Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

OKTAN ITB

"OKTAN"  atau Olimpiade Kimia Tingkat Nasional adalah acara yang digagas dan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia 'AMISCA' ITB pada tahun 2016. Olimpiade ini diselenggarakan untuk pelajar tingkat SMA/SMU/SMK sederajat.
 
Kegiatan ini merupakan kegiatan ke-VII yang diadakan oleh HMK ‘AMISCA’ ITB. “OKTAN”  terdiri dari fase penyisihan, semifinal, dan final. Fase penyisihan diselenggarakan di 19 rayon di Indonesia, sedangkan fase perempat final hingga final akan diadakan di Bandung, tepatnya di Institut Teknologi Bandung. 19 rayon tersebut meliputi Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Pada fase penyisihan, peserta olimpiade akan mengerjakan paket soal dengan tim yang berisi 2 orang, kemudian diambil beberapa tim terbaik dari setiap rayon. Setelah melewati fase penyisihan, 40 tim terbaik  akan diundang ke Bandung sebagai semifinalis OKTAN ITB 2016.
-          Babak Penyisihan
Hari                 : Minggu
Tanggal           : 10 Januari 2016
Tempat            : Rayon masing-masing
-          Perempat Final, Semi Final dan Final
Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 23 Januari 2016
Tempat            : Kampus Ganesha ITB

Kompetisi ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran ilmu kimia terhadap para siswa dan siswi serta dapat melihat keberterimaan materi yang telah diberikan di setiap sekolah. Acara yang akan diselenggarakan pada kegaiatan OKTAN 2016 antara lain :
1. Yuk Berkarya
Yuk Berkaya merupakan suatu pelatihan untuk para guru dengan tujuan memotivasi guru dalam mengajarkan muridnya bekarya. Yuk Berkarya kali ini bertemakan “Semangat Berkarya”. Melalui pelatihan berkarya ini diharapkan semakin banyak karya yang dihasilkan oleh anak bangsa, sehingga bangsa ini semakin maju dan berkembang teknologinya terutama dalam bidang Kimia. Narasumber acara ini adalah dosen-dosen ITB dan tokoh yang sudah berpengalaman dalam menghasilkan karya yang luar biasa.

2.Lomba Poster
Lomba Poster ini merupakan acara yang dibuat untuk diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia dengan tujuan untuk mengedepankan semangat berkarya anak bangsa, dan untuk memperkenalkan inovasi yang dapat membantu kehidupan manusia di masa mendatang, pada OKTAN 2016 kali ini akan mengangkat tema “Chemistry For Life”. Perlombaan yang baru pertama kali menjadi bagian dari mata acara OKTAN ITB ini diharapkan mampu memotivasi mahasiswa untuk terus berkarya dan berinovasi secara kreatif.

3.Seminar Life After College
Seminar ini berisikan tentang ilmu-ilmu yang diperlukan oleh seseorang ketika telah melewati tahap perkuliahan. Setelah melewati tahap perkuliahan, seseorang harus dapat menempuh kehidupan yang sebenarnya sebagai realita hidup. Seminar ini ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswa yang diharapkan setelah melewati proses perkuliahan sudah siap untuk menempuh “After College”. Seminar ini akan diisi oleh orang-orang yang telah berhasil melewati tahap ini dengan sukses.

4.Tour de Chemistry
Ilmu kimia berkaitan erat dengan praktikum. Dengan melakukan praktikum,
beberapa teori ilmu kimia yang telah dipelajari akan lebih mudah dipahami. Tour de chemistry adalah salah satu rangkaian acara OKTAN ITB 2016 yang akan memberikan wawasan lebih luas kepada peserta tentang aplikasi dan perkembangan ilmu kimia melalui eksperimen sederhana dan menarik. Acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan Kelompok Keahlian di Kimia ITB yang dirangkai dalam bentuk amazing race dan games disertai dengan berbagai eksperimen.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :