Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Ini Pelajaran Yang Ada Di Setiap Jurusan di Perguruan Tinggi

Di setiap jurusan di suatu Universitas memiliki mata kuliah yang berbeda-beda. Namun, tahukah kamu?? Ada beberapa mata kuliah yang sama atau setidaknya memiliki kemiripan (dasar yang sama). Dan pasti ada salah satu yang ingin kamu hindari, namun sayangnya tidak bisa... ^_^ .. Apa sajakah itu?

1. Matematika atau Pengembangannya
Ada yang memilih jurusan tertentu untuk menghindari Matematika?? Hmm.. Sepertinya itu hanya akan menjadi harapan semata.
Matematika nggak bakal bisa lepas dari kehidupan kita. Itulah sebabnya Matematika ada di hampir semua jurusan, apalagi jurusan Matematika, wah udah pasti ada. Selain itu, jurusan di Fakultas Sains dan Matematika (dulu MIPA) dan jurusan di Fakultas Teknik juga sudah tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya Matematika. Hanya bidang saintek kah? Noo... Bidang Soshum pun tak lepas dari Matematika, seperti akuntansi, bisnis, ekonomi syariah, dan sebagainya.
Mata kuliah matematika bisa beraneka bentuknya, bisa Matematika murni (kalkulus), atau pengembangannya seperti Fisika, Kimia, Akuntansi, Diskrit, Metode Numerik, Logika Matematika, dan lain-lain.

2. Bahasa Indonesia dan Tata Penulisan Karya Ilmiah
Bahasa Indonesia tidak bisa jauh dari pelajar Indonesia karena kita berada di Indonesia dan sangatlah penting adanya mata kuliah ini. Apakah yang dipelajari sama dengan sewaktu SLTA? Ketika kuliah, bahasa Indonesia lebih diarahkan untuk pedoman mahasiswa dalam menyusun Tugas Akhir yang bentuknya berupa Karya Ilmiah. Dan di dalamnya tentu akan banyak penerapan kosakata baku, kalimat baku, struktur karya ilmiah, dan ketentuan lain sesuai EYD.

3. Bahasa Inggris dan/atau Bahasa Asing
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, tentu saja jika kita tidak ingin tertinggal dalam hal komunikasi internasional, maka kita perlu mempelajari bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, di beberapa jurusan juga mempelajari Bahasa Asing lain, seperti bahasa Jepang, Prancis, dan lain-lain. Biasanya menyesuaikan dengan jurusan dan kebutuhan masa depannya.

4. Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan sangat diperlukan untuk membentuk atau setidaknya mempertahankan karakter mahasiswa agar sesuai dengan nilai-nilai dasar Pancasila dan sesuai dengan norma yang sudah ada sejak zaman dahulu. Nilai-nilai yang baik harus dipertahankan, bahkan diperkuat agar tidak rusak generasi penerus bangsa Indonesia.

5. Kewirausahaan atau Jenis Keterampilan Lain
Kewirausahaan atau jenis keterampilan lain menjadi nilai tambah mahasiswa. Softskill yang berkaitan dengan kewirausahaan dan keterampilan lain akan mendukung mahasiswa dalam mencapai tujuannya nanti.

Ada yang lain? Tulis di komentar ya.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :