Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Min, Gimana Sih Sistem Uji Coba SNMPTN itu??

Uji Coba SNMPTN adalah sebuah simulasi SNMPTN yang diadakan oleh Pengen Kuliah. Pengen Kuliah sudah melaksanakan simulasi ini sejak tahun 2015. Dan hasilnya cukup bagus yaitu setelah di cek (dengan sistem sample) hasilnya sekitar 80% akurat pada tahun 2015. Sehingga Pengen Kuliah mengadakannya kembali di tahun 2016.


Min, berarti masih ada 20% kemungkinan kesalahan hasil dong?? Iya itu sudah tentu, bisa dilihat sendiri dari hasil tersebut. Dari awal kami sudah memberitahukan informasi tersebut. Cek video profil di www.pengenkuliah.web.id/UjiCobaSNMPTN2016.

Bagaimana sistem dan metode apa yang digunakan untuk penilaian Uji Coba SNMPTN?
Kami menggunakan metode pendekatan. Dalam ilmu matematika numerik, dikenal metode pendekatan, dimana dengan metode ini akan didapatkan hasil yang mendekati nilai eksak (nilai sesungguhnya). Dan dengan metode pendekatan, kemungkinan hasil yang didapatkan masih memiliki galat error. Maksudnya, masih ada error di dalamnya sehingga ada kemungkinan hasil itu tidak akurat.

Pendekatannya dengan apa saja?
Pendekatan yang kami lakukan adalah dengan memberikan poin-poin pada setiap kriteria kelulusan. Kriteria kelulusan juga tergantung dari kebijakan PTN masing-masing sehingga tidak bisa dengan pasti ditentukan poin yang tepat, sehingga digunakan metode pendekatan, sehingga kemungkinan galat error atau kesalahan bisa terjadi.

Kriteria Kelulusan
Kriteria kelulusan SNMPTN bersifat fleksibel, sehingga tidak bisa dipastikan kriteria-kriteria secara keseluruhan. Namun sekali lagi digunakan pendekatan, sehingga kemungkinan galat error atau kesalahan bisa terjadi. 

Bagaimana Agar Kita Bisa Mendapatkan Hasil Yang Akurat di Uji Coba SNMPTN??
Ada satu cara, yaitu dengan menganalisa segala sesuatu yang akan terjadi apabila kita menjadi PTN & Jurusan tertentu. Misalnya PTN X Jurusan D apakah akan memprioritaskan calon mahasiswa yang berasal dari IPA atau justru dari IPS. Apakah PTN X akan memprioritaskan calon mahasiswa yang dari daerah asal yang sama atau justru dari luar daerah. Semua itu tidak bisa dipastikan karena setiap PTN dan Jurusan punya kebijakan masing-masing dalam penentuan prioritas. Sehingga kalian harus menjadi PTN dan Jurusan itu jika ingin mengetahui hasil pastinya.. 

Nah, jadi dapat disimpulkan bahwa hasil Uji Coba SNMPTN (dengan metode pendekatan) tidak 100% benar dan akurat. Namun, masih bisa terjadi kesalahan. Jadi apapun hasilnya silakan digunakan untuk pertimbangan atau mau diabaikan silakan. ^_^

Lalu, apa gunanya hasil Uji Coba SNMPTN?
Lihatlah dari awal pendaftaran sampai akhir (pengumuman)
1. Disiplin Waktu
Kami memberikan deadline waktu saat pendaftaran yaitu selama 1 bulan. Ini untuk melatih kalian agar memperhatikan waktu. Kenapa? Karena ketika kalian mendaftar SNMPTN dan lewat batas, maka otomatis kalian GAGAL. Serem kan? Hal kecil namun berdampak besar. 

2. Hasil Sebagai Pertimbangan dan Persiapan Strategi
Hasil Uji Coba SNMPTN bisa digunakan sebagai pertimbangan. Di sana tertulis lulus atau tidak lulus, namun tidak hanya itu. Jangan hanya kaku terpaku pada hasil lulus & tidak lulus, tapi lihatlah tabel yang kami tampilkan di setiap pilihan. Di sana ada urutan anda. Di sana ada posisi anda (peringkat anda). Di sana juga ada seberapa ketat jurusan & PTN pilihan anda.

3. Teliti dan Cermat
Ketelitian dan kecermatan sangat diperlukan saat mengisikan data di SNMPTN. Salah satu hal yang sering terjadi adalah tidak teliti dan tidak cermat dalam mengecek nilai saat masa pengisian PDSS. Ini akan berakibat fatal di kemudian hari atau bahkan saat itu juga langsung. Maka dari itu, kami berusaha membantu dengan adanya Uji Coba SNMPTN ini agar para calon mahasiswa bisa lebih teliti dan cermat dalam pengisian data-data mereka.
4. Mau Membaca Panduan
Apa gunanya panduan? Jika terus bertanya? Padahal di dalam panduan sudah sangat jelas dan gamblang. Jadi, berusahalah untuk membaca panduan terlebih dahulu, baru kemudian tanyakan hal-hal yang memang tidak termuat di dalam panduan tersebut. Bayangkan jika saat SNMPTN sesungguhnya panitia SNMPTN harus membalas pesan kalian yang menanyakan panduan pengisian data atau yang lain, padahal sudah termuat di dalam panduan.. Tentu saja 99% kemungkinan emailmu tidak akan di respon.
 
5. Tidak Melupakan Hal-Hal Kecil Seperti Username & Password
Ini hal yang dianggap kecil dan sepele, namun bisa berakibat fatal. Kenapa bisa seperti itu? Bayangkan kamu sedang mengikuti SNMPTN asli dan saat akan melakukan pengisian data ataupun yang lain kamu lupa passwordmu. Kemungkinan pertama, sekolah masih bisa membantumu me-reset password. Kemungkinan pertama bisa terjadi jika jangka waktunya masih cukup lama. Tapi kalau jika sudah mendadak dan kamu sangat butuh login saat itu juga? Apakah akan berhasil usahamu?? Sangat kecil kemungkinan berhasil. Dan kamu sudah membawa dirimu sendiri ke area ketidaklolosan SNMPTN. Hal ini juga berlaku untuk hal-hal lain yang membutuhkan username dan password.

Kami akan selalu memperbarui dan mengupdate sistem ini apabila diperlukan.  

Salam hangat,

Pengen Kuliah
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :