Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Kuliah Tanpa Biaya Sepeserpun. Mungkinkah?

Kuliah gratis adalah idaman setiap orang. Banyak yang menginginkan bisa kuliah gratis. Atau setidaknya kuliah dengan UKT (atau SPP) rendah. Benarkah kita bisa kuliah gratis 100% tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun? Atau bisakah kita kuliah tanpa membebani orang tua?

Jawabannya mungkin. 

Kenapa saya bilang mungkin? Karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada setiap orang. Banyak beasiswa yang ditawarkan di perguruan tinggi. Ada beasiswa prestasi, ada juga beasiswa untuk kalangan kurang mampu. Kita akan bahas berdasarkan jenis beasiswanya.

1. Beasiswa Prestasi
Bagi yang mendapatkan beasiswa ini, ada dua kemungkinan yaitu :
a. Bisa kuliah gratis 100% tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun
b. Bisa kuliah tanpa membebani orang tua

Kemungkinan kuliah 100% gratis bisa saja terjadi, namun sangat sulit mendapatkannya. Untuk mendapatkannya perlu perjuangan ekstra, seperti harus berprestasi tingkat nasional (atau lebih tinggi), atau berprestasi sehingga kita direkrut oleh perusahaan untuk disiapkan untuk bekerja di perusahaan tersebut, atau bisa saja dengan cara lain. 

Berprestasi tingkat nasional atau lebih tinggi belum tentu bisa membawa kita menuju kuliah gratis, namun setidaknya ada peluang ke arah sana, karena ini tergantung dari kebijakan Perguruan Tinggi.

Berprestasi sehingga direkrut perusahaan, bisa saja kita mendapatkan kesempatan ini apabila kita benar-benar bisa meyakinkan perusahaan tentang prestasi kita dan komitmen serta tanggungjawab kita.

So, bisakah kita kuliah 100% tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun? Jawabannya mungkin.

Bisakah kita kuliah tanpa membebani orang tua? Jawabannya pasti bisa dengan beasiswa, setidaknya kita bisa meringankan beban orang tua kita.

2. Beasiswa untuk yang Kurang Mampu Secara Ekonomi
Untuk jenis beasiswa kurang mampu, kita fokus ke BidikMisi yaitu beasiswa yang diberikan oleh Kemenristek Dikti. Bagi yang mendapatkan beasiswa ini, ada dua kemungkinan yaitu :
a. Bisa kuliah gratis 100% tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun
b. Bisa kuliah tanpa membebani orang tua

Kemungkinan kuliah 100% gratis sangat bisa saja terjadi, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
- harus mau dan teliti serta jujur mempersiapkan berkas-berkasnya yang cukup banyak
- harus lolos kelayakan penerima bidikmisi
- harus lolos masuk perguruan tinggi
- memanfaatkan uang saku bulanan dari Dikti sebaik-baiknya.

Kenapa harus siap berkas yang banyak? Karena terkadang orang malas mempersiapkan ini dan itu, padahal seharusnya dia sanggup mempersiapkannya. Jika kita memang merasa butuh beasiswa BidikMisi, maka seharusnya kita mau dan siap mempersiapkan segala keperluannya. Demi kuliah gratis.

Apakah benar 100% gratis? Yaps dengan bidikmisi kita bisa kuliah gratis alias tidak membayar UKT atau biaya kuliah apapun itu. Biaya UKT yang seharusnya dibayarkan setiap mahasiswa sekitar 500ribu sampai puluhan ribu rupiah, mahasiswa bidikmisi tidak perlu membayarnya karena sudah ditanggung oleh pemerintah.

Selain itu biaya hidup juga dibantu pemerintah, yaitu dengan diberikannya uang saku sekitar Rp600.000 (bisa berbeda setiap perguruan tinggi) setiap bulannya. Namun, ada beberapa biaya yang mungkin kita keluarkan, yaitu biaya hidup tambahan (apabila kurang), biaya KKL, dan biaya lainnya.

Biaya hidup (untuk makan, minum, dll) bisa saja kurang, namun apabila kita mempergunakan dana bantuan bidikmisi secara efektif maka hal ini tidak akan berdampak terlalu berat. Biaya KKL pun sebenarnya ada bantuan dari bidikmisi, meskipun hanya sebagian. Dan hal ini bisa diantisipasi dengan menyisihkan uang saku bulanan kita dan ditabung untuk menutup biaya KKL dan biaya lainnya.

So, bisakah kita kuliah 100% tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun? Jawabannya bisa.
Bisakah kita kuliah tanpa membebani orang tua? Jawabannya pasti bisa dengan Bidikmisi.

Itulah sedikit pembahasan dari kami. Apabila ada komentar, silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :