Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk merantau kuliah?

Saat masa SD, jarak dari rumah ke sekolah biasanya bisa ditempuh kurang dari 10 menit. SMP bisa ditempuh kurang dari 20 menit. SMA bisa ditempuh kurang dari 30 menit. Ini relatif sih, bisa lebih bisa kurang. Namun, tetap saja itu menunjukkan bahwa jarak dari rumah ke sekolah masih tergolong dekat, jadi masih bisa ditempuh dengan naik kendaraan pribadi dan bisa pulang kapanpun yang di mau.

Namun, dunia perkuliahan? Meskipun ada yang satu daerah dengan lokasi Perguruan Tinggi, namun sebagian besar jaraknya jauh. Sehingga mahasiswa perlu yang namanya "merantau". Naah, apa aja sih yang perlu disiapkan sebelum merantau untuk kuliah??


1. List Calon Tempat Kos/Kontrakan
Buat list calon tempat kos/kontrakan yang akan kamu huni nantinya. Kenapa? Yaa kamu butuh. Apalagi kalau jarak rumahmu ke Universitas jauh, gak mungkin dong bolak balik habisin ongkos doang? Jadi, buatlah list sebanyak mungkin calon tempat kos/kontrakan yang akan ditempati. Untuk mendapatkan list kos-kosan dan kontrakan bisa melalui online (searching) atau survey langsung ke lokasi seharian penuh.
2. Siapkan Keperluan
Keperluan yang dimaksud seperti pakaian ganti, alat mandi, alat kebersihan, alat ibadah, dan lain-lain. Siapkan semuanya. Jika perlu buatlah list barang yang akan dibawa. Jangan sampai ada yang terlewat satupun.

3. Bawa Alat Komunikasi
Zaman sudah semakin canggih. Jika ada keperluan yang dirasa mendesak atau sedang ada informasi yang perlu disampaikan, kita bisa dengan cepat menyampaikannya melalui alat komunikasi, seperti handphone, smartphone, laptop, pc, atau yang lainnya.

4. Bawa benda yang membuatmu nyaman
Mungkin kamu akan merasa bosan saat di perantauan, maka dari itu, kamu perlu membawa benda yang bisa membuatmu nyaman, benda yang bisa membuatmu melupakan kebosanan yang sedang kamu rasakan. 

5. Bawa obat-obatan seperlunya
Obat-obatan bawalah secukupnya, ini untuk penjagaan ketika perjalanan dan persediaan awal.

6. Persiapkan Rekening
Rekening juga perlu disiapkan. Jika belum punya, usahakan punya. Karena dengan memiliki rekening (utamakan yang ada kartu ATM nya), kita bisa menerima uang dari rumah dalam keadaan mendesak pun.

7. Cobalah Mengerjakan Pekerjaan Rumah Sendiri
Pekerjaan rumah di sini bukan yang dikasih guru lho yaa.. Pekerjaan rumah yang dimaksud di sini misalnya menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci baju, dll. Untuk apa?? Ya sebagai persiapan. Hidup di perantauan belum tentu kamu bisa mendapatkan kos/kontrakan yang ada pembantunya yang bisa setiap saat melakukan pekerjaan-pekerjaan itu. Kalaupun ada, usahakan belajar mandiri saat berada di perantauan agar siap di masa depan nanti. Belajarlah dari pekerjaan-pekerjaan kecil.

8. Belajar Masak Makanan Yang Mudah Dibuat
Belajar memasak juga perlu, terutama yang ingin hidup hemat di perantauan. Bandingkan jika kamu membeli makanan jadi dengan membeli bahan mentah kemudian di masak sendiri. Tentu saja lebih hemat jika kita memasak sendiri. Misalnya saja bikin mie instan, goreng telur, bikin nasi goreng, dll.

9. Siapkan Mental
Mental? Yaa mental untuk menerima perubahan yang mungkin sangat drastis dan belum pernah dirasakan sebelumnya. Karena kamu akan berada di perantauan selama bertahun-tahun, jadi kamu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika tidak, kamu akan merasa tersiksa selama berada di sana.
10. Bawa benda-benda kenangan
Tujuannya simpel, agar ketika kita kangen dengan keluarga di rumah, kita bisa berinteraksi dengan benda kenangan ini yang sedikit/banyak bisa membayar rasa kangen itu.

11. Follow Pengen Kuliah di semua akun sosmed yang kamu miliki
Lhoh.. buat apa?? Yaa karena kamu merantau kan karena Pengen Kuliah, jadi kamu harus follow dong akunnya. Biar semangat kuliahnya. Di sini kamu juga bisa berbagi ilmu dengan calon-calon mahasiswa di setiap tahunnya. Yuk follow!!
Fanspage  : fb.com/pengenkuliah
Twitter     : @p_kuliah
Instagram : @pengenkuliah
Line         : @kjv9581u

Itulah sedikit tips 11 hal yang perlu dipersiapkan sebelum merantau untuk kuliah. Jika ada yang lainnya, silakan tulis di komentar yaa..
Semoga bermanfaat.
Pengen Kuliah

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :