke pusat oleh Universitas.

Ketidaklolosan Bidikmisi saat sudah masuk PTN bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya ketidaklengkapan berkas, dan paling sering terjadi adalah ketidaklayakan pendaftar untuk mendapatkan bantuan pendidikan Bidikmisi (karena dianggap mampu atau tidak memenuh persyaratan kelayakan).

Bagaimana dengan status penerimaannya di PTN tersebut? Tenang, meskipun dinyatakan tidak lolos Bidikmisi, kita tetap bisa kuliah di PTN tersebut dengan catatan bersedia membayar UKT (karena statusnya beralih menjadi mahasiswa reguler). Mahasiswa reguler masih punya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa lain yang disediakan Universitas.

Lantas bagaimana kelanjutannya jika kita lolos masuk PTN (lewat SNMPTN atau SBMPTN atau jalur lain), namun tidak lolos bidikmisi.

Lalu, apakah kita bisa lolos bidikmisi tapi tidak lolos SNMPTN atau SBMPTN atau jalur masuk lain? Tidak bisa. Karena syarat pertama untuk mendapatkan bidikmisi adalah harus lolos masuk Perguruan Tinggi. Jadi, jika kita tidak bisa lolos masuk Perguruan Tinggi, otomatis kita tidak bisa mendapatkan beasiswa ini.

Pertanyaan kedua, apakah harus punya prestasi? Apakah siswa yang standard bisa mendapatkan bidikmisi? Kembali lagi bahwa syarat utama mendapatkan bidikmisi adalah lolos masuk Universitas. Dan menggunakan nilai rapor dan/atau membuktikan dengan bisa lolos masuk Perguruan Tinggi merupakan salah satu bentuk prestasi. Jadi, jangan khawatir kan masalah ini. Asalkan kita layak mendapatkan bidikmisi (lihat syarat kelayakan), insyaAllah peluang kita besar untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Jadi, bersemangatlah... Jangan lupa berusaha..
Pengen Kuliah

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :